Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kamis, 01 Desember 2016

Macam-macam Alat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Macam-macam Alat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) - Seperti yang saya janjikan pada postingan sebelumnya, bahwa saya akan melanjutkan pembahasan teknologi informasi dan komunikasi, jika pada postingan sebelumnya kita sudah mempelajari pengertian teknologi informasi dan komunikasi maka pada artikel ada 2 topik utama yang di bahas yaitu peralatan teknologi informasi dan peralatan teknologi komunikasi. Lalu apa saja peralatan yang termasuk kedalam teknologi informasi dan komunikasi?

Dibawah adalah beberapa peralatan teknologi informasi yang kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Peralatan Teknologi Informasi

1. Komputer
Komputer (bahasa Inggris “Computer”) berasal dari bahasa latin “computare” artinya menghitung. Pada zaman dahulu komputer digunakan untuk menghitung dan merupakan alat yang cepat dan dapat meng-input data dan selanjutnya akan diproses sehingga dapat mengeluarkan output berupa informasi.

Dikarenakan komputer mampu menghasilkan informasi dari sebuah pengolahan data, maka seiring dengan berkembangnya, komputer dijadikan sebagai alat yang mampu melakukan manipulasi data yang dapat menghasilkan sebuah informasi yang bisa digunakan oleh manusia.

Komputer terdahulu memiliki ukuran yang sangat besar dan membutuhkan daya yang sangat besar pula, computer tersebut dinamakan mainframe. Namun dewasa ini komputer sudah dirancang untuk membantu segala aktifitas seperti mengerjakan tugas dan pekerjaan manusia. Oleh karena itu, komputer sekarang mempunyai ukuran sebesar tas (Laptop) dan hanya memerlukan baterai untuk sebagai sumber energinya. Dengan  ukuran yang kecil tentu akan membuat  penggunanya  semakin dimanjakan oleh alat teknologi yang semakin bagus.

Macam-macam Alat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Agar komputer dapat bekerja sesuai dengan fungsi dan manfaatnya, maka komputer di bekali dengan komponen penting. Komponen tersebut adalah hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware (pengguna komputer). Komponen-komponen tersebut harus saling berhubungan sehingga dapat membentuk  satu  kesatuan  yang  membuat  komputer dapat bekerja secara maksimal.

2. Radio
Peralatan teknologi informasi selanjutnya adalah Radio. Radio adalah alat penerima informasi berupa suara atau sinyal dengan menggunakan media gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik adalah kombinasi medan listrik dan medan magnet yang berosilasi dan merambat melewati ruang dan membawa energi dari satu tempat ke tempat yang lain. Dewasa ini radio banyak diproduksi dan dilengkapi dengan pemutar kaset/CD atau perekam suara.

Dulu radio kerap digunakan sebagai alat komunikasi nirkabel dari kapal ke kapal dan kapal ke pantai.  Manfaat radio dapat digunakan untuk komunikasi kapal, pesawat udara, polisi, militer, bahkan astronot di luar angkasa.

Ada 3 (tiga) komponen yang terdapat dalam sistem pemancar radio yaitu sumber suara, pemancar, dan antena.

Sumber suara menghasilkan suara yang akan dikirimkan bersama dengan sinyal radio.
Pemancar terdiri dari osilator dan modulator. Osilator adalah suatu rangkaian yang menghasilkan keluaran yang amplitudonya berubah-ubah secara periodik dengan waktu. Osilator berfungsi untuk menghasilkan gelombang sinus yang  menjadi sinyal pembawa. Sedangkan modulator berfungsi untuk menstabilkan frekuensi dan amplitudo osilator.

Antena merupakan alat untuk mengirim dan menerima gelombang elektromagnetik, bergantung kepada pemakaian dan penggunaan frekuensinya, antena bisa memiliki berbagai bentuk, mulai dari seutas kabel, dipole, ataupun yagi, dsb. Antena berfungsi untuk memancarkan gelombang radio. Antena menghasilkan pancaran gelombang elektromagnetik ke segala arah.

3. Televisi
TV adalah salah satu alat teknologi informasi yang paling diminati banyak orang  dari berbagai kalangan. Hampir setiap rumah di seluruh dunia memiliki tv. Kenapa televisi menjadi media informasi yang paling digemari sampai saat ini? Karena TV adalah alat penerima informasi berupa gambar dan suara yang dapat menerima transmisi gambar dan suara secara langsung (real time). TV bisa menerima sinyal dari pemancar gelombang atau satelit maupun dari kabel. Hal inilah yang membuat orang senang menonton tv, karena dengan adanya televisi kita dapat mengetahui informasi terbaru di dalam negeri dan luar negeri.

Istilah Televisi berasal dari kata “tele” yang berarti jauh dan “vision” yang berarti tampak. Jadi, televisi berarti melihat dari jarak jauh. Penemuan tv telah mengubah peradaban dunia. Hal ini karena tv telah memberikan begitu banyak informasi kepada masyarakat. Berbagai stasiun televisi yang ada saat ini dengan aneka program siarannya yang disajikan, menjadikan tv sebagai sumber segala informasi, berita, dan juga hiburan.

4. Faksimili
Faksimili atau yang sering disebut mesin fax adalah alat untuk mengirim dan menerima informasi melalui telefoto dengan sistem reproduksi fotografi. Dengan mesin fax kita bisa mengirim salinan isi suatu file atau data, baik tulisan ataupun gambar ke mesin fax lain melalui saluran telepon.

Istilah Faksimili berasal dari kata “facsimile” yang artinya menyalin persis dengan aslinya. Mesin fax ini dibuat dengan tujuan untuk menyalin dokumen yang akan dikirimkan ke orang lain, dengan cara memasukkan dokumen ke dalam mesin lalu dengan menekan nomor tujuan, maka dokumen tersebut dengan otomatis akan sampai ke tempat tujuan dalam hitungan menit.

Sekarang ini mesin fax dirancang dengan berbagai fungsi. Selain berfungsi untuk mengirim dokumen, mesin fax juga berfungsi untuk mesin foto copy dan dilengkapi fitur telepon sebagai mesin penjawab telepon, bahkan ada juga mesin fax yang dihubungkan dengan komputer.

5. Internet (Interconnected Network)
Internet merupakan jaringan komputer yang saling mengirim data menggunakan Internet Protocol (IP). Dengan menggunakan internet, informasi apa saja dapat disampaikan ke seluruh dunia melalui jaringan komputer.

Internet adalah salah satu produk teknologi komunikasi dan informasi yang sangat maju saat ini. Terbukti pengguna internet didunia meningkat semakin tinggi. Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960an.

Sebelumnya, jaringan komputer dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir.

Setelah itu, pada tahun 1970 internet banyak dimanfaatkan oleh universitas-universitas di Amerika dan berkembang pesat sampai saat ini. Lebih lengkap tentang jaringan computer dan sejarah internet, silahkan baca pada postingan “Pengertian Jaringan Komputer, Sejarah Internet di Dunia


Peralatan Teknologi Komunikasi

Berikut ini adalah beberapa peralatan teknologi komunikasi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Telepon
Telepon adalah salah satu dari macam-macam alat telekomunikasi yang berfungsi untuk mengirim dan menerima suara secara langsung (real time) menggunakan jaringan telepon. Penemu telepon adalah Alexander Graham Bell di tahun 1876. Telepon merupakan alat komunikasi yang sangat praktis, maka pantas apabila telepon berkembang sangat pesat. Saat ini, telepon dapat juga digunakan untuk mengirim SMS (Short Message Service).

2. Handphone (telepon genggam)
Sejak 3 April 1973 telah perkenalkan suatu teknologi dengan nama telepon genggam atau handphone atau HP.

Selain memiliki kemampuan menelpon, HP juga mampu mengirimkan pesan teks (SMS) dan gambar (EMS/MMS) serta mengakses internet. HP terhubung pada jaringan telepon melalui gelombang radio. Jaringan ini terhubung pada satelit telekomunikasi.

Ada 2 (dua) teknologi Handphone yang biasa digunakan saat ini, yaitu GSM dan CDMA. GSM adalah singkatan dari Global System for Mobile Communications. GSM bekerja dengan cara mengkompresi suara yang masuk ke dalam format digital sehingga mempunyai ukuran yang kecil. GSM menggunakan teknologi enkripsi (pengkodean) sebelum suara dikirimkan.

CDMA adalah singkatan dari Code Division Multiple Access. CDMA bekerja dengan cara memecah data suara yang masuk menjadi peket-paket kecil dan masuk ke saluran frekuensi yang terpisah-pisah. Paket-paket data tersebut dikirimkan setelah ditambahkan kode unik dan hanya dapat diterima oleh penerima yang mempunyai data yang sama.

Fungsi HP tidak hanya sebagai alat komunikasi, akan tetapi juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup, penampilan, tren, dan gengsi. Teknologi HP komunikasi ini semakin lama semakin maju. Ukuran dan bentuk HP pun semakin hari semakin beragam dan menarik. Banyak Ffitur yang ditawarkan dalam HP seperti kamera digital, radio FM, pemutar Mp3, video, dan berbagai game online menarik.

3. Modem (Modulasi Demodulasi)
Modem adalah singkatan dari Modulator Demodulator, modem termasuk perangkat keras yang dipasang pada komputer dan berfungsi untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog atau sebaliknya, sinyal analog menjadi sinyal digital, sehingga memungkinkan untuk digunakan untuk mengakses internet. Masih banyak perangkat keras yang dapat digunakan untuk mengakses internet. Penjelasan lengkapnya sudah saya tulis pada postingan yang berjudul “Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet”, dipostingan itu juga saya membahas tentang cara menginstal modem di laptop dan jenis-jenis modem.

4. Satelit
Satelit komunikasi adalah sebuah satelit buatan yang ditempatkan di luar angkasa dengan tujuan telekomunikasi telepon dan handphone. Sedagkan satelit televisi menerima sinyal dari stasiun televisi kemudian sinyal dipancarkan kembali ke bumi dalam jangkauan yang luas. Sinyal ini diterima dan dirubah oleh televisi menjadi gambar dan suara.

5. Telegraf
Telegraf adalah sebuah mesin/alat yang menggunakan teknologi telegrafi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh. Sistem komunikasi ini menggunakan peralatan listrik untuk mengirim dan menerima sinyal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik. Sinyal-sinyal yang dikirimkan oleh telegraf berupa kode-kode sederhana yang disebut dengan kode Morse, sesuai dengan nama penemunya yaitu Samuel F.B. Morse. Sedangkan pesan yang dikirim oleh telegraf disebut dengan telegram.


Download artikel Macam-macam Alat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di bawah ini.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Macam-macam Alat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar