Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Minggu, 19 Februari 2017

Pengertian Komunikasi Daring Sinkron

Pengertian Komunikasi Daring Sinkron - Masih membahas komunikasi daring. Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian komunikasi daring dan jenisnya. Maka pada artikel yang singkat ini kita akan sama-sama memahami apa itu yang di maksud dengan komunikasi daring sinkron dan contohnya. Dan pembahasan yang lebih penting yaitu tatakrama pada saat komunikasi daring akan dibahas juga di sini. Sebelum mengetahui lebih dalam tentang komunikasi daring sinkron, saya sarankan lebih baik anda membaca dulu pengertian komunikasi daring dan contohnya pada artikel yang berjudul "Pengertian komunikasi daring"

Komunikasi daring sinkron adalah penggunaan komputer atau smartphone untuk berkomunikasi dengan orang lain pada waktu yang sama dengan menggunakan perangkat lunak khusus. Salah satu contoh dari komunikasi daring sinkron adalah text chat, video chat, video conference, dll.

Aplikasi text chat dapat membuat penggunnya berkomunikasi menggunakan text dengan pengguna lain. Perbedaan paling mendasar antara text chat dengan email (elekronik mail) adalah sifat text chat yang merupakan komunikasi sinkron, memastikan pesan yang dikirim akan dibaca saat itu juga jika pengguna lain sedang  dalam keadaan online.

Apa perbedaan antara komunikasi daring sinkron dan asinkron? Untuk mengetahuinya silahkan baca pada artikel yang berjudul "Pengertian Komunikasi Daring Asinkron"

Aplikasi Komunikasi Daring Sinkron Text Chat
Banyak sekali apps komunikasi daring sinkron untuk text chat yang bisa dipasang di PC seperti google talk, yahoo messenger (YM), facebook chat, skype dll. Adapun apps text chat yang bisa anda install di smartphone seperti whatsapp, line, kakao talk, group me, BBM, skype dll.

Pengertian Komunikasi Daring Sinkron
Pengertian Komunikasi Daring Sinkron


Untuk lebih jelasnya, berikut adalah nama-nama aplikasi untuk chatting yang paling populer saat ini.

WhatsApp, GroupMe, Line, WeChat, Kakao Talk, MessageMe, Kik, Tango, Cubie, Facebook Messenger, Hike, Google Hangouts, Maaii, iMessage/FaceTime, BBM, Rounds, Snapchat, Skype, Viber, Nimbuzz, ChatON, Voxer, Summary

Lain halnya dengan layanan text chat, ada juga layanan video chat yang sering di sebut video call atau video phone. Video call adalah bentuk komunikasi daring sinkron yang memungkinkan anda untuk berkomunikasi antar pribadi 1 ke 1, dengan menghadirkan lawan bicara dalam bentuk visual dengan suara ke hadapan anda. Biasanya, video chat harus dilaksanakan secara sinkron, di mana anda dan lawan bicara harus sama-sama ada di depan komputer secara bersamaan. Banyak sekali apps video call yang bisa anda pasang di komputer dan smartphone.

Aplikasi Komunikasi Daring Sinkron Video Chat
Contoh aplikasi komunikasi daring sinkron video chat antara lain facebook video call, oovoo, tango, viber, Facetime, skype, google+ hangout, facetime, dll.

Ada juga yang disebut Video conference. Video conference adalah layanan video chat yang dilakukan secara antarpribadi antara 3 orang atau lebih (multipoint) dengan beberapa layanan tambahan seperti berbagi layar, papan tulis, dll.

Aplikasi Komunikasi Daring Sinkron Conferensi
Beberapa apps video chat dapat juga digunakan untuk video conference, antara lain skype, google+ hangout, zoom, bigbluebutton, ummetme, Cisco webex, dll.

4. Tata Krama dalam Komunikasi daring sinkron
Ada beberapa hal yang wajib anda diperhatikan ketika sedang berkomunikasi daring sinkron agar tidak terjadi kesalahpahaman. Beberapa contoh tatakrama dalam komunikasi daring sinkron antara lain sebagai berikut.

a. Gunakanlah nama asli (bukan fake name) dan lokasi Anda saat berkomunikasi daring sinkron.
Dalam video conference, kita akan diminta untuk memasukkan nama pengguna, dengan menggunakan nama asli dan lokasi Anda (seperti muizz_tasikmalaya). Hal ini akan memudahkan lawan bicara untuk mengetahui siapa anda.
 
b. Cek perlengkapan sebelum memulai komunikasi daring sinkron
Sebelum dimulai nya video conferensi, perhatikan perlengkapan audio anda, pastikan semua peserta dapat mendengar suara Anda.
 
c. Cari tempat yang tenang
Jika Anda menggunakan mikrofon, carilah lingkungan yang tenang (tidak gaduh), jangan sampai ada suara di sekitar Anda mengganggu jalannya konferensi. Jangan lupa matikan mikrofon jika sedang tidak digunakan.
 
d. Teruslah berbicara
Saat Anda dipersilakan untuk berbicara, teruslah berbicara. Jangan berhenti untuk bertanya seperti “kedengaran gak?” atau semacamnya. Jika terdapat masalah teknis, peserta lain akan memberitahu anda.
 
e. Fokus saat diskusi
Fokus pada inti diskusi, jangan melakukan aktivitas lain seperti membaca buku ketika sedang melaksanakan video conference.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Komunikasi Daring Sinkron

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar