Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kamis, 15 Desember 2016

Pengertian Komunikasi Data dan Contohnya Beserta Jenisnya

Pengertian Komunikasi Data dan Contohnya - Komunikasi data sangat berkaitan dengan pengiriman data (informasi) menggunakan sistem transmisi elektronik satu terminal komputer ke terminal komputer (seperti komputer, laptop, printer, dan alat komunikasi lain). Data di sini adalah sinyal elektromagnetik. Sinyal elektromagnetik yang dibangkitkan oleh sumber data yang dapat ditangkap lalu dikirimkan ke terminal penerima.

Jadi, yang dimakasud dengan komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data atau informasi dari dua perangkat device  atau lebih yang terhubung dalam sebuah jaringan lokal maupun jaringan global seperti internet.

Baca juga : Pengertian Internet dan Manfaatnya, Sejarah Internet di Dunia

Sementara itu, sistem komunikasi data adalah jaringan fisik yang dapat mengakses komputer untuk mendapatkan berbagai fasilitas seperti menjalankan program, mengakses basis data, melakukan komunikasi dengan operator lain sehingga semua fasilitas berada pada terminalnya meskipun secara fisik berada pada lokasi yang terpisah.

Pengertian Komunikasi Data dan Contohnya
Komunikasi Data

Alasan Kenapa Komunikasi Data Diperlukan

1. Adanya proses distribusi yang membutuhkan jaringan sebagai media pertukaran data.
2. Transaksi kerap terjadi pada lokasi yang berbeda dengan lokasi pengolahan datanya sehingga data perlu dikirim ke lokasi pengolahan data dan dikirim lagi ke lokasi yang membutuhkan informasi dari data tersebut.

3. Dibandingkan dengan cara pengiriman biasa, mengirim data melalui jalur komunikasi lebih murah, terlebih apabila data telah diorganisasikan melalui komputer.

4. Suatu organisasi yang mempunyai beberapa lokasi pengolahan data, data dari suatu lokasi pengolahan yang sibuk dapat membagi tugasnya dengan mengirimkan data ke lokasi tidak sibuk.

Unsur-Unsur Komunikasi Data

Dalam proses komunikasi data dari satu lokasi ke lokasi yang lain, minimal harus ada tiga unsur utama sistem yaitu sumber data, media transmisi, dan penerima. Apabila salah satu dari ketiga unsur tidak ada, maka komunikasi tidak akan bisa dilakukan. Berikut adalah tiga unsur komunikasi data.

1. Sumber data
Pengertian sumber data adalah unsur yang bertugas untuk mengirimkan informasi, seperti terminal komputer. Sumber data ini membangkitkan informasi dan menempatkannya pada media transmisi. Sumber biasa dilengkapi dengan transmitter yang berfungsi untuk mengubah informasi yang akan dikirimkan menjadi bentuk yang sesuai dengan media transmisi yang digunakan, antara lain pulsa listrik, gelombang elektromagnetik, pulsa digital. Contoh dari transmisi adalah modem.

2. Media transmisi data
Media transmisi data adalah jalur dimana proses pengiriman data dari satu sumber ke penerima data. Beberapa media transmisi data yang bisa digunakan jalur transmisi adalah kabel, gelombang elektromagnetik,  twisted pair, kabel coaxial dan serat optik.

Baca juga: Pengertian Transmisi Data dan Contohnya

3. Penerima data
Penerima data adalah alat yang menerima data atau informasi seperti pesawat telepon, terminal komputer, dll, yang berfungsi menerima data yang dikirimkan oleh suatu sumber informasi. Penerima data ialah alat yang disebut receiver yang berfungsi untuk menerima sinyal dari sistem transmisi dan menggabungkannya ke dalam bentuk tertentu yang dapat digunakan oleh penerima. Sebagai contoh modem yang berfungsi sebagai receiver yang menerima sinyal analog yang dikirim melalui kabel telepon dan mengubahnya menjadi suatu bitstream.

Jenis Jenis Komunikasi Data

Suatu sistem komunikasi data dapat berbentuk offline atau online. Sistem komunikasi data dapat dimulai dengan sistem yang sederhana, seperti jaringan akses terminal, yaitu jaringan yang memungkinkan seorang operator mendapatkan akses pada fasilitas yang tersedia dalam jaringan tersebut. Operator bisa mengakses komputer untuk memperoleh fasilitas, misalnya menjalankan program aplikasi, mengakses database, dan melakukan komunikasi dengan operator lain.Baca juga : Pengertian Teknologi Infromasi dan Komunikasi

a. Sistem Komunikasi  Offline
Sistem komunikasi offline adalah suatu sistem pengiriman data melalui fasilitas telekomunikasi dari satu lokasi ke pusat pengolahan data, tetapi data yang dikirim tidak langsung diproses oleh CPU, Akan tetapi akan diproses dibaca oleh terminal, kemudian dengan menggunakan modem data tersebut dikirim melalui telekomunikasi. Di tempat tujuan, data diterima juga oleh modem kemudian oleh terminal, data disimpan ke disket, magnetic tape, dan lain-lain.

b. Sistem Komunikasi Online
Pada sistem komunikasi online data yang dikirim melalui terminal komputer bisa langsung diperoleh, langsung diproses oleh komputer pada saat kita membutuhkannya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Komunikasi Data dan Contohnya Beserta Jenisnya

Comments
0 Comments