Monday, January 16, 2017

Cara Instal Windows 7 dengan CD dan Flashdisk Lengkap Gambarnya

disni
iklan
Cara Instal Windows 7 dengan CD dan Flashdisk Lengkap Gambarnya - Sebuah sistem operasi dalam sebuah komputer atau laptop dipasang pada hard disk, dan simpan pada sebuah partisi disk. Ada beberapa metode atau cara untuk menginstal windows 7. Cara yang dipilih untuk menginstall windows 7 didasarkan pada sistem perangkat keras, sistem operasi yang diinstal, dan kebutuhan pengguna. Ada empat pilihan yang bisa anda gunakan untuk instal windows 7. 

1) Metode Clean Install
Metode clean install bisa anda lakukan apabila sistem operasi sebelumnya tidak bisa di upgrade sehingga harus dilakukan pembersihan atau menghapus semua data pada partisi dimana sistem operasi tersebut dipasang. Dalam proses ini membutuhkan sistem operasi yang baru atau sama dengan sistem operasi sebelumnya dan sistem operasi lama dihapus total. Baca juga : Pengertian Sistem Operasi dan Fungsinya

2) Metode Upgrade
Dalam metode Upgrade sistem operasi yang akan diinstal masih dalam platform yang sama. Anda hanya melakukan upgrade saja. Dengan menggunakan metode upgrade, sistem pengaturan konfigurasi, aplikasi dan data tidak akan hilang . Metode ini hanya menggantikan file sistem operasi lama dengan file sistem operasi baru.

3) Metode Multi-boot

Metode Multi boot memungkinkan anda untuk menginstal lebih dari satu sistem operasi dalam satu perangkat komputer. Setiap sistem operasi dipasang dalam partisi tersendiri dan memiliki file dan tetunya memiliki pengaturan konfigurasi yang berbeda. Pada saat start-up, anda akan disajikan dengan menu pilihan untuk sistem yang  anda inginkan. Hanya satu sistem operasi saja yang dapat berjalan pada satu waktu dan mengendalikan semua perangkat keras.

4) Metode Virtualization

Apa itu metode Virtualisasi ? Metode Virtualization adalah teknik yang sering digunakan pada server. metode ini memungkinkan beberapa salinan dari sebuah sistem operasi yang akan dijalankan pada satu set perangkat keras, sehingga menciptakan banyak mesin virtual. Setiap mesin virtual dapat diperlakukan sebagai sebuah komputer yang terpisah. Hal ini memungkinkan sumber daya fisik tunggal untuk  berfungsi sebagai sumber daya beberapa logical.

Cara install windows 7 Dengan CD dan Flashdisk
Dua hal yang harus anda perhatikan sebelum melakukan instal windows 7 adalah memastikan bahwa komputer yang sedang anda gunakan dalam kondisi baik dan memaitikan CD installer atau master program (windows 7) telah tersedia lengkap dengan lisensinya. Dibawah ini saya akan menguraikan bagaimana cara menginstal windows 7 lengkap dengan gambar menggunakan metode clean instal.

Metode clean instal ini dilakukan dengan menghapus semua data sistem yang ada dengan menghapus partisi dimana sistem itu ditanam, kemudian membuat partisi hardisk baru selanjutnya melakukan instalasi sistem. Sistem operasi yang akan dipasang kembali adalah windows 7. Adapun cara instal windows 7 adalah sebagai berikut:

1. Pastikan perangkat komputer dalam kondisi baik kemudian hidupkan komputer sesuai prosedur. (baca juga: Cara menghidupkan komputer dengan benar)
2. Masuk BIOS dengan menekan tombol F2 pada keyboard atau anda juga bisa menekan kombinasi tombol Esc, F1, F10 atau Del. Tampilan Setup Utility tentu akan berbeda tergantung dari merk BIOSnya.

Cara Instal Windows 7 dengan CD dan Flashdisk Beserta Gambarnya

3. Selanjutnya ubahlah Boot Pertama Ke CD atau DVD, namun apabila anda menggunakan Flash Disk untuk menginstal ulang windows 7, Ubahlah Boot Pertama ke Flash Disk, ini diperlukan agar Boot Pertama dilakukan melalui Windows 7 DVD Installer atau Flash Disk.
4. Pilih menu boot atur prioritas booting pertama pada CD-rom Drive/DVD.
Cara Instal Windows 7 dengan CD dan Flashdisk Beserta Gambarnya

5. Pastikan juga DVD Windows 7 Installer sudah dipasang pada Drive DVD
6. Setelah merubah boot pertama ke cd atau flash disk, jangan lupa simpan perubahan lalu keluar dari menu setup dengan menekan menu Exit kemudian pilih exit and saving atau dengan menekan tombol F10 kemudian pilih yes. Lihat gambarnya dibawah ini
Cara Instal Windows 7 dengan CD dan Flashdisk Beserta Gambarnya

7. Pastikan DVD installer Windows 7 terpasang pada CD/DVD ROM
8. Setelah booting dari DVD Windows 7 Installer tekan pada sembarang tombol.
9. Tunggu beberapa saat karena proses “starting windows” sedang berjalan. Lihat gambarnya dibawah ini.
Cara Instal Windows 7 dengan CD dan Flashdisk Beserta Gambarnya

10. Pilih bahasa, waktu, format mata uang, keyboard atau metode input dan klik Next.
Cara Instal Windows 7 dengan CD dan Flashdisk Beserta Gambarnya

11. Terakhir Klik tombol instal now.
12. Centang I accept the license terms dilanjutkan dengan klik Next.
Cara Instal Windows 7 dengan CD dan Flashdisk Beserta Gambarnya

13. Catatan ; Ada dua pilhan yang bisa anda pilih, yaitu Upgrade dan Custom. Pilihan Upgrade bisa anda pilih apabila mempunyai versi Windows sebelumnya sedangkan pilihan Custom (advanced) digunakan apabila anda tidak memiliki versi Windows sebelumnya atau ingin menginstal sistem Windows 7 baru. Lihat gambarnya dibawah ini

Cara Instal Windows 7 dengan CD dan Flashdisk Beserta Gambarnya



Gambar dibawah menunjukan bahwa hardisk terdiri dua partisi (disk 0). Apabila anda gambar tersebut kosong, kemungkinan hardisk pada computer mengalami kerusakan atau bisa juga koneksi kabel ke hard disk tidak baik dan mengakibatkan hardisk tidak terdeteksi. Apabila hardisk pada komputer belum terpartisi, silahkan pilih Drive Options untuk membuat partisi batu. Silahkan buat dua atau tiga partisi satu partisi untuk windows7, satu partisi untuk windows 8 dan sisanya untuk data.

Cara Instal Windows 7 dengan CD dan Flashdisk Beserta Gambarnya

14. Klik new
15. Setelah menentukkan ukuran partisi tekan tombol Apply.
16. Windows 7 menciptakan sebuah partisi tambahan untuk file sistem, yang akan digunakan untuk boot dan pemulihan. Klik OK.
17. Ulangi lagi langkah pada point 13 untuk membuat partisi lainnya.
18. Selanjutnya Format partisi yang telah dibuat dengan meng-klik tombol format
19. Langkah-langkah selanjutnya adalah proses instalasi dengan memilih partisi yang akan digunakan untuk menyimpan instalasi windows 7 kemudian klik next (berlanjut ke langkah 25)

20. Arahkan Kursor pada partisi yang akan di instal Windows 7 yang baru (Primary), lalu Klik Next
21. Tunggulah beberapa saat karena proses instalasi windows 7 sedang berjalan, dimulai dengan copy windows file, Proses berikutnya akan memperluas (decompress) file yang telah disalin, Proses ketiga dan keempat adalah instalasi feature.

Cara Instal Windows 7 dengan CD dan Flashdisk Beserta Gambarnya

23. Setelah proses instalasi windows 7 selesai, maka akan secara otomatis computer anda akan merestart setelah 15 detik dan melanjutkan setup. Anda juga dapat meng-klik Restart now untuk restart tanpa perlu menunggu.
25. Selanjutnya menampilkan jendela “starting windows” disusul dengan, “setup is updating registry setting”
26. Setelah restart untuk pertama kalinya, proses setup akan dilanjutkan. Ini adalah langkah terakhir untuk cara instal windows 7 sehingga akan memakan waktu  yang lumayan lama daripada langkah sebelumnya.
27. Proses selanjutnya adalah “setup is praparing your computer for first use” kemudian  proses “Setup is checking video performance”
28. Sampai disini anda harus nama pengguna yang disediakan dalam dalam kotak-teks dan klik Next. Nama komputer akan otomatis terisi.
29. Masukkan juga password, ketik di kotak teks dan klik Next.
30. Pilih use recommanded setting, Pilih zona waktu dan klik Next.
31. Jika terhubung ke jaringan diminta untuk menetapkan lokasi jaringan.
32. Menampilkan jendela welcome windows 7, Menampilkan preparation your dekstop, Menampilkan jendela dekstop windows 7.
Itulah Cara Instal Windows 7 dengan CD dan Flashdisk Lengkap Gambarnya semoga bermanfaat.
Sumber gambar www.wikihow.com
Silahkan download tutorial cara instal windows 7 versi PDF.
Bagikan melalui Facebook / Twitter / Google Plus untuk melihat Link Download
iklan

Artikel Terkait

Cara Instal Windows 7 dengan CD dan Flashdisk Lengkap Gambarnya
4/ 5
Oleh

Subscribe

Suka dengan artikel di atas??? Silakan Subscribe dengan mengetikan email anda di bawah