Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 14 November 2016

Pengertian Jaringan Komputer dan Macam-macamnya serta Manfaatnya

Pengertian Jaringan Komputer dan Macam-macamnya serta Manfaatnya - Ada beberapa hal yang harus kalian pahami mengenai jaringan komputer terlebih bagi kalian yang mempelajari tentang teknik komputer simaklah dengan baik pembahasan pokok pada artikel ini.

5 Pembahasan pokok yang akan kita pelajaari dalam artikel ini adalah;
- Pengertian Jaringan Komputer
- Macam macam Jaringan Komputer
- Manfaat Jaringan Komputer
- Jaringan komputer berdasarkan area, geografis, jangkauan wilayah, metode koneksinya
- Prisip Kerja Jaringan

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan adalah kumpulan dari perangkat keras dan perangkat lunak di dalam sebuah sistem yang mempunyai aturan tertentu untuk mengatur semua anggotanya ketika melakukan aktivitas komunikasi.

Baca juga: 27 Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya serta Gambarnya

Sementara itu, jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan protokol komunikasi baik melalui media transmisi ataupun melalui media komunikasi sehingga komputer tersebut dapat saling berbagi data dan informasi, program-program, penggunaan perangkat keras secara bersama seperti penggunaan printer secara bersama-sama.

Data informasi tersebut bergerak melalui kabel atau nirkabel. Sehingga dapat membuat pengguna jaringan komputer mampu saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama, dan bersama-sama menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan.

Oleh karena itu, tujua jaringan komputer dibangun untuk menghubungkan jaringan-jaringan yang sudah ada dalam jaringan tersebut sehingga data informasi dapat ditransfer dari satu lokasi menuju lokasi yang lain. Agar tujuan tersebut bisa tercapai, maka setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service).

Dalam jaringan komputer, ada komputer yang meminta layanan disebut dengan komputer client, dan ada komputer yang memberikan layanan disebut komputer server. Biasanya ini sering disebut dengan istilah client server dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Secara umum, jaringan komputer mempunyai beberapa manfaat yang lebih banyak dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri tanpa tersambung dengan jaringan dan dunia usaha sudah mengakui bahwa akses ke teknologi informasi modern selalu mempunyai keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing yang terbatas dalam bidang teknologi.

Manfaat jaringan komputer akan saya bahas pada akhir postingan.

Macam-macam Jaringan Komputer

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa jaringan komputer merupakan jaringan kerja atau sambungan antara dua atau lebih dari komputer sehingga dapat berkomunikasi satu sama lain.

1. Personal area network (PAN) 
Jaringan PAN adalah jaringan komunikasi satu perangkat dengan perangkat lainnya dalam jarak sangat dekat, (hanya beberapa meter). Jaringan PAN atau Personal Area Network adalah titik akses berbagai perangkat pribadi seperti komputer, handphone, telpon, televisi system keamanan rumah berbasis komunikasi data, maupun perangkat komunikasi publik seperti internet.

Baca juga Sejarah Internet di Dunia

Kontrol pada PAN dilakukan dengan otoritas pribadi dan menggunakan teknologi seperti Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth. Jaringan PAN ini dihubungkan melalui USB yang ada pada komputer.

Jaringan PAN atau Personal Area adalah jaringan komputer digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer, Jangkauan dari jaringan PAN biasanya hanya beberapa meter saja . PAN bisa digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri.
Kegunaan Jaringan Komputer PAN
1) Menghubungkan perangkat-perangkat komputer
2) Sebagai media komunikasi antara perangkat sendiri (komunikasi personal)

Contoh Penggunaan Jaringan Komputer PAN
Menghubungkan Handphone dengan Laptop menggunakan Bluetooth. Menghubungkan mouse dengan laptop menggunakan Bluetooth. Menghubungkan Printer dengan Laptop menggunakan Bluetooth.

2. Wireless PAN (WPAN)
WPAN (wireless personal area network) adalah jaringan area pribadi untuk jaringan yang terpusat di sekitar perangkat interconnecting dengan sambungan nirkabel. Umumnya, personal area jaringan nirkabel menggunakan beberapa teknologi yang  memungkinkan  komunikasi  dalam  waktu  sekitar 10  meter. Salah satu teknologinya adalah Bluetooth, yang digunakan sebagai dasar untuk sebuah standar baru, IEEE 802,15.

3. Jaringan Komputer LAN (Local  Area Network)
Jaringan komputer LAN bisa diartikan sebagai jaringan sejumlah sistem komputer yang lokasinya terbatas di dalam satu gedung, satu kompleks gedung atau kampus, sekolah dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon, melainkan pemilik dan pengelola media komunikasinya adalah pemilik LAN itu sendiri.

Dari pengertian diatas, dapat kita ketahui bahwa sebuah jaringan LAN dibatasi oleh lokasi secara fisik. Adapun penggunaan jaringan LAN itu sendiri memungkingkan semua komputer yang terhubung dalam jaringan dapat bertukar data atau dengan kata lain berhubungan.

Kelebihan dan Kelemahan Jaringan Komputer LAN
1) Beberapa keunggulan jaringan LAN:
- Pemakaian sumber daya secara bersama-sama.
- Memungkinkan hubungan antarsistem dari berbagai merk.
- Memungkinkan adanya transfer file antar bagian dengan melalui suatu server pengatur lalu lintas informasi.
- Efektivitas dan efisiensi kerja menjadi lebih produktif.
- Lebih banyak terminal yang terhubung ke sistem.
- Mengurangi penggunakan kabel jika dibandingkan dengan sistem connect one by one.
-  Dapar berkomunikasi melalui email.
- Adanya pembakuan user interface.
- Perlindungan investasi dan rahasia data karena adanya server pengatur dan password.

2) Beberapa kelemahan LAN:
- Instrumentasi tidak sederhana.
- Ada kemungkinan password dapat ditembus.
- Perlu pengendali pemakaian software.
- Software harus dirancang untuk multi user.
- Semua layer model OSI harus dilaksanakan (protokol/aturan yang digunakan).
- Virus mungkin dapat menyebar melalui jaringan.

Prinsip kerja Jaringan LAN Local Area Network
Sebelum mempelajari mengenai prinsip kerja jaringan LAN, maka alangkah baiknya kalian terlebih dahulu mengetahui perangkat keras yang digunakan untuk membangun sebuah jaringan LAN, seperti : komputer server, client, hub, switch dan lainnya.

a. Komputer server adalah komputer peladen dan menyediakan segala informasi yang dibutuhkan oleh computer client

b. Komputer client akan mengambil sekaligus mengakses informasi dari komputer server secara bersamaan

c. Paket data dan informasi yang diminta oleh komputer client akan ditransmisikan oleh komputer server (yang berperan sebagai transmitter) melalui kabel jaringan atau media konektivitas wireless

d. Paket data atau informasi yang dikirimkan oleh komputer server kemudian akan melalui beberapa perangkat keras jaringan komputer, seperti hub, switch, dan juga bridge, yang akan membagi paket-paket data tersebut sesuai dengan jalur yang sudah dibuat.

e. Setelah paket data dan informasi terpecah dan ditransmisikan, maka komputer client yang pada awalnya melakukan request, akan berperan sebagai receiver, yang siap menerima informasi dan juga paket data yang dikirmkan oleh server.

f. Dalam proses transfer dan juga transmisi datanya, sebuah informasi atau paket data akan melewati layer atau lapisan tertentu untuk dapat didefinisikan dan juga ditransmisikan ke setiap perangkat-perangkat jaringan.

g. Komputer server dan komputer client yang saling terhubung dalam jaringan LAN, akan menggunakan protocol protocol jaringan tertentu, agar bisa saling terhubung, dan saling berkomunikasi, seperti protocol TCP / IP


4. Jaringan MAN  (Metropolitan  Area  Network)
Pada dasarnya jaringan MAN adalah jaringan LAN yang berukuran lebih besar. Jaringan MAN mempunyai wilayah jaringan yang lebih luas dari jaringan LAN. Jaringan MAN disebut sebagai jaringan area metropolitan yang menjangkau antarwilayah dalam satu provinsi.

Jaringan MAN menghubungkan jaringan-jaringan kecil yang ada seperti jaringan LAN yang menuju pada lingkungan area yang lebih besar.

Contoh, beberapa bank yang memiliki jaringan komputer di setiap cabangnya dapat berhubungan satu sama lain sehingga setiap nasabahnya dapat melakukan transaksi menyimpan uang dan mengambil uang atau transaksi lainnya di cabang mana pun dalam provinsi yang sama.

Jaringan MAN biasanya menggunakan nirkabel atau infrastruktur serat optik sambungan link ke situs mereka. Jaringan MAN dioptimalkan untuk wilayah geografis yang lebih besar dari jaringan LAN, mulai dari beberapa blok bangunan hingga seluruh kota tidak menutup kemungkinan digunakan oleh banyak individu sebagai sarana umum.

Karakteristik Jaringan Komputer MAN
Berikut adalah karakteristik MAN yaitu:
1. Meliputi area seluas antara 5 sampai 50 km.
2. Sebuah jaringan MAN (seperti WAN) umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi. peralatan MAN umumnya dimiliki oleh salah satu konsorsium pengguna atau oleh penyedia layanan jaringan yang menjual pelayanan kepada pengguna.
3. Jaringan MAN sering bertindak sebagai jaringan kecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagi sumber daya daerah. Hal ini juga sering digunakan untuk menyediakan koneksi bersama untuk jaringan lain dengan menggunakan link ke WAN.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan MAN
Keuntungan MAN:
1. Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang.
2. Transaksi yang Real-Time (data di server pusat diupdate saat itu juga, contoh ATM Bank unluk wilayah nasional)
3. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail, chatting
4. dan Video Conference (ViCon).

Kerugian MAN:
1. Biaya operasional mahal.
2. Instalasi infrastrukturnya tidak mudah.
3. Rumit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shoot)

5. Jaringan Komputer WAN (Wide Area Network)
Jaringan komputer WAN merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar, atau dengan kata lain kumpulan dari jaringan LAN yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan internet.

Jaringan WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

Konsep Jaringan Komputer WAN
Wide Area Network (WAN) mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara atau benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program aplikasi.mesin-mesin ini sebagai host. Istilah End System kadang-kadang juga digunakan dalam literatur.

Host dihubungkan dengan sebuah subnet komunikasi, atau cukup disebut subnet. Tugas subnet adalah membawa pesan dari host kepada host lainnya, seperti halnya sistem telepon yang membawa isi pembicaraan dari pembicara kepada pendengar. Dengan memisahkan aspek komunikasi murni sebuah jaringan (subnet) dari aspek-aspek aplikasi (host), rancangan jaringan lengkap menjadi jauh lebih sederhana.

Pada sebagian besar jaringan WAN, subnet terdiri dari dua komponen, yaitu kabel transmisi dan elemen switching. Kabel transmisi sering disebut juga sirkuit, channel, atau trunk memindahkan bit-bit dari satu mesin ke mesin lainnya.

Element switching adalah komputer khusus yang digunakan untuk menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih. Saat data sampai ke kabel penerima, element switching harus memilih kabel pengirim untuk meneruskan pesan-pesan tersebut.

Sayangnya tidak ada terminologi standart dalam menamakan komputer seperti ini. Namanya sangat bervariasi disebut paket switching node, intermidiate system, data switching exchange dan sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan WAN
1. Server kantor pusat bisa berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.
2. Komunikasi antar kantor dapat menggunakan Email dan Chat.
3. Dokumen/File yang biasanya dikirimkan melalui fax ataupun paket pos, dapat dikirim melalui email dan Transfer file dari kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
4. Pooling Data dan Updating Data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.

10 Manfaat Jaringan Komputer

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari jaringan komputer, antara lain:
1. Resource Sharing
Resource sharing adalah penggunaan sumber daya yang ada secara bersama-sama. Seperti jika seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, dia tidak akan merasa mudah dalam menggunakan data tersebut, seolah-olah data itu berada di dekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mengatasi masalah jarak.

2. Reliabilitas Tinggi
Dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file bisa disimpan atau dicopy ke 2 atau 3 atau bahkan banyak komputer yang terkoneksi dengan jaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin lain bisa digunakan.

3. Menghemat Uang
Dengan menggunakan jaringan, perusahaan bisa menghemat peralatan yang harus dibeli, misalnya printer. Dengan adanya jaringan komputer, satu perangkat printer bisa dipakai oleh beberapa orang, sehingga pihak perusahaan tidak harus membeli printer untuk setiap karyawan. Dengan demikian, jaringan komputer yang dibangun dapat menghemat biaya yang dikeluarkan.

4. Sarana Komunikasi
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan tau organisasi. Misalnya, ketika memberikan pengumuman rapat, pimpinan perusahaan tidak perlu mengirimkan surat kepada semua stafnya. Pimpinan perusahaan cukup mengirimkan undangan melalui jaringan komputer yang ada.

Berikut ini manfaat lain dari jaringan komputer.

1. Jaringan komputer dapat berfungsi untuk me-manajemen sumber daya lebih efisien. Misalnya, banyak pengguna bisa saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan dengan menggunakan printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja. Selain itu, lisensi software jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama.

2. Jaringan komputer dapat membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date. Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengakses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.

3. Jaringan komputer membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.

4. Jaringan komputer memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat dan penyampaian  email merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, di samping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, conference online, dan groupware,  di mana semuanya membantu tim bekerja lebih produktif.

5. Jaringan komputer membantu usaha dalam melayani clien mereka secara lebih efisien. Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok.


Prinsip Kerja Jaringan Komputer

Jaringan komputer mempunyai sistem kerja yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Prinsip kerja suatu jaringan komputer dijelaskan dalam uraian berikut.

1. Metode Pengiriman dan Penerimaan Data
Pengiriman dan penerimaan data pada jaringan dapat dibedakan menjadi sebagai berikut.
a. Transmisi Unicast, yaitu paket data dikirimkan dari satu komputer ke satu alamat tujuan.
b. Transmisi Multicast, yaitu paket data dari komputer pengirim disalin dan dikirimkan ke beberapa alamat tujuan dalam kelompoknya.
c. Transmisi Broadcast, yaitu paket data dari alamat pengirim disalin dan dikirimkan ke semua alamat tujuan dalam jaringan.

2. Keamanan Data dalam Jaringan
Komputer yang terhubung dengan sebuah jaringan internet, maka sebuah komputer rawan terhadap penyusupan dari luar. Jika  seseorang  dapat menyusup ke sebuah komputer, maka orang tersebut dapat mengambil data-data yang disimpan di komputer tersebut dan menggunakannya untuk keuntungan pribadi.

Baca juga : Pengertian Internet dan Manfaatnya

Ada dua bentuk aktivitas terhadap jaringan komputer, yaitu hacking dan cracking. Hacking adalah usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi ataupun mencari kelemahan sistem jaringan secara ilegal.

Cracking adalah usaha memasuki sebuah jaringan secara ilegal dengan maksud mencuri, mengubah, atau menghancurkan file atau data yang disimpan di komputer-komputer yang ada di jaringan tersebut. Pelaku hacking disebut hacker, sedangkan pelaku cracking disebut cracker.

Ada beberapa metode atau cara kerja yang digunakan hacker dan cracker untuk menyusup ke sebuah jaringan komputer, antara lain sebagai berikut.

a. Spoofing
Bentuk penyusupan dengan cara memalsukan identitas user sehingga hacker dapat login ke sebuah jaringan komputer secara ilegal. Pemalsuan identitas user ini menyebabkan hacker dapat login seolah-oleh sebagai user yang asli.

b. Scanner
Menggunakan sebuah program yang secara otomatis akan mendeteksi kelemahan sistem keamanan sebuah jaringan komputer di jaringan lokal ataupun komputer di jaringan lain. Cara ini memungkinkan seorang hacker yang berada di Jepang dapat melihat kelemahan sistem keamanan sebuah jaringan komputer yang ada di Indonesia.

c. Sniffer
Program ini berfungsi sebagai penganalisis jaringan dan bekerja untuk memonitor jaringan komputer. Program tersebut mengatur kartu jaringan (LAN Card) untuk memonitor dan menangkap semua lalu lintas paket data yang melalui jaringan, tanpa mempedulikan kepada siapa paket data tersebut dikirimkan.

d. Password Crakcker
Program ini dapat membuka password yang sudah dienkripsi (dikodekan). Selain itu, ada juga password cracker yang bekerja dengan cara menghancurkan sistem keamanan kata sandi.

e. Destructive device
Program ini berupa virus yang dibuat untuk mengilangkan dan merusak data-data.

Untuk menjaga keamanan data pada saat data tersebut dikirim dan pada saat data tersebut telah disimpan di jaringan komputer, maka dikembangkan beberapa teknik pengamanan data. Beberapa teknik pengamanan data yang ada saat ini, antara lain sebagai berikut.

a. Internet firewall
Jaringan komputer yang terhubung ke internet perlu dilengkapi dengan internet firewall. Internet firewall berfungsi untuk mencegah akses pihak dari luar ke sistem internal. Dengan demikian, data yang berada di dalam jaringan komputer tidak dapat diakses oleh pihak luar yang  tidak bertanggung jawab.

Firewall bekerja dengan 2 cara, yaitu menggunakan filter dan proxy. Firewall filter menyaring komunikasi agar terjadi seperlunya saja, hanya aplikasi tertentu saja yang dapat lewat, dan hanya komputer dengan identitas tertentu saja yang dapat berhubungan. Firewall proxy berarti mengizinkan pemakai dari dalam untuk mengakses internet seluas-luasnya, namun dari luar internet hanya dapat mengakses satu komputer tertentu saja.

b. Kriptografi
Kriptografi adalah seni menyandikan data. Ada dua proses yang terjadi dalam kriptografi, yaitu proses enkripsi dan dekripsi. Proses enkripsi adalah proses mengubah data asli menjadi data sandi. Proses dekripsi adalah proses mengembalikan data sandi menjadi data asli.

c. Secure Socket Layer (SSL)
Jalur pengiriman data lewat internet melalui banyak transisi dan dikuasai oleh banyak orang. Hal ini menyebabkan pengiriman data melalui internet rawan oleh penyadapan. Oleh karena itu, browser dilengkapi dengan secure socket layer yang berfungsi untuk menyandikan data. Dengan cara ini, komputer yang berada di antara komputer pengirim dan penerima tidak dapat lagi membaca isi data.

Sebagai istilah generik bagi komputer switching, kita akan menggunakan istilah router. Tapi perlu diketahui terlebih dahulu bahwa tidak ada konsensus dalam penggunaan terminologi ini. Dalam model ini, seperti ditunjukkan oleh gambar dibawah setiap host dihubungkan ke LAN tempat dimana terdapat sebuah router, walaupun dalam beberapa keadaan tertentu sebuah host dapat dihubungkan langsung ke sebuah router.

Kumpulan saluran komunikasi dan router (tapi bukan host) akan membentuk subnet.

Istilah subnet sangat penting, tadinya subnet berarti kumpulan kumpulan router-router dan saluran-sakuran komunikasi yang memindahkan paket dari host host tujuan. Akan tatapi, beberpa tahun kemudian subnet mendapatkan arti lainnya sehubungan dengan pengalamatan jaringan.

Pada sebagian besar WAN, jaringan terdiri dari sejumlah banyak kabel atau saluran telepon yang menghubungkan sepasang router. Bila dua router yang tidak mengandung kabel yang sama akan melakukan komunikasi, keduanya harus berkomunikasi secara tak langsung melalui router lainnya.

Ketika sebuah paket dikirimkan dari sebuah router ke router lainnya melalui router perantara atau lebih, maka paket akan diterima router dalam keadaan lengkap, disimpan sampai saluran output menjadi bebas, dan kemudian baru diteruskan.

Artikel yang berkaitan;
Perangkat Jaringan Komputer beserta Fungsi dan Gambarnya
Pengertian Topologi Jaringan Komputer Lengkap dan Macam macamnya

Sekian dari saya mengenai Pengertian Jaringan Komputer dan Macam-macamnya serta Manfaatnya semoga bisa bermanfaat! Terimakasih sudah berkunjung, dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Jaringan Komputer dan Macam-macamnya serta Manfaatnya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar