Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Minggu, 30 Juli 2017

Fungsi Menu Bar dan Ikon Pada Microsoft Word 2003

Fungsi Menu Bar dan Ikon Pada Microsoft Word 2003 - Pada saat Anda menyalakan komputer dan membuka program aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word, maka pada layar monitor akan menampilkan beberapa menu dan ikon. Semua menu dan ikon ini tersebut merupakan perintah input pada komputer.

Pengertian Menu Bar dan Icon pada Microsoft Word 2003
Semua program aplikasi pengolah kata selalu menyediakan menu. Pada program Microsoft Word tersedia beberapa menu yang disajikan berupa kata. Menu tersebut meliputi File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Window, dan Help. Pada masing- masing menu itu terdapat satu huruf yang digarisbawahi.

Pada menu File huruf yang digarisbawahi adalah huruf F. Pada menu Edit adalah huruf huruf E, pada menu View adalah huruf V, pada menu Insert adalah huruf I, pada menu Format adalah huruf O, pada menu Tools adalah huruf T, pada menu Table adalah huruf a, pada menu Window adalah huruf W, dan pada menu Help adalah huruf H.

Menu yang disajikan berupa kata-kata ini biasanya disebut dengan Menu Pull Down. Sedangkan menu yang disajikan dengan lambang dan gambar umumnya disebut dengan Menu Toolbars.

Masing-masing kata pada menu disajikan dalam Bahasa Inggris. Contohnya, menu Insert dalam Bahasa Indonesia berarti menyelipkan. Anda bisa mempelajari sendiri setiap Menu Pull Down dengan cara melihat kamus Inggris - Indonesia.

Semua tampilan pada Microsoft Word memiliki nama. Pada gambar di bawah ini, anda akan melihat bagian-bagian Microsoft Word 2003 yang disertai dengan nama. Bandingkan gambar itu dengan tampilan di layar monitor Pada Saat Anda membuka program Microsoft Word. Adakah perbedaan?

Fungsi Menu Bar dan Ikon Pada Microsoft Word 2003


• Title Bar
Title Bar dalam Bahasa Indonesia disebut dengan “bagian judul”. Title Bar terletak pada bagian paling atas jendela Microsoft Word. Bagian ini menunjukkan judul sebuah dokumen dengan nama aplikasinya. Sebelum file tersebut diberi nama, maka akan secara otomatis menampilkan nama Document 1.
Fungsi Menu Bar dan Ikon Pada Microsoft Word 2003
Fungsi Menu Bar dan Ikon Pada Microsoft Word 2003


• Menu Bar
Menu Bar terdiri atas beberapa menu dengan tampilan kata-kata, seperti File, Edit, Insert, dan lain-lain. Tiap menu memiliki sejumlah submenu yang berdapat kumpulan perintah untuk menampilkan beberapa tugas. Contohnya, pada menu Edit terdapat submenu Cut yang mempunyai fungsi memotong teks yang diperlukan dari sebuah dokumen.

• Toolbars
Toolbars terdiri atas beberapa ikon (tombol lambang) yang menyediakan akses cepat, umumnya berfungsi untuk mengerjakan tugas mengolah atau mengetik kata. Toolbars yang paling sering digunakan adalah Toolbars Standard dan Toolbars Formatting. Contohnya, ikon untuk perintah New, Open, dan Save terbisa pada tombol Toolbars Standard.

• Document Area (Daerah dokumen)
Daerah ini adalah daerah kosong pada Microsoft Word dan merupakan tempat penempatan teks, gambar, dan tabel.

• Insert Point (Kursor)
Kursor adalah garis tegak lurus yang biasanya tampil kelap-kelip pada wilayah dokumen di layar monitor. Kursor menunjukkan daerah tempat Pada ketikan sebuah karakter yang berupa huruf, angka, atau simbol yang lain dari keyboard.

• Ruler
Ruler merupakan penggaris yang muncul pada bagian atas dan samping kiri wilayah dokumen. Ruler berfungsi untuk mengatur batas halaman dan menata teks pada sebuah dokumen.

• Task Pane

Task Pane adalah jendela kecil pada sisi kanan program Microsoft Word yang menyediakan fasilitas perintah yang umum digunakan.

• Scroll Bar
Scroll Bar berfungsi untuk menggeser (menavigasi) penunjuk naik dan turun atau geser ke kiri dan ke kanan pada sebuah dokumen.

• Status Bar
Menunjukkan nomor halaman atau banyak halaman pada sebuah dokumen. Selain itu, Status Bar menunjukkan posisi dari kursor.


1. Mengenal Submenu pada Menu Pull Down
Pada menu Pull Down yang terdiri atas 9 menu utama masih ada sejumlah submenu. Submenu ini merupakan perintah untuk mempermudah kerja pengguna Microsoft Word. Anda bisa mengetahui jenis-jenis submenu ini dengan melihat tampilannya di layar monitor seperti pada di atas.

2. Mengenal Submenu pada Toolbars
Selain Menu Pull Down, dalam layar monitor pada program Microsoft Word lazim ditampilkan menu Toolbars. Untuk mengetahui jenis Toolbars yang bisa ditampilkan, Anda bisa mengklik menu View, kemudian klik submenu Toolbars maka akan tampil seperti di atas.

Anda juga bisa menampilkan jenis submenu Toolbars melalui submenu Customize pada menu Tools. Untuk mengetahuinya Anda bisa mengklik menu Tools, kemudian klik Customize maka akan tampil submenu.

Apabila Anda memberikan tanda centang (✓) pada setiap submenu pada Toolbars yang ingin ditampilkan maka submenu pada Toolbars itu akan tampil pada layar monitor. Sebaliknya, apabila tanda centang (✓) untuk setiap submenu Toolbars dihilangkan, maka tampilan submenu Toolbars itu akan hilang pada layar monitor.

beberapa Toolbars yang ditampilkan adalah Toolbars Standard, Toolbars Formatting, Toolbars AutoText, Toolbars Database, serta Toolbars Drawing. Selain itu juga, ditampilkan Toolbars Reviewing dan Menu Bar. Kedua Toolbars yang terakhir ini tidak terlihat pada gambar. Tahukah Anda, bahwa Menu Bar tersebut tidak bisa dihapus pada keadaan biasa karena secara otomatis sudah ditampilkan pada layar monitor.

Customize Toolbars Standard yang umumnya tampil di layar monitor. Submenu Standard bisa Anda hilangkan dengan cara menghilangkan tanda centang yang ada pada pilihan daftar Toolbars itu.

Masing-masing ikon pada Toolbars selalu memiliki nama. Untuk mengetahui nama ini, Anda cukup meletakkan simbol panah mouse pada ikon itu seperti yang terlihat pada layar monitor anda. Contohnya, ikon lengkungan panah ke arah kanan adalah submenu Redo Insert Comment.

Kesimpulan
• Pada program Microsoft Word tersedia beberapa menu yang disajikan dengan tulisan. Menu-menu itu meliputi File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Window, dan Help.

• Perbedaan Menu Pull Down dan Menu Toolbars secara umum terletak pada simbol perintah yang digunakan. Menu Pull Down terdiri atas kata dan pada salah satu hurufnya digarisbawahi, sedangkan Menu Toolbars umumnya tersusun atas lambang dan gambar yang disebut  ikon.

• Semua menu dan submenu dalam bentuk kata atau dalam bentuk ikon merupakan perintah-perintah agar komputer melakukan tugas sesuai perintah. Oleh karena itu, masing-masing menu atau submenu memiliki fungsi sendiri- sendiri. Contohnya, submenu Cut berfungsi untuk memotong teks pada sebuah file, sedangkan submenu Paste berfungsi untuk menempelkan teks pada sebuah file. Untuk mengetahui fungsi masing-masing menu atau submenu bisa dilakukan dengan mencoba langsung.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Fungsi Menu Bar dan Ikon Pada Microsoft Word 2003

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar