Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Minggu, 30 Juli 2017

2 Cara Membuat Dokumen Baru pada Microsoft Word 2003

2 Cara Membuat Dokumen Baru pada Microsoft Word 2003 - Perangkat lunak Microsoft Word merupakan program aplikasi yang paling banyak digunakan masyarakat. Untuk bisa memahami dan mengoperasikan program ini, pengguna harus memahami arti menu dan ikon yang tersedia. 

Masih ingatkan materi kita sebelumnya? jika Anda lupa atau belum membacanya, silahakn baca kembali pada artikel yang berjudul "Fungsi Menu Bar dan Ikon Pada Microsoft Word 2003"

Setiap menu dan ikon pada program Microsoft Word memiliki fungsi masing-masing. Dengan memahami setiap fungsi menu dan ikon yang tersedia pada program Microsoft Word, maka Anda bisa menggunakan program aplikasi ini untuk menyelesaikan tugas- tugasmu sehari-hari dengan baik dan benar.

Pada artikel ini, Anda akan mempelajari Cara Membuat Dokumen Baru pada Microsoft Word 2003. Untuk mempelajari program Microsoft Word, disarankan supaya Anda berani mencoba dan tidak takut salah. Anda juga diminta mempraktikkan menggunakan menu dan ikon utama ini sebagai pengalaman pribadi secara langsung.

Pada bagian ini hanya akan disajikan penjelasan lima submenu dari menu File, yaitu Open, New, Save, Print Preview, dan Print. Kelima submenu ini paling lazim digunakan ketika sedang menyiapkan sebuah teks.

Cara Membuat Dokumen Baru pada Microsoft Word 2003
Pada bagian ini, disajikan dua cara membuat file baru. Cara pertama dilakukan melalui menu Start dan cara kedua melalui menu File.

Cara 1: Melalui menu Start
Beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat file baru antara lain sebagai berikut.

a. Klik Start, kemudian gerakan kursor (penunjuk) ke Program/All Program dan pilih Microsoft Office.

2 Cara Membuat Dokumen Baru pada Microsoft Word 2003
Start Menu Windows 7

b. Selanjutnya, pilih dan klik Microsoft Office Word.

c. Setelah mengklik program Microsoft Office Word pada layar monitor akan tampil area dokumen kosong yang siap diisi dengan teks, gambar, atau tabel. disanalah Anda harus membuat dokumen baru.

Cara 2: Melalui menu File
File baru juga bisa dibuka melalui Menu Pull Down pada menu File. Beberapa langkah yang harus Anda ikuti untuk membuat file baru melalui menu File antara lain sebagai berikut.

a. Melalui menu File, klik submenu New maka di layar monitor akan muncul kotak dialog seperti pada gambar di bawah.

b. Pilih menu New Document pada Task Pane dan klik Blank Document maka pada layar monitor akan tampil dokumen kosong.

2 Cara Membuat Dokumen Baru pada Microsoft Word 2003
Menu File


c. Sekarang, Anda bisa mengetik pada dokumen kosong itu. contohnya, Anda mengetik dokumen dengan judul “Pengertian Internet dan Manfaatnya”.

2. Menyimpan Dokumen
Setelah selesai mengerjakan sebuah teks hingga menghasilkan sebuah file, Anda harus menyimpan file ini supaya nantinya mudah dicari. Pada umumnya, teks yang sudah dihasilkan harus disunting supaya menjadi lebih baik. Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyimpan file baru adalah sebagai berikut.

b. Klik lokasi yang tersedia pada daftar Save in. Pada contoh ini, file dimasukkan dalam folder TIK-SMP kelas VIII.

c. Ketik nama file pada File name, contohnya "Latihan-TIK SMP kelas VII". Selanjutnya, klik Save. Dalam sekejap, file ini sudah tersimpan dengan extension atau tambahan “.doc”. Extension ini menunjukkan file dibuat dengan menggunakan program Microsoft Word.

3. Keluar dari Microsoft Office
Setelah membuat file baru dan memberi nama, Anda mungkin ingin menutup file itu. Langkah-langkah yang dilakukan untuk menutup file adalah sebagai berikut.

a. Melalui menu File, cari dan klik submenu Close. Jika Anda belum melakukan saving pada file yang telah dibuat itu maka komputer akan mengeluarkan kotak dialog yang menyatakan apakah perubahan harus disimpan. Pada layar monitor akan menampilkan seperti berikut.

Tampilan sebelum file ditutup.
b. Jika Anda ingin menyimpan file tersebut maka harus klik
Yes, jika tidak, maka klik No.

Nah itulah 2 Cara Membuat Dokumen Baru pada Microsoft Word 2003, semoga bermanfaat! Terimakasih sudah berkunjung dan manbaca artikel 2 Cara Membuat Dokumen Baru pada Microsoft Word 2003.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 2 Cara Membuat Dokumen Baru pada Microsoft Word 2003

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar