Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Rabu, 30 November 2016

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) beserta Perkembangannya

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) beserta Perkembangannya - Manusia memiliki sifat ketergantungan antara satu dengan yang lainnya. Karena memang manusia adalah makhluk sosial, tentu sebagai makhluk sosial manusia perlu berinteraksi dengan lingkungannya. Salah satu bentuk interaksi dengan cara berkomunikasi dengan sesamanya, karena komunikasi adalah kebutuhan utama manusia untuk saling berinteraksi satu sama lain.

Dengan berkomunikasi, pengetahuan manusia akan semakin bertambah dan berkembang, sebab fungsi dari komunikasi adalah untuk saling bertukar informasi antar sesama.
Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) beserta Perkembangannya
Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Hal ini ditandai dengan kemajuan peradaban yang semakin pesat karena manusia saling bertukar informasi dengan cara komunikasi. Jadi, dengan kata lain komunikasi memiliki manfaat yang sangat besar bagi manusia.

Pada postingan ini ada  pokok pembahasan utama yang perlu kalian pelajari dan pahami yaitu pengertian teknologi informasi dan komunikasi. Dan artikel ini akan bersambung dengan 3 pembahasan yang berkaitan dengan TIK yaitu; Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi, Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Peranan dan Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah kepanjangan dari TIK yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses serta menyampaikan informasi. Teknologi informasi dan komunikasi mencakup dua aspek dasar yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala sesuatu hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan yang dimaksud teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan erat dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Teknologi informasi dan teknologi komunikasi mempunyai pengertian yang berbeda namun mempunyai kesamaan yaitu mempunyai tujuan untuk membantu seseorang untuk menyampaikan informasi dan mendapatkan informasi dengan mudah dan tepat. Komunikasi adalah suatu proses yang dilakukan untuk menyampaikan informasi dengan tujuan untuk mengubah atau membentuk perilaku seseorang, yang semula tidak mengetahui apapun menjadi mengetahui sesuatu. Sedangkan informasi adalah suatu berita atau pengumuman yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu.

Seiring dengan perkembangan zaman, membuat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat. Hal ini disebabkan oleh kemajuan ilmu yang dipelajari dalam penelitian, sehingga dapat dengan produktif melahirkan suatu inovasi terbaru berupa sebuah alat atau cara untuk mempermudah dalam melakukan kegiatan informasi dan komunikasi.

Oleh karena itu, dua buah konsep tersebut tidak bisa dipisahkan. Jadi teknologi informasi dan komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala sesuatu yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah teknologi informasi dan komunikasi (TIK) hadir setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (hardware dan software) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20.

Pada mulanya apabila seseorang ingin menyampaikan dan memberitahukan suatu informasi dilakukan dengan menggunakan lisan dan diungkapkan melalui kata-kata, akan tetapi dengan berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi tentu memudahkan kita untuk memberikan informasi tidak hanya dengan menggunakan lisan tetapi bisa juga bisa melalui media seperti telegraf, telepon, faximili, email, chatting, teleconference, webcam dll.

Dengan menggunakan e-mail kita bisa mengirimkan informasi kepada orang lain meskipun berada jauh seperti di luar kota atau bahkan di luar negeri. Dan lebih hebatnya lagi email tidak perlu menggunakan amplop, kertas surat dan perangko tetapi cukup dengan fasilitas komputer dan internet.
Apa itu email? Baca lebih lengkap Pengertian email dan fungsinya

Dalam teknologi informasi dan komunikasi terdapat dua aspek yang termasuk ke dalamnya, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Kedua aspek ini akan saya bahas dipostingan ini.

Seiring dengan perkembangan zaman, membuat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat. Hal ini disebabkan oleh kemajuan ilmu yang dipelajari dalam penelitian, sehingga dapat dengan produktif melahirkan suatu inovasi terbaru berupa sebuah alat atau cara untuk mempermudah dalam melakukan kegiatan informasi dan komunikasi.

Dengan adanya inovasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi akan mendorong terjadinya perubahan penting di berbagai sudut dunia. Contoh dengan adanya internet kita dapat berkeliling dunia tanpa harus pergi ke negara yang ingin dituju, cukup dengan menjelajah lewat internet dan kita dapat mengetahui tentang Negara-negara tersebut. sehingga kita dapat menghemat waktu dan biaya.

Download Artikel Ini 👉 Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi 👈 Jangan Lupa LIKE and Share
 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) beserta Perkembangannya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar