Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kamis, 03 Agustus 2017

Pengertian Chatting dan Etikanya

Pengertian Chatting dan Etikanya - Chatting adalah komunikasi berbasis teks yang bersifat real-time. Misalnya, ketika Anda berbicara dengan seseorang dengan menggunakan chat, teks yang anda ketik akan segera diterima oleh peserta lainnya. Sebaliknya, komunikasi berbasis teks lainnya seperti e-mail adalah mode korespondensi yang tidak real-time.

Baca juga: Pengertian Email dan Fungsinya

Atau pengertian lain Chatting adalah berbicara dengan orang lain yang menggunakan internet pada saat bersamaan. Biasanya, "chatting" ini merupakan pertukaran pesan yang diketik yang memerlukan satu situs sebagai repositori untuk pesan (atau "situs obrolan") dan sekelompok pengguna yang mengambil bagian dari manapun di Internet. 

Pengertian Chatting dan Etikanya
Chatting
Dalam beberapa keadaan, chat pribadi bisa diatur antara dua pihak yang bertemu awalnya dalam obrolan berkelompok. Obrolan dapat berlangsung atau dijadwalkan untuk waktu dan durasi tertentu.

Yang lebih kerennya lagi, sebagian besar kegiatan chatting difokuskan pada topik dan minat tertentu dan melibatkan pakar tamu atau orang terkenal yang "melakukan chatting" dengan siapa pun yang bergabung dalam obrolan tersebut.

Beberapa situs Web, seperti Facebook, Google, Snapchat dll. Adalah salahsatu contoh aplikasi yang bisa anda gunakan untuk melakukan chatting. Masih banyak aplikasi lainnya yang bisa anda gunakan untuk chatting. Kabar gembiranya, saya akan me-list 10 Aplikasi Chatting terbaik dan terpopuler pada artikel lain.

Ada juga beberapa juta pengguna yang mengobrol melalui jaringan lain seperti IRC .

IRC adalah Internet Relay Chat yang merupakan protokol terbuka yang memungkinkan pengguna dengan klien IRC untuk bertukar pesan teks secara real time melalui Internet. IRC dibuat oleh Jarkko Oikarinen pada tahun 1988, IRC adalah salah satu sistem chat pertama yang memungkinkan lebih dari dua peserta (anggota) untuk bergabung dalam sebuah diskusi.

Chatting juga bisa dilakukan dengan menggunakan suara atau suara dan video.

Etika Saat Melakukan Chatting
Dalam situasi tertentu, anda harus mempunyai etika ketika melakukan chatting, terlebih anda melakukan chatting guru atau atasan anda.

Berikut adalah daftar singkat etika yang harus diikuti saat chatting dengan orang lain secara online.
1. Berperilaku dengan cara yang sama seperti saat berbicara dengan seseorang dalam kehidupan nyata.
2. Hindari obrolan slang .
3. Cobalah untuk mengetik semua kata dengan benar dan gunakan tanda baca yang tepat agar mudah dipahami oleh lawan chatting.
4. Jangan mengetik semua kata dengan menggunakan huruf besar, karena membuat Anda seolah-olah berteriak!
5. Jangan mengirim pesan pribadi kepada pengguna lain tanpa bertanya terlebih dahulu.
6. Taati aturan yang dibuat oleh mereka yang menjalankan obrolan.
7. Jangan pernah memberikan informasi pribadi apapun, seperti nomor telepon, alamat rumah dll kepada orang yang belum anda kenal.
8. Hati-hati berjanji untuk bertemu dengan seseorang yang tidak anda kenal
9. Ketika sedang chatting di forum, jangan menggunakan kata-kata yang tidak senonoh (tidak sopan), karena hal ini membuat anda akan keluarkan oleh admin channel tersebut sehingga anda tidak bergabung lagi.

Nah itulah Pengertian Chatting dan Etikanya, semoga bermanfaat! Terimakasih sudah berkunjung.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Chatting dan Etikanya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar