Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kamis, 26 Januari 2017

Pengertian Komunikasi Daring Asinkron dan Contohnya

Pengertian Komunikasi Daring Asinkron dan Contohnya - Komunikasi daring terbagi menjadi dua, yaitu komunikasi daring asinkron dan komunikasi daring sinkron. Pada pembahasan sebelumnya kita sudah mempelajari pengertian dari komunikasi daring beserta jenisnya. 

Apa itu Komunikasi daring asinkron? komunikasi daring asinkron adalah bentuk komunikasi menggunakan perangkat komputer (PC) dan jaringan Internet yang dilakukan secara tunda.

Jenis komunikasi asinkron adalah email, forum, blog, sosial media dan website. Pada artikel ini kita akan membahas contoh email, forum, blog, social media dan website untuk komunikasi daring asinkron.

Artikel Berkaitan:
Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan dan Jenisnya
Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan Sinkron dan Contohnya

1. Alamat Email
Alamat email adalah bagian dari identitas di dunia maya. Hampir semua layanan dalam jaringan mewajibkan memiliki alamat email untuk bisa mengakses layanan tersebut. Contohnya adalah blog.

Email sendiri mempunyai arti surat elektronik (surel). Email juga bisa anda gunakan untuk mengirim file, data, foto, file video dan audio dengan menggunakan perangkat komputer atau smartphone yang terhubung ke jaringan internet.

Artikel Berkaitan:
Pengertian Email dan Fungsinya serta Jenis dan Manfaatnya
10 Penyedia Layanan Email Gratis Terbaik

2. Blog
Blog adalah bentuk Aplikasi Web. Blog adalah bagian dari website yang bisa diakses secara online yang memiliki fungsi untuk memuat artikel atau tulisan dan gambar pada setiap halaman web. Umumnya blog hanya dikelola oleh satu orang saja (pengguna tunggal).

Namun, ada juga blog yang dikelola oleh lebih dari satu orang dengan membahas topic (niche) yang sesuai dengan keinginannya. Salahsatu contoh blog seperti www.kangmuizz.com yang khusus membahas teknologi komunikasi jaringan.

Pengertian Komunikasi Daring Asinkron dan Contohnya
Blog

Fungsi Blog
Fungsi blog adalah sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide dan hobby menulis melalui tulisan-tulisan yang di sebut posting. Dalam perkembangannya, blog bisa Anda digunakan untuk mendapatkan uang di internet.

3. Forum Internet
Forum Internet adalah fasilitas yang sengaja di sediakan di internet dimana semua penggunanya dapat berdiskusi dan mengungkapkan pemikiran dan ide tentang suatu permasalah. Forum berbasis internet sudah dikenal sejak tahun 1995, dan fungsinya hampir sama papan buletin dan milis internet yang sudah dikenal sejak tahun 1980-an.

Forum yang paling laris dan popular adalah forum yang membahsa Teknologi, game komputer, dan politik. Namun masih banyak lagi topik-topik yang diminati para pembaca internet. Contohnya forum jual beli kaskus (FJB kaskus)

4. Jejaring Sosial
Media sosial adalah tempat komunikasi online yang didedikasikan untuk berinteraksi, berbagi informasi dan kabar yang berbasis masyarakat.
Berikut adalah beberapa contoh yang menonjol dari media sosial:
Facebook adalah situs jejaring social yang paling populer dan gratis yang memungkinkan pengguna terdaftar untuk membuat profil, upload foto dan video, mengirim pesan, berhubungan dengan teman-teman, keluarga dan kolega.

Dan menurut data ternyata pengguna internet lebih betah menghabiskan waktu di facebook dari pada website. Tentunya anda mempunyai akun Facebook. Saya sangat bahagia jika anda mau menambahkan saya menjadi teman facebook anda; https://www.facebook.com/muizz.elhaitamy

Twitter adalah layanan microblogging gratis yang memungkinkan anggota terdaftar untuk menyiarkan tulisan pendek sekitar 140 karakter yang disebut tweets. Anggota twitter dapat menyiarkan tweet dan mengikuti tweets pengguna lain dengan menggunakan berbagai platform dan perangkat.

Google+ (diucapkan Google plus) adalah proyek jejaring social yang dimiliki oleh google yang dirancang untuk meniru cara orang berinteraksi secara offline lebih dekat daripada yang terjadi di layanan jejaring sosial lainnya.

Slogan google+  ini adalah “Real-life sharing rethought for the web - berbagi kehidupan nyata dirancang kembali untuk web." Tambahkan juga saya ke Llingkaran google plus anda https://plus.google.com/u/0/117218306686389967078
Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Komunikasi Daring Asinkron dan Contohnya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar