Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Selasa, 01 Agustus 2017

Cara Mengatasi BSoD (Blue Screen of Death)

Cara Mengatasi BSoD (Blue Screen of Death) – Sebelumnya kita sudah membahas tentang Pengertian BSoD dan Penyebabnya, dan kita juga sudah membahas kode-kode kesalahan BSoD. Pada artikel yang singkat ini saya akan mencoba membagikan cara yang harus Anda coba untuk mengatasi masalah BSoD baik itu pada windows 7 8 dan 10.
 
Oke, mari kita mulai langkah-langkahnya…
Cara Mengatasi Blue Screen of  Death pada Windows 7, 8 dan 10.

1. Silahkan kunjungi Action Center dengan cara masuk ke Control Panel
Untuk windows 7 masuk Control Panel > System and Security.
Untuk Windows 8 dan 10, masuk ke Control Panel> Security and Maintenance.
Di bagian "Maintenance", Anda dapat memeriksa solusi untuk masalah yang ada.

Cara Mengatasi BSoD (Blue Screen of Death)
Cara Mengatasi BSoD (Blue Screen of Death)

Sebenarnya, Windows 8 dan 10 akan melakukan langkah-langkah pemecahan masalah ini secara otomatis saat komputer Anda melakukan Restart setelah sebuah BSOD. Namun, Anda harus tetap masuk ke Action Center untuk melihat apakah ada lebih banyak rincian atau langkah pemecahan masalah tambahan.

Jika Windows tidak bisa mengatasi masalah itu sendiri, salah satu caranya adalah mengakses internet dan menuliskannya di Google “Cara Mengatasi Masalah BSoD”  dan Anda pasti akan menemukan blog ini.

2. Cobalah perhatikan kode kesalahan pada layar monitor Anda. Kode kesalahan BSoD sangat banyak, salah satunya adalah kode "0x00000024." Atau coba lihat apakah pada layar monitor terdapat tulisan kesalahan seperti "Driver_IRQL_not_less_or_equal." Perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Mengatasi BSoD (Blue Screen of Death)
Perhatikan Kode Kesalahan

3. Tuliskan kode tersebut. Lalu cari di Internet tentang arti kode kesalahan tersebut. Atau anda bisa membaca nya pada artikel yang berjudul “Kode-kode kesalahan BSoD

Hal-hal yang harus Anda coba ketika mengatasi BSoD di Windows.

a. Gunakan System Restore

Jika sistem Anda baru mulai melakukan penyaringan biru, gunakan System Restore untuk mengembalikan perangkat lunak sistemnya kepada keadaan sebelumnya. Jika cara ini berhasil, berarti kemungkinan besar BSoD tersebut karena perangkat lunak.

b. Scan Malware
Malware yang masuk ke dalam Windows dan ke kernel Windows pada level rendah dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem. Coba scan komputer Anda dari perangkat lunak perusak untuk memastikan tidak ada perangkat lunak berbahaya.

c.  Perbarui Driver
Driver yang jarang di Update atau tidak terpasang dengan benar dapat menyebabkan kerusakan. Silahkan Anda Download driver terbaru untuk perangkat keras komputer Anda dari situs web produsen komputer Anda. Lalu pasanglah driver tersebut untuk memperbaiki BSOD yang disebabkan oleh masalah driver.

d. Booting Ke Safe Mode
Jika layar komputer Anda berwarna biru setiap kali Anda menyalakannya, cobalah booting ke safe mode. Dalam safe mode, Windows hanya memuat driver penting. Jika driver yang Anda instal menyebabkan layar Windows menjadi biru. Anda dapat memperbaiki masalah ini dari safe mode.

e. Instal ulang Windows
Cara terakhir yang paling ampuh yaitu menginstal ulang komputer Anda atau melakukan instalasi yang bersih. Ini akan menggantikan perangkat lunak sistem yang ada, dan menggantinya dengan sistem Windows yang baru. Jika komputer Anda tetap mengalami blue screen, saya jamin komputer Anda mengalami masalah pada perangkat keras nya.

Nah itulah Cara Mengatasi BSoD (Blue Screen of Death) yang bisa saya tulis pada artikel ini. Jika ingin bertanya silahkan berkomentar! Terimkasih sudah membaca Cara Mengatasi BSoD (Blue Screen of Death).
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatasi BSoD (Blue Screen of Death)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar