Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kamis, 17 Agustus 2017

Pengertian HUB dan Fungsi serta Jenisnya

Pengertian HUB dan Fungsi serta Jenisnya - Apa itu Hub? Hub dapat merujuk ke salah satu dari perangkat jaringan komputer dan Hub secara umum.

Jika kita membahas perangkat jaringan komputer, maka pengertian Hub adalah perangkat jaringan paling dasar yang mengbubungkan beberapa komputer atau perangkat jaringan lainnya secara bersamaan.

Berbeda dengan network switch atau router, Hub network tidak memiliki tabel routing atau intelijen di mana untuk mengirim informasi dan menyiarkan semua data jaringan di setiap koneksi.

Artikel yang berkaitan:

Pengertian Router dan Fungsinya serta Jenisnya
Pengertian Switch dan Fungsinya beserta Jenisnya
Perangkat Jaringan Komputer beserta Fungsi dan Gambarnya

Hub dapat berguna untuk menggantikan switch jaringan yang rusak.

Sebagian besar Hub dapat mendeteksi kesalahan jaringan dasar seperti tabrakan, namun semua informasi yang disiarkan ke beberapa port dapat menjadi risiko keamanan dan menyebabkan kemacetan.

Dulu, Hub network sangat populer karena harganya lebih murah jika dibandingkan dengan switch atau router.

Pengertian Hub secara umum
Hub adalah perangkat keras komputer yang memungkinkan beberapa perangkat atau koneksi diHubungkan ke komputer.

Contohnya adalah Hub USB yang memungkinkan beberapa perangkat USB dihubungkan ke satu komputer, meskipun komputer itu mungkin hanya memiliki beberapa koneksi USB. 

Pengertian HUB dan Fungsi serta Jenisnya
Hub USB

Menurut Wikipedia, pengertian Hub (pusatan Ethernet) adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat-perangkat dengan kabel Ethernet atau kabel serat optik agar bersikap sebagai network segment.

Hub bekerja pada lapisan 1 dalam acuan OSI (OSI model). Hub digunakan untuk mengalirhantarkan data dari client.

Hub berfungsi sebagai central connection point untuk jaringan LAN (Local Area Network).

Baca juga: Macam-macam Jaringan Komputer

Hub dirancang untuk bekerja dengan kabel Twisted pair dan biasanya menggunakan jack RJ45 untuk mengHubungkan perangkat.

Perangkat jaringan seperti Server, Workstation, Printers, Scanners dll terpasang kepada Hub oleh kabel jaringan individu.

Hub tersedia dalam berbagai bentuk dan jumlah port yang berbeda. Sampai awal 2000an, Hub Ethernet banyak digunakan untuk jaringan rumah karena kesederhanaan dan biaya rendah.

Selain Ethernet, beberapa jenis Hub jaringan juga ada yang termasuk Hub USB.

Karakteristik dari Hub Ethernet
Hub adalah kotak persegi panjang yang sering terbuat dari plastik yang menerima daya dari stopkontak biasa.

Hub terhubung dengan beberapa komputer atau perangkat jaringan lainnya bersama-sama membentuk satu segmen jaringan. Pada segmen jaringan ini, semua komputer dapat berkomunikasi secara langsung satu sama lain.

Dalam masalah kecepatan, Hub Ethernet memiliki kecepatan yang bervariasi. Hub Ethernet biasanya hanya menawarkan kecepatan sampai 10 Mbps .

Jenis Hub versi terbaru menambahkan dukungan kecepatan sampai 100 Mbps dan biasanya menawarkan kemampuan 10 Mbps dan 100 Mbps (disebut dual speed atau 10/100 Hub).

Terlepas dari itu, jumlah port yang didukung oleh Hub Ethernet juga bervariasi. Hub Ethernet ada yang memiliki empat pot dan lima port paling umum di jaringan rumah.

Namun Hub jika anda mencari Hub dengan port 8 dan 16, Hub ini dapat anda temukan di beberapa jaringan rumah atau kantor kecil.

Ukuran Hub Ethernet yang lama cenderung lebih besar, sedangakan perangkat Hub modern jauh lebih kecil, dirancang untuk mobilitas, dan tak bersuara.


Jenis Jenis Hub
Berdasarkan metode kerjanya, Hub dapat dibagi menjadi tiga jenis, diberikan sebagai:

a. Hub Aktif
Seperti namanya, Hub aktif adalah Hub yang dapat memperkuat atau meregenerasi sinyal informasi. Bus jenis ini memiliki banyak keuntungan karena mampu memperkuat sinyal masuk dan juga meneruskannya ke beberapa perangkat. Bus ini juga dikenal dengan Multiport Repeater

b. Hub Pasif
Passive Hub berfungsi seperti Bridge. Hub Pasif ini digunakan hanya untuk membuat koneksi antara berbagai perangkat. Jenis Hub ini tidak memiliki kemampuan untuk memperkuat atau meregenerasi sinyal masuk. Namun hanya menerima sinyal dan kemudian meneruskannya ke beberapa perangkat.

b. Intelligent Hub
Jenis Hub Ini adalah jenis ketiga Bus. Kehebatan Hub jenis ini dapat melakukan tugas bus Aktif dan Pasif. Selain itu, Hub jenis ini juga dapat melakukan beberapa tugas lain seperti tugas Bridge dan Router.

Kelebihan lainnya adalah mampu meningkatkan kecepatan dan efektivitas jaringan total sehingga membuat kinerja keseluruhan jaringan cepat dan efisien.

Cara Kerja Hub Ethernet
Dalam urusan jaringan, sekelompok komputer yang menggunakan Hub Ethernet. Pertama-tama Hubungkan kabel Ethernet ke unit, lalu menghubungkan ujung kabel lainnya ke masing-masing jaringan komputer (NIC).

Semua Hub Ethernet menerima konektor RJ-45 dari kabel Ethernet standar.

Untuk memperluas jaringan, Hub Ethernet juga dapat dihubungkan satu sama lain, ke switch atau ke router .

Hub dapat berguna untuk sementara mengganti switch jaringan yang rusak.

Nah itulah Pengertian HUB dan Fungsi serta Jenisnya semoga bermanfaat! Jika ada pertanyaan, silahkan berkomentar.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian HUB dan Fungsi serta Jenisnya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar