Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 26 Desember 2016

Cara Membuka Task Manager Windows 7, 8 dan 10

Cara Membuka Task Manager Windows 7, 8 dan 10 - Apa itu Task Manager? Windows Task Manager adalah alat yang sangat penting bagi setiap pengguna Windows, baik Windows 7, 8 dan 10.

Pada artikel ini ada beberapa hal yang akan dibahas diantaranya adalah memahami pengertian Task Manager dan fungsinya, kelebihan Task Manager, cara membuka Task Manager pada windows, dan mengenal tabutasi Task Manager.

Dengan adanya Task Manager anda akan mengetahui kenapa komputer anda bekerja dengan lambat. Selain itu anda juga akan terbantu dalam menangani beberapa program yang menguras sumber daya CPU, RAM, Disk dan Jaringan.

Kelebihan lain dari Task Manger adalah dapat memungkinkan Anda untuk memantau aplikasi, proses, dan layanan yang saat ini berjalan pada komputer Anda. Anda dapat menggunakan Task Manager untuk memulai dan menghentikan suatu program dan untuk menghentikan proses, di samping itu Task Manager akan menampilkan statistik informatif tentang kinerja komputer Anda dan tentang jaringan Anda.

Baca juga : 

Windows Task Manager diperkenalkan pertama kali pada Windows NT 4. Versi sebelumnya dari Windows N termasuk aplikasi Task List, yang memiliki fitur jauh lebih sedikit.

Pada Windows X menu Shutdown juga hadir yang memungkinkan akses ke Siaga, Hibernasi (Hibernation), Menonaktifkan computer (Shut Down), merestart computer  (Restart), Log Off dan Beralih Pengguna (Switch User).

Cara Membuka Task Manager Windows 7, 8 dan 10
Bagaimana cara menjalankan Windows Task Manager?
Dibawah ini adalah beberapa cara membuka Task Manager. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.
1. Keyboard Shortcut: Tekan Ctrl + Shift + Esc
2. Mouse Shortcut: Klik kanan taskbar Windows dan pilih Start Task Manager.
3. Metode tradisional: Tekan Ctrl + Alt + Delete dan pilih Start Task Manager.
4. Mulai "taskmgr.exe" dari baris perintah, GUI (terletak di C: \ Windows \ System32 \ taskmgr.exe).
6. Menekan tombol Windows + R dan mengisi kotak teks dengan tulisan "taskmgr.exe"

Tab Windows Task Manager
Windows Task Manager mempunyai enam komponen:
1) Application,
2) Processes.
3) Services.
4) Performances.
5) Networking dan
6) Users.

1. Tab Application

Tab Aplikasi tidak disertakan di windows 8. Jika Anda akan melihat daftar program ( "tugas") yang berjalan pada komputer anda. Aplikasi yang Anda bisa menggunakan tab ini untuk keluar dari program yang tidak bisa lagi ditutup dengan normal.

Tab Aplikasi tidak disertakan di windows 8.
- Jika Anda ingin keluar dari program, pilih program dan klik tombol End Task. Fitur ini berguna apabila Anda memiliki program terbuka yang tidak lagi merespon. Task Manager dapat membantu Anda keluar dari program tersebut, tetapi Anda kehilangan informasi yang belum disimpan ketika Anda menggunakan metode ini.
- Untuk memunculkan sebuah program open, pilih program dan klik Switch Untuk. Program ini akan muncul ke depan.
- Untuk meluncurkan program baru, klik New Task. Lalu ketik perintah atau klik Browse untuk mencari aplikasi. Fungsi ini hampir sama seperti Run dalam menu Start.

2. Tab Processes
Pada Tab Process anda akan menemukan daftar proses (contoh program) yang berjalan. Jika anda mengakhiri proses yang sedang berjalan melalui tab ini, maka Anda kehilangan data yang belum disimpan. Namun, bisa jadi ini adalah satu-satu nya cara untuk mengakhiri proses aplikasi nonresponsive.

Cara Membuka Task Manager Windows 7, 8 dan 10
Tab Processes

- Untuk mengakhiri proses aplikasi yang sedang berjalan, klik kanan entri aplikasi di tab Aplikasi dan klik Go To Proses. Proses yang berlaku akan disorot di tab Processes. 

- Untuk mengakhiri proses yang disorot, klik End Process. Lalu klik  End Task di tab Aplikasi tidak bekerja.

3. Tab Services
Service adalah program dukungan yang berjalan di latar belakang. Kebanyakan akan berjalan secara otomatis ketika computer menyala.

cara membuka task manager windows
Tab Services
- Untuk memulai service, klik kanan service yang berhenti dan klik Start Service.
- Untuk menghentikan service, klik kanan service yang berjalan dan klik Stop Service.
- Untuk melihat proses yang terkait dengan service, klik kanan service yang berjalan dan klik Go To Proses. Cara ini dapat membuat anda untuk mengetahui adanya service yang menghabiskan sumber daya.

4. Tab Performance

Cara Membuka Task Manager Windows 7, 8 dan 10
Tab Performance
Tabi ini menjelaskan beberapa informasi antara lain yaitu:
1) Total: Jumlah RAM fisik yang terpasang pada komputer (dalam MB).
2) Cached: Jumlah RAM fisik yang digunakan oleh system.
3) Available: Jumlah memory bebas dan standby yang siap digunakan oleh program.
4) Free: Jumlah memory RAM yang sedang tidak digunakan atau belum memiliki informasi yang digunakan. Di dalam tabulasi ini terdapat juga tombol Resource Monitor. Didalam tab ini juga teradapat grafik penggunaan CPU dan Memory.

5. Tab Users
Tabulasi ini menunjukkan pengguna siapa saja yang sedang terkoneksi. Dengan mengklik kanan salah satu pengguna tersebut, anda dapat mematikan pengguna yang sedang aktif.

6. Tab Networking
Tabulasi Networking adalah tab yang berfungsi untuk menampilkan informasi (monitoring) aktifitas jaringan yang ditampilkan dalam bentuk grafik secara real time.

Terimakasih sudah membaca Cara Membuka Task Manager Windows 7, 8 dan 10 . Anda bisa mendownload artikel Cara Membuka Task Manager Windows 7, 8 dan 10 dengan format PDf di bawah ini.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuka Task Manager Windows 7, 8 dan 10

Comments
0 Comments