Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Selasa, 24 Januari 2017

Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) dan Jenisnya

Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) dan Jenisnya - Sebagai makhluk sosial, manusia tidak akan lepas dari komunikasi dengan sesama. Tidak akan ada manusia yang dapat hidup tanpa terjadinya komunikasi. Seiring dengan perkembangan teknologi, bentuk komunikasi pun ikut berubah.

Pada postingan ini kita akan sama-sama mempelajari komunikasi.

Setelah anda membaca artikel ini, maka kalian akan mengetahui tentang pengertian komunikasi, mengetahui jenis-jenis komunikasi, memahami pengertian komunikasi dalam jaringan atau daring dan jenisnya

1. Pengertian Komunikasi
Apa itu komunikasi? Para ahli (Effendy, Handoko dan Robbin) memaknai komunikasi dengan beberapa definisi antara lain.

Menurut Effendy
Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang mempunyai arti bagi kedua pihak.

Menurut Handoko
Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan, informasi, dari seseorang ke orang lain.

Menurut Robbins
Komunikasi adalah pentransferan makna di antara anggota kelompok. Lewat pentrasferan makna, informasi dan gagasan dapat dihantarkan. Tetapi komunikasi bukan hanya sekedar menanamkan makna tetapi juga harus dapat dipahami.

Jika Anda berbicara sedangkan lawan bicara Anda tidak memahami, atau sebaliknya, maka komunikasi belum terjadi.

2. Fungsi Komunikasi
Komunikasi memiliki beberapa fungsi, diantaranya sebagai berikut;

a. Sebagai informasi
Dengan adanya komunikasi dapat membantu membantu proses penyampaian informasi yang diperlukan seseorang untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data dan menilai pilihan-pilihan alternatif.

b. Sebagai kendali
Komunikasi berfungsi juga untuk mengendalikan perilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi memiliki hak wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.

c. Sebagai motivasi
Selain berfungsi sebagai informasi dan kendali, komunikasi juga turut membantu berkembangnya motivasi dengan menjelaskan kepada para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah standar.

d. Sebagai pengungkapan emosional
Bagi sebagian komunitas atau kelompok, mereka memerlukan interaksi sosial, komunikasi yang terjadi di dalam komunita merupakan cara anggota untuk menunjukkan kekecewaan dan rasa puas.

Oleh karena itu, komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan sosial.

3. Jenis Komunikasi
Setidaknya ada dua jenis komunikasi yang kita kenal saat ini, yaitu komunikasi lisan (verbal) dan komunikasi nirkata (nonverbal).

a. Komunikasi lisan atau verbal, adalah komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan kata-kata, baik hal itu diucapkan atau tertulis.

b. Komunikasi nirkata atau nonverbal, adalah komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan bahasa tubuh, bahasa gerak atau isyarat (gesture), atau gambar.

Berbekal pengetahuan jenis komunikasi diatas, maka dapat kita pahami bersama bahwa komunikasi adalah perbuatan mentransfer pesan atau informasi dari satu tempat ke tempat lain, baik secara lisan atau tertulis (menggunakan media digital seperti buku, majalah, laman, atau surel), maupun secara nirkata (menggunakan bahasa tubuh, gerak isyarat (gesture), serta tekanan atau tinggi nada suara).

Kemampuan seseorang berkomunikasi dapat diukur dari seberapa akurat informasi yang dikirim oleh pengirim informasi dapat diterima oleh si penerima informasi dan sebaliknya. Hal tersebut juga menjadi acuan seberapa pandai kita berkomunikasi.

4. Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)
Apa itu komunikasi dalam jaringan? Komunikasi dalam jaringan (disingkat daring) menurut Warschauer, M. 2001 pp. 207-212 mengacu kepada membaca menullis dan berkomunikasi melalui jaringan computer (jarkom).

Sederhananya, Komunikasi Dalam jaringan adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan menggunakan jaringan Internet. Komunikasi yang terjadi di dunia maya tersebut dikenal dengan cyberspace.

Salahsatu kelebihan dari komunikasi daring adalah dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun. Salah satu bentuk komunikasi daring adalah pada penggunaan Internet. Internet menjadi salah satu cara media komunikasi yang sangat efektif dan efisien.

Pelajari Juga:
Jenis Komunikasi Dalam Jaringan
Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan Sinkron
Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan Asinkron dan Contohnya

Karena tersedianya berbagai layanan internet dengan seperti web, chatting (mIR chat, Yahoo Masanger, Google talk, dll), e- mail, friendster, facebook masager dan twitter.

Pengertian Komunikasi dalam jaringan (daring)
Komunikasi Dalam Jaringan

Sangat banyak fasilitas yang ditawarkan di dunia maya yang bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi, dan keberadaannya semakin membuat manusia tergantung pada teknologi.

5. Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Daring
Komunikasi dalam jaringan memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan komunikasi konvensional, antara lain sebagai berikut;

a. Dapat dilakukan kapanpun dan di manapun
Dengan komunikasi daring, setiap pengguna dapat melakukan komunikasi di mana saja dan kapan saja, dengan syarat terkoneksi dengan jaringan internet dan memiliki sarana yang mencukupi.

b. Dapat menghembat biaya
Berbeda dengan komunikasi konvensional, komunikasi daring tidak memerlukan pihak yang berkomunikasi untuk bertemu tatap muka, dengan komunikasi daring Anda dapat menghemat biaya transportasi.

c. Menghemat waktu
Komunikasi dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus membuang waktu dengan melakukan perjalanan. Pesan komunikasi dapat disampaikan pada saat itu juga dalam hitungan detik walaupun kedua pihak yang berkomunikasi saling berjauhan.

d. Meningkatkan intensitas berkomunikasi
Komunikasi dalam jaringan mendorong seseorang yang biasanya diam di dunia nyata, menjadi aktif saat berkomunikasi di dunia maya.

e. Meningkatkan partisipasi
Dengan terbukanya jalur komunikasi, akan semakin banyak orang yang dapat berpartisipasi dalam diskusi.

Kekurangan Komunikasi Dalam Jaringan
Selain keunggulan dalam berbagai hal, komunikasi dalam jaringan juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain sebagai berikut;

a. Tidak mewakili emosi pengguna
Intonasi bicara, raut muka, gerakan tubuh, adalah hal yang sangat sulit dipahami melalui komunikasi daring.

b. Membutuhkan perangkat khusus
Komunikasi dalam jaringan memerlukan adanya perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

c. Banyaknya informasi yang tidak penting
Kerap kali ketika melakukan komunikasi daring informasi yang didapat menjadi terlalu banyak, akibatnya membuat bingung si penerima.

d. Menyita konsentrasi
Melakukan komunikasi dalam jaringan tidak pada tempat dan waktu yang tepat (seperti berkemudi), dapat menyita konsentrasi sehingga membahayakan orang lain dan dirinya sendiri.
Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) dan Jenisnya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar