Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 14 November 2016

Perangkat Jaringan Komputer beserta Fungsinya dan Gambarnya

Perangkat Jaringan Komputer beserta Fungsinya - Untuk membangun sebuah jaringan komputer, kita perlu perangkat keras komputer (hardware) dan perangkat lunak (software). Selain perangkat komputer, juga terdapat beberapa perangkat jaringan penting lainnya, seperti kabel dan konektornya, ethernet card, hub, repeater, router, dan bridge. Maka pada postingan sekarang ini kita akan sama-sama membahas perangkat jaringan komputer beserta fungsinya.

Adapun pokok pembahasan pada artikel ini adalah;
➤ Perangkat Jaringan Komputer Lengkap beserta Fungsinya dan Penjelasannya
➤ Mengenal Perangkat Jaringan LAN
➤ Mengenal Perangkat Jaringan WAN
➤ Alat-alat membangun Jaringan LAN dan Infrastruktur Jaringan WAN
➤ Memahami pengertian dan fungsi dari komputer server, client, kartu jaringan, kabel dan konektor, hub, repeaterm router, bridge dan perangkat-perangkat lainnya

Perangkat Jaringan Komputer beserta Fungsinya dan Gambarnya

1. Komputer Server
Komputer server adalah sebuah komputer yang berisi sistem operasi, program aplikasi, dan database. Komputer server bertugas sebagai peladen terhadap komputer client dalam suatu jaringan. Di dalam komputer server tertanam database yang bisa digunakan bersama-sama oleh komputer client. Jika suatu jaringan dihubungkan ke Internet, maka komputer server juga bisa berfungsi sebagai gateway atau gerbang komputer client dalam mengakses Internet. Beberapa layanan yang terdapat pada server antara lain sebagai berikut.

• File server : layanan pengelolaan  file.
• Print server : layanan fungsi pencetakan.
• Database server : database disimpan pada  server.

2. Komputer Client
Komputer Client adalah komputer yang berfungsi untuk mengolah database yang diambil dari komputer server. Komputer client bertindak sebagai pengguna layanan jaringan yang kekuasaannya dibatasi oleh komputer server. PC atau personak komputer, banyak digunakan sebagai client, sehingga dapat difungsikan sebagai komputer stand alone.

Perangkat Jaringan Komputer Lengkap beserta Fungsinya dan Penjelasannya Perangkat Jaringan LAN Perangkat Jaringan WAN Alat-alat membangun Jaringan LAN


4. Ethernet Card atau Kartu Jaringan
Ethernet card atau kartu jaringan adalah alat perlengkapan tambahan untuk komputer supaya bisa dikoneksikan antara satu dengan lainnya. Kartu Jaringan umumnya dijual terpisah dengan komputer. Namun, pada jenis komputer tertentu terdapat kartu jaringan yang sudah terpasang pada motherboard (onboard) yang disebut dengan network adapter. Setiap Kartu Jaringan memiliki alamat sepanjang 48 bit yang dikenal sebagai ethernet address.

3. Kabel dan Konektor
Dalam jaringan komputer, kabel berfungsi sebagai media penghantar sinyal. Ada beberapa jenis kabel yang dapat dipakai, setiap kabel mempunyai kemampuan dan spesifikasi yang berbeda-beda. Kabel-kabel tersebut wajib dipasang pada konektor yang sesuai agar bisa dihubungkan dengan kartu jaringan. Jenis-jenis kabel beserta konektornya antara lain kabel Coaxial dengan konektor BNC dan kabel UTP dengan konektor RJ-45.

5. Hub
Hub adalah perangkat jaringan komputer yang befungsi sebagai pemusat koneksi dan membagi sinyal data dari LAN card yang sekaligus berfungsi sebagai penguat sinyal. Komputer yang terhubung dengan hub akan melakukan pertukaran data secara bergantian. Hub digunakan untuk menghubungkan banyak peralatan pada jaringan yang sama. Misalnya, hub digunakan untuk menyatukan kabel-kabel dari beberapa client untuk dihubungkan ke server. Biasanya Hub mempunyai lubang port untuk konektor RJ-45 sebanyak 4 buah, 8 buah, 16 buah, 24 buah, 32 buah  tergantung dari jenis hubnya.

6. Repeater
Repeater adalah alat yang digunakan untuk memperkuat sinyal yang lemah menjadi kuat. Cara kerja repeater adalah menerima sinyal dari kabel sebelumnya dan dipancarkan kembali ke kabel berikutnya dengan kekuatan sinyal seperti semula.

7. Router
Router adalah perangkat jaringan yang sangat penting untuk melakukan koneksi jaringan WAN. Router mampu menyambungkan jaringan LAN yang terpisah dari jarak jauh. Router memberikan kemampuan melakukan paket data dari satu sistem kepada sistem lain, yang mungkin memiliki banyak jalur di antara keduanya. Dengan menggunakan Router, arus data dari LAN yang satu tidak tercampur dengan arus data dari LAN yang lain.

8. Bridge
Bridge (jembatan) merupakan perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan dua buah LAN atau lebih dalam suatu sistem jaringan. Selain itu, Bridge dapat memperluas jaringan LAN sehingga semua segmen mampu berhubungan satu sama lain dan menjadi sebuah jaringan LAN yang lebih besar. Bridge dapat membedakan satu unit jaringan dengan unit jaringan lainnya sehingga lalu lintas data tertata baik. Baca juga : Pengertian Jaringan Komputer

Alat-alat Untuk Membangun Jaringan LAN

1. Router
Router adalah jantungnya sebuah jaringan. Kenapa dikatakan jantung? karena router berfungsi untuk menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lain. Dalam hal ini, router menghubungkan jaringan internet dengan jaringan LAN.

2. Switch
Berbeda dengan router, switch (lihat gambar diatas) berfungsi untuk menghubungkan masing-masing komputer pada sebuah jaringan LAN .

3. Ethernet Card atau Kartu Jaringan
Ethernet card adalah sebuah adapter untuk mencolokkan kabel ethernet sehingga komputer membuat komputer tersambung menuju jaringan. Umumnya, pada komputer terbaru, kartu jaringan telah disematkan didalam motherboard sehingga kita tidak perlu untuk membelinya secara terpisah.

4. Kabel atau Konektor
Kabel ini berfungsi untuk menghubungkan komputer ke router atau bisa juga komputer satu dengan komputer lain. Ujung pada kabel ini diberi sebuah konektor yang disebut RJ-45. RJ-45 memiliki 2 settingan, yaitu straight dan cross. Straight dipakai untuk menghubungkan komputer kepada router sedangkan cross digunakan untuk menyambungkan komputer langsung dengan komputer.

5. Modem
Jika kita ingin menghubungkan jaringan ke internet, maka kita juga harus membeli sebuah modem. Sehingga komputer kita bisa berkomunikasi dengan komputer lain yang terdapat pada jaringan LAN tersebut.

Infrastruktur Jaringan WAN

Seperti hal nya jaringan LAN (Local Area Network), Jaringan WAN memiliki sejumlah perangkat yang melewatkan aliran informasi data. Penggabungan perangkat itu akan menciptakan infrastruktur WAN. Perangkat-perangkat tersebut diantaranya adalah;

1. Router
Router adalah peningkatan kemampuan dari bridge. Router bisa menunjukkan rute atau jalur dan mem-filter informasi pada jaringan yang berbeda. Beberapa router akan secara otomatis mendeteksi masalah dan mengalihkan jalur informasi dari area yang bermasalah.

2. ATM Switch
Switch ATM menyediakan transfer data berkecepatan tinggi antara jaringan LAN dan jaringan WAN

3. Modem and CSU/DSU
Modem mengkonversi sinyal digital dan sinyal analog. Pada pengirim, modem mengkonversi sinyal digital ke dalam bentuk yang sesuai dengan teknologi transmisi untuk dilewatkan melalui fasilitas komunikas analog atau jaringan telepon (public telephone line). Di sisi penerima, modem mengkonversi sinyal ke format digital kembali.

4. CSU/DSU (Channel Service Unit / Data Service Unit)
CSU/DSU ini hampir sama dengan modem, hanya saja CSU/DSU mengirim data dalam format digital melalui jaringan telepon digital. CSU/DSU umumnya berupa kotak fisik yang merupakan dua unit yang terpisah : CSU atau DSU.

5. Communication Server
Communication Server adalah server khusus bagi pengguna agar dapat melakukan dial dari lokasi remote sehingga dapat terhubung ke LAN.

6. Multiplexer
Sebuah Multiplexer mentransmisikan gabungan beberapa sinyal melalui sebuah sirkuit (circuit). Multiplexer mampu mentransfer beberapa data secara simultan (terus-menerus), seperti video, sound, text, dan lain- lain.

Baca juga : Manfaat jaringan komputer
7. X.25/Frame Relay Switches
Switch X.25 dan Frame Relay menghubungkan data lokal/private melalui jaringan data, mengunakan sinyal digital. Unit ini sama dengan switch ATM, tetapi kecepatan transfer data X.25 lebih rendah dibanding dengan switch ATM.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perangkat Jaringan Komputer beserta Fungsinya dan Gambarnya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar