Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sabtu, 03 Desember 2016

Pengertian Perangkat Lunak dan Contohnya

Pengertian Perangkat Lunak dan Contohnya - Hardware pada komputer tidak akan bekerja tanpa adanya perintah khusus yang memerintahkannya untuk menjalankan suatu operasi. Perintah tersebut dikelompokkan dalam suatu perangkat lunak. Jadi, perangkat lunak adalah perintah yang dapat menjalankan suatu operasi. Perangkat lunak tersebut dibuat secara sederhana, sistematis, dan masuk logika oleh orang berkompetensi dalam pembuatan perangkat lunak. Orang tersebut dinamakan Programmer.

Pembagian Perangkat Lunak

Berdasarkan fungsinya, perangkat lunak digolongkan dalam dua golongan besar, yaitu perangkat lunak system dan perangkat lunak aplikasi (Application Software). Pada postingan ini, kita akan sama-sama membahas pengertian perangkat lunak dan pembagiannya. Lihatlah peta konsep perangkat lunak dibawah ini.

Pengertian Perangkat Lunak dan Contohnya
Perangkat Lunak dan Contohnya


1. Perangkat Lunak Sistem
Perangkat lunak sistem adalah suatu istilah generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya. Perangkat lunak system merupakan bagian wajib ada dari sistem komputer.
Contoh yang jelas dari perangkat lunak system adalah sistem operasi, OpenGL atau pustaka basis data. Perangkat lunak jenis ini dibedakan dengan perangkat lunak aplikasi, yang merupakan program yang membantu pengguna melakukan tugas spesifik dan produktif, seperti perangkat lunaka pengolahan kata atau edit gambar.
Perangkat lunak system terbagi menjadi 3 jenis
a. Perangkat Lunak Sistem Operasi
b. Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman
c. Perangkat Lunak Sistem Utilitis

1. Sistem  Operasi  (Operating  System)
Sistem operasi atau operating system atau OS adalah sistem perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti lunak pengolah angka dan kata.

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan perangkat lunak lainnya akan berjalan setelah Sistem Operasi berjalan, dan OS tersebut akan melakukan layanan inti umum untuk perangkat lunak itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke hard disk dan manajemen memori, Sehingga software tersebut tidak perlu lagi menjalankan tugas-tugas inti umum tersebut, karena sudah dilayani dan dilakukan oleh OS.
Lebih lengkap Baca :
Pengertian Sistem Operasi dan Fungsinya,
Jenis jenis Sistem Operasi dan
Perkembangan Sistem Operasi

Sistem Operasi menjamin aplikasi lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input serta output pada peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka OS mengatur rencana yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling  mengganggu.

Sistem operasi (operating system) utama yang digunakan komputer yang digunakan saat ini terbagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu  :

- Keluarga Microsoft Windows
- Keluarga  Unix
- Mac OS

2. Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman
Perangkat lunak Bahasa Pemrograman adalah perangkat lunak bahasa yag berfungsi untuk membuat perintah-perintah atau program pada komputer oleh para programmer. Bahasa pemrograman juga dapat menjadi pengatur komunikasi antara komputer dan peralatan-peralatan nya.

Ada 3 tingkatan dalam aplikasi bahasa pemrograman
- Low level language, biasa disebut kode atau bahasa mesin, tingkat ini adalah bahasa pemrograman generasi pertama
- Middle level language, Sama seperti bahasa mesin tetapi perintah atau instruksinya sudah mendekati bahasa sehari-hari sehingga memudahkan programmer membuat program karena kodenya adalah huruf bukan angka. Contoh Middle level language adalah assembler.
- High level language, bahasa pemrograman yang lebih mudah dipahami karena menggunakan bahasa sehari-hari. Contohnya BASIC, COBOL, PASCAL, dll.

Baca juga : Peranan Sistem Operasi

3. Pengertian Perangkat Lunak Utility
Utility adalah Perangkat Lunak yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan sumber daya sistem, contohnya untuk memformat disket. Pada lingkungan windows program scandisk, disk cleanup, dan disk defragmenter. Perangkat lunak utility ini secara otomatis disertakan dalam PC pada saat system operasi windows diinstal. Namun, ada kalanya kalain harus menginstal sendiri karena Perangkat Lunak Utility bukan suatu bagian sistem operasi. Contoh Perangkat Lunak Utility seperti perangkat lunak antivirus Norton 2003, Mc Afee Viruscan 7.0, dll.

NB : Kalian bisa download artikel ini dengan format Pdf
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Perangkat Lunak dan Contohnya

Comments
0 Comments