Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sabtu, 12 Agustus 2017

Pengertian Power Supply Fungsi, Jenis dan Gambarnya

Pengertian Power Supply Fungsi, Jenis dan Gambarnya - Apa itu Power Supply? Power Supply adalah sebuah perangkat keras elektronik yang digunakan sebagai sumber daya untuk perangkat komputer lainnya, terutama daya listrik.

Pada dasarnya Power Supply bukanlah sebuah perangkat yang menghasilkan energi listrik saja, namun ada beberapa Power Supply yang menghasilkan energi mekanik, dan energi lainnya.

Power Supply Listrik
Secara garis besar, Power Supply jenis ini dibagi menjadi dua macam, yaitu Unregulated Power Supply dan Regulated Power Supply.


Perbedaan Unregulated Power Supply dan Regulated Power Supply

Unregulated Power Supply adalah jenis Power Supply yang paling sederhana. Pada Unregulated Power Supply, tegangan maupun arus keluaran dari Unregulated Power Supply, sehingga berubah-ubah sesuai keadaan tegangan masukan dan beban pada keluaran.

Power Supply jenis ini umumnya digunakan pada perangkat elektronik sederhana yang tidak sensitif terhadap perubahan tegangan. Power Supply jenis ini juga sering digunakan pada penguat daya tinggi untuk mengkompensasi lonjakan tegangan keluaran pada penguat.

Regulated Power Supply adalah Power Supply yang menggunakan suatu mekanisme loloh balik untuk menstabilkan tegangan keluarannya, bebas dari variasi tegangan masukan, beban keluaran, maupun dengung.

Ada dua jenis kalang yang digunakan untuk menstabilkan tegangan keluaran, antara lain:

Pengertian Power Supply Linier dan Power Supply Sakelar
Power Supply linier adalah jenis Power Supply yang sering digunakan. Cara kerja dari Power Supply linier adalah mengubah tegangan AC menjadi tegangan AC lain yang lebih kecil dengan bantuan Transformator.

Tegangan tersebut selanjutnya disearahkan dengan menggunakan rangkaian penyearah arus listrik, dan di bagian akhir ditambahkan kondensator sebagai penghalus tegangan sehingga arus listrik DC yang dihasilkan oleh Power Supply jenis ini tidak terlalu bergelombang.

Selain menggunakan diode sebagai penyearah, rangkaian lain dari jenis ini dapat menggunakan regulator tegangan linier sehingga tegangan yang dihasilkan lebih baik daripada rangkaian yang menggunakan diode.

Power Supply linier umumnya mampu menghasilkan arus listrik DC yang bervariasi antara 0 - 60 Volt dengan arus antara 0 - 10 Ampere.

Power Supply Sakelar
Power Supply Sakelar adalah jenis Power Supply yang menggunakan metode yang berbeda dengan Power Supply linier. Pada Power Supply sakelar, arus listrik AC yang masuk ke dalam rangkaian langsung disearahkan oleh rangkaian penyearah tanpa menggunakan bantuan transformer.

Cara menyearahkan arus listrik tersebut adalah dengan menggunakan frekuensi tinggi antara 10KHz sampai 1 MHz, dimana frekuensi ini jauh lebih tinggi daripada frekuensi AC sekitar 50 Hz.

Power Supply Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya, Catu daya atau Power Supply dapat di bedakan menjadi tiga, yaitu Regulated Power Supply, Unregulated Power Supply dan Adjustable Power Supply.

a. Regulated Power Supply
Regulated Power Supply adalah Power Supply yang mampu menjaga kestabilan tegangan dan arus listrik meskipun ada perubahaan atau variasi pada beban atau sumber listrik (Tegangan dan Arus Input).

b. Unregulated Power Supply

Unregulated Power Supply merupakan Power Supply tegangannya akan berubah pada saat beban berubah atau sumber listriknya mengalami perubahan.

c. Adjustable Power Supply
Adjustable Power Supply merupakan Power Supply yang tegangannya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan menggunakan Knob Mekanik. Ada dua jenis Adjustable Power Supply yaitu Regulated Adjustable Power Supply dan Unregulated Adjustable Power Supply.

Jenis-jenis Power Supply

Power Supply dapat di bedakan menjadi enam jenis, diantaranya adalah DC Power Supply, AC Power Supply, Switch Mode Power Supply, Programmable Power Supply, Uninterruptible Power Supply, High Voltage Power Supply.

Dibawah ini adalah penjelasan singkat mengenai 6 jenis Power Supply.

1. DC Power Supply
Pengertian Power Supply Fungsi, Jenis dan Gambarnya
Pengertian Power Supply Fungsi, Jenis dan Gambarnya

DC Power Supply adalah jenis Power Supply yang menyediakan arus listrik dalam bentuk DC (Direct Current) dan memiliki Polaritas yang tetap yaitu Positif dan Negatif untuk bebannya. Ada dua macam jenis dari Power Supply jenis ini, yaitu:

a. AC to DC Power Supply
AC to DC Power Supply, yaitu jenis Power Supply yang mampu mengubah sumber tegangan listrik AC menjadi tegangan DC yang dibutuhkan oleh peralatan Elektronika. AC to DC Power Supply dilengkapi dengan Transformator untuk menurunkan tegangan, Dioda sebagai Penyearah dan Kapasitor sebagai Penyaring (Filter).

b. Linear Regulator
Linear Regulator berfungsi untuk mengubah tegangan DC yang berfluktuasi menjadi konstan (stabil) dan umumya menurunkan tegangan DC Input.

2. AC Power Supply
Pengertian Power Supply Fungsi, Jenis dan Gambarnya
Pengertian Power Supply Fungsi, Jenis dan Gambarnya

AC Power Supply adalah jenis Power Supply yang mengubah suatu taraf tegangan AC ke taraf tegangan lainnya. Contohnya AC Power Supply yang menurunkan tegangan AC 220V ke 110V untuk peralatan yang membutuhkan tegangan 110VAC. Atau sebaliknya.

3. Switch-Mode Power Supply (SMPS)
Pengertian Power Supply Fungsi, Jenis dan Gambarnya
Pengertian Power Supply Fungsi, Jenis dan Gambarnya

Switch-Mode Power Supply (disingkat: SMPS) adalah jenis Power Supply yang langsung menyearahkan (rectify) dan menyaring (filter) tegangan Input AC untuk mendapatkan arus listrik DC. Arus listrik DC tersebut kemudian di-switch ON dan OFF pada frekuensi tinggi dengan sirkuit frekuensi tinggi sehingga menghasilkan arus AC yang dapat melewati Transformator Frekuensi Tinggi.

4. Programmable Power Supply
Pengertian Power Supply Fungsi, Jenis dan Gambarnya
Pengertian Power Supply Fungsi, Jenis dan Gambarnya

Programmable Power Supply adalah jenis Power Supply yang pengoperasiannya dapat dikendalikan oleh  Remote Control melalui interface Input Analog maupun digital seperti RS232 dan GPIB.

5. Uninterruptible Power Supply (UPS)
Pengertian Power Supply Fungsi, Jenis dan Gambarnya
Pengertian Power Supply Fungsi, Jenis dan Gambarnya

Uninterruptible Power Supply (disingkat UPS) adalah jenis Power Supply yang memiliki dua sumber listrik yaitu arus listrik yang langsung berasal dari tegangan input AC dan Baterai yang terdapat didalamnya.

Pada saat listrik normal, tegangan Input akan secara simultan mengisi Baterai dan menyediakan arus listrik untuk beban (peralatan listrik). Namun apabila terjadi kegagalan pada sumber tegangan AC seperti matinya listrik, maka Baterai akan mengambil alih untuk menyediakan Tegangan untuk elektronika yang bersangkutan.

6. High Voltage Power Supply
Pengertian Power Supply Fungsi, Jenis dan Gambarnya
Pengertian Power Supply Fungsi, Jenis dan Gambarnya

High Voltage Power Supply adalah jenis Power Supply yang mampu menghasilkan tegangan tinggi hingga ratusan bahkan ribuan volt. High Voltage Power Supply umumnya digunakan pada mesin X-ray ataupun alat-alat yang memerlukan tegangan tinggi.

Demikian artikel singkat tentang Pengertian Power Supply Fungsi, Jenis dan Gambarnya, terimakasih sudah membaca dan berkunjung.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Power Supply Fungsi, Jenis dan Gambarnya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar