Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 05 Desember 2016

Cara Menghidupkan Komputer Sesuai Prosedur

Cara Menghidupkan Komputer Sesuai Prosedur - Apabila kalian menghidupkan atau menyalakan komputer dengan prosedur yang benar maka akan mencegah kerusakan pada computer dan dapat memperbaiki kinerja computer baik itu dari sisi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Namun, sebelum mempelajari bagaimana cara menghidupkan komputer sesuai prosedur, kalian terlebih dahulu harus mengenal berbagai port (penghubung) komputer dengan peralatan input atau output komputer. Hal ini bertujuan agar dalam menghidupkan dan mematikan komputer tidak terjadi permasalahan serius yang tidak diinginkan, sehingga dengan prosedur yang benar akan membuat komputer kalian tidak mudah rusak.

Cara Menghidupkan Komputer Sesuai Prosedur
Turn On


Mengenal Fungsi dan Jenis Port pada Komputer
Agar dapat menghidupkan dan mengaktifkan komputer sesuai prosedur, maka terlebih dahulu kalian harus memastikan bahwa kabel monitor, mouse, keyboard, printer, dan kabel power sudah terhubung dengan tepat dan benar pada konektornya masing-masing.
Berbagai port komputer yang tersedia, antara lain:
- port keyboard dan mouse,
- port monitor,
- port printer,
- port USB,
- port kabel power
a. Fungsi dan jenis port keyboard dan mouse
Port keyboard dan mouse ada dua jenis, yaitu port Serial dan port PS/2 yang berfungsi untuk menghubungkan keyboard dan mouse dengan CPU.
b. Fungsi port monitor
Port monitor berfungsi menghubungkan monitor dengan CPU.
c. Fungsi Port Printer
Port printer ada dua jenis, yaitu port Serial dan port PS/2 yang berfungsi menghubungkan printer dengan CPU.
d. Fungsi port USB
Port USB yang berfungsi menghubungkan perangkat keras eksternal kabel USB (misalnya flash disk) dengan  CPU

Cara Menghidupkan Komputer Sesuai Prosedur
1. Hubungkan Power Supply dengan Sumber Arus komputer
Untuk menghubungkan power supply dengan sumber arus listrik, gunakanlah kabel power. Dan Pastikan juga kabel power tersebut dengan benar dan tepat terhubung dengan arus listrik.
2. Prosedur Menghidupkan Komputer
Sebelum lebih jauh dalam mengoperasikan komputer, terlebih dahulu kita harus mengetahui prosedur menghidupkan komputer dengan benar. Jika prosedur tersebut tidak dilakukan secara benar, akan berakibat kerusakan pada software dan hardware komputer. Hal yang perlu diperhatikan dalam menghidupkan komputer adalah sebagai berikut:

a. Pastikan bahwa sistem unit komputer telah terangkai dengan benar.
b. Pastikan bahwa unit komputer telah terhubung secara benar dengan arus listrik.
c. Pastikan pula tidak ada disket pada Floppy drive.
d. Hidupkanlah komputer dengan cara menekan tombol ON (power) pada CPU dan nyalakan monitor dengan menekan tombol power monitor.
e. Tunggulah beberapa saat sampai komputer selesai melakukan proses booting.
f. Setelah booting selesai, komputer akan menampilkan layar dekstop sebagai tanda komputer siap untuk digunakan.

3 Tips Agar Komputer Tidak Mudah Rusak
1. Menghidupkan komputer harus dilakukan dengan benar. Usahakan tidak terlalu sering menghidupkan komputer. Karena menghidupkan komputer beberapa kali sehari akan menimbulkan kerusakan pada komponen komponen komputer dibandingkan dengan menghidupkan sehari penuh.

2. Berilah jeda waktu kira-kira 15 sampai 30 detik pada komputer, biarkan komputer melakukan istirahat ketika komputer dimatikan dan akan dihidupkan kembali. Dan berilah komputer waktu beberapa saat untuk menyelesaikan proses booting sehingga dengan ini kerusakan pada komponen komputer baik dapat terhindar.
3. Jangan tergesa-gesa
Menghidupkan komputer tergesa-gesa akan memberi tekanan berat pada sistem mekanis hardrive. Piringan hardisk yang awalnya stabil mungkin akan bergerak dengan cepat. Akhirnya terjadi fatal error yang merugikan kalian.

Itulah Cara menghidupkan komputer sesuai prosedur, semoga dengan membaca artikel di atas anda bisa lebih memahami pemakaian komputer dengan benar. Silahkan download  artikel diatas pada link dibawah ini.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghidupkan Komputer Sesuai Prosedur

Comments
0 Comments