Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Jumat, 04 Agustus 2017

Pengertian MAC Address dan Fungsinya

Pengertian MAC Address dan Fungsinya - Apa itu MAC Address? MAC Address adalah singkatan dari “Media Access Control”, yang merupakan sebuah identifikasi unik yang dimiliki oleh setiap kartu jaringan komputer, switch, router, access point, atau apa saja perangkat  yang dapat dihubungkan ke jaringan ethernet.

Jika sebuah perangkat komputer memiliki dua buah kartu jaringan, maka komputer tersebut akan  memiliki dua buah MAC Address. Tanpa kita sadari, notebook yang anda gunakan rata-rata memiliki dua buah kartu jaringan, yaitu network card wired (RJ-45), dan network card wireless (802.11b).
Kartu jaringan adalah salahsatu perangkat jaringan komputer yang harus tertanam dalam komputer Anda. Karena komputer dapat saling berkomunikasi dengan perangkat yang satu ini. Kartu jaringan bisa anda beli secara terpisah.

Untuk lebih jelasnya, silahkan pelajari Perangkat Jaringan Komputer beserta Fungsi dan Gambarnya!

Cara Kerja MAC Address
MAC Address mengizinkan perangkat-perangkat dalam jaringan supaya bisa berkomunikasi antara satu dengan perangkat lainnya. Kita ambil contoh, dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, setiap header dalam frame Ethernet mengandung informasi mengenai MAC address dari komputer sumber (source) dan MAC address dari komputer tujuan (destination).

Beberapa perangkat, seperti bridge dan switch Layer-2 akan melihat pada informasi MAC address dari komputer sumber (Source) dari setiap frame yang ia terima selanjutnya menggunakan informasi MAC address tersebut untuk membuat "tabel routing" internal secara dinamis.

Perangkat-perangkat tersebut juga kemudian menggunakan tabel yang baru dibuat tersebut untuk meneruskan frame yang ia terima ke sebuah port atau segmen jaringan tertentu di mana komputer atau node yang memiliki MAC address tujuan berada.

Pengalamatan MAC Address

Dalam perangkat komputer, MAC address ditetapkan ke satu buah kartu jaringan (network interface card/NIC) yang digunakan untuk menghubungkan komputer tersebut ke jaringan. MAC Address biasanya tidak dapat diubah karena telah dimasukkan ke dalam ROM.

Namun, ada juga kartu jaringan menyediakan utilitas yang mengizinkan anda untuk mengganti MAC address, meskipun mengganti MAC Address kurang disarankan. Apabila dalam sebuah jaringan terdapat dua nertwork card yang memiliki MAC address yang sama, ini akan mengakibatkan terjadinya konflik alamat, sehingga komputer tidak dapat saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya.

Beberapa kartu jaringan, seperti halnya kartu Token Ring mengharuskan pengguna untuk mengatur MAC address (tidak dimasukkan ke dalam ROM), sebelum dapat digunakan.

MAC address memang harus unik (tidak sama dengan yang lain), maka Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) mengalokasikan blok-blok dalam MAC address. 24 bit pertama dari MAC address menunjukan siapa pembuat kartu tersebut, dan 24 bit sisanya menunjukan nomor kartu tersebut. 

Setiap kelompok 24 bit tersebut dapat direpresentasikan dengan menggunakan enam digit bilangan heksadesimal, sehingga jumlah totalnya adalah 12 digit bilangan heksadesimal yang merepresentasikan keseluruhan MAC address.

Cara Mengetahui Mac Address
Bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows, cara yang paling mudah adalah dengan menuliskan “ipconfig /all” dari CMD. Ingat, “/all” nya tidak boleh ketinggalan, karena jika tidak dipakai parameter tersebut, tidak akan kelihatan.

Pengertian MAC Address dan Fungsinya
MAC Address

Di atas dapat dilihat dengan jelas, notebook saya punya 2 (dua) buah Physical Address yaitu untuk Wireless (6C-71-D9-73-6E-7A) dan Wired Ethernet (74-D0-2B-4A-2A-CA).

Komponen MAC Address
6C-71-D9-73-6E-7A
74-D0-2B-4A-2A-CA

Sangat mudah untuk mengetahui MAC address atau Physical Address. Dapat terlihat MAC Address terdiri dari 6 bytes, atau 48 bit (1 byte=8 bit). Seperti yang sudah saya singgung diatas, MAC address ini terdiri dari dua bagian, yaitu 3 byte pertama merupakan OUI (Organizationally Unique Identifier), atau bahasa mudahnya adalah kode unik dari si pembuat kartu jaringan.

Dari kode unik pembuat kartu jaringan, dapat diketahui siapa yang memproduksi kartu jaringan tersebut.

Sebagai contoh, 3 byte pertama dari Ethernet adapter saya adalah 6C-71-D9, maka produsennya adalah AzureWave Technology Inc.. Sedangkan untuk wireless, 3 byte pertamanya adalah 74-D0-2B, merupakan produksi dari ASUSTek COMPUTER INC.
Tabel lengkap tentang kode-kode ini dapat didapatkan di http://standards.ieee.org/regauth/oui/oui.txt.
Nah, itulah Pengertian MAC Address dan Fungsinya semoga bermanfaat! Jika ada pertanyaa, silahkan tulis pada kotak komentar dibawah.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian MAC Address dan Fungsinya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar