Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Selasa, 01 Agustus 2017

Pengertian BSoD (Blue Screen of Death) dan Penyebabnya

Pengertian BSoD (Blue Screen of Death) dan Penyebabnya - Apa itu BSoD? BSoD atau Layar biru kematian adalah sesuatu masalah yang paling tidak disukai oleh pengguna Windows. BSoD ini sering muncul saat Microsoft Windows menemukan beberapa kesalahan kritis yang tidak dapat dipulihkan. Layar biru umumnya disebabkan oleh masalah pada perangkat keras atau masalah komputer Anda dengan perangkat lunak driver perangkat kerasnya.

Namun terkadang BSoD dapat disebabkan oleh masalah dengan perangkat lunak tingkat rendah yang berjalan di kernel Windows. Karena kesalahan pada Aplikasi biasa biasanya tidak akan bisa menyebabkan BSoD.

Blue Screen of Death disingkat BSOD. Secara teknik sebenarnya disebut dengan STOP error. Selain nama resminya, BSOD terkadang disebut BSoD (dengan huruf "o" kecil), Blue Screen of Doom, layar cek bug, sistem crash, kesalahan kernel, atau hanya kesalahan layar biru saja.

Tampilan BsoD akan berbeda tergantung versi Windows yang Anda gunakan. Misalnya pada Windows 7 dan versi sebelumnya, layar biru tampak seperti layar terminal, menampilkan berbagai informasi. Namun tampilan BSod pada Windows 10 terlihat lebih sederhana.

Lihatlah perbedaan tampilan BSoD antara Windows 7 dan Windows 10 dibawah ini.

Pengertian BSoD (Blue Screen of Death) dan Penyebabnya
Tampilan BSoD Windows 7

Pada gambar diatas, adalah tampilan BSoD pada Windows 7, dimana tampilan tersebut dilengkapi dengan beberapa kode kesalahan BSoD. Kode tersebut menjadi acuan untuk memecahkan masalah BSoD. Lebih lengkapnya silahakn lihat Kode-Kode Kesalahan BSoD.

Sedangkan untuk Windows 8 dan 10, tampilan BSoD akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Pengertian BSoD (Blue Screen of Death) dan Penyebabnya
Tampilan BSoD pada Windows 8 dan 10

Cara Melihat Informasi BSOD
Ada software yang mungkin bisa anda gunakan untuk melihat informasi BSod. Sebanarnya banyak, namun saya lebih sukan menggunakan Aplikasi BlueScreenView milik NirSoft. Karena saya rasa aplikasi ini adalah yang paling mudah digunakan sekaligus menawarkan cara mudah untuk melihat informasi layar biru. Ia bekerja dengan menampilkan informasi yang terdapat dalam file minidump yang dibuat selama BSODs.

Mengapa Disebut Layar Biru 'Kematian' ?
Kematian sepertinya istilah yang paling tepat. Namun, BSOD tidak berarti komputer anda benar-banar "mati".

Yang pasti adalah karen semuanya berhenti seolah-olah komputer tidak bisa digunakan. Karena pada saat komputer anda mengalami BSoD, Anda tidak bisa "menutup" kesalahan dan menyimpan data Anda, atau menyetel ulang komputer Anda dengan cara yang benar (semuanya sudah berakhir). Dari sinilah asal istilah kematian tersebut.

Beberapa BSOD muncul saat proses start-up Windows, ini artinya Anda tidak bisa melewati BSoD begitu saja sampai Anda menyelesaikan masalah ini. Berbeda dengan masalah yang lain, mungkin anda bisa mengabaikan nya.

Dari Windows 95 sampai Windows 7, Blue Screen of Death tidak banyak berubah. Latar belakang biru gelap dan teks berwarna putih. Disana akan terlihat banyak data yang menunjukan alasan kenapa Windows anda mengalam BSoD.

Kesimpulan
BSoD secara teknis disebut dengan Stop Error. Artinya komputer anda tidak bisa digunakan sebelum anda menyelesaikan masalah tersebut.

BSoD terjadi karena beberapa kesalahan, seperti masalah pada perangkat keras atau masalah komputer Anda dengan perangkat lunak driver perangkat kerasnya.

Tampilan layar ketika Windows mengalami BSoD akan berbeda tergantung Versi Winsows yang Anda gunakan.

Aplikasi yang bisa anda gunakan untuk melihat masalah BSod salahsatunya adalah BlueScreenView milik NirSoft.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian BSoD (Blue Screen of Death) dan Penyebabnya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar