Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sabtu, 05 Agustus 2017

Pengertian Switch dan Fungsinya beserta Jenisnya

Pengertian Switch dan Fungsinya beserta Jenisnya - Apa itu Switch? Switch adalah salahsatu dari sekian banyak perangkat yang sering digunakan untuk jaringan komputer. Switch atau Pengalih jaringan adalah sebuah alat jaringan yang melakukan segmentasi atau penjembatan pada banyak jaringan dengan pengalihan berdasarkan alamat MAC atau MAC Address.

Baca juga: Pengertian MAC Address dan Fungsinya

Lebih jelasnya pengertian Switch adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai konektor / penghubung.

Fungsi Switch

Dilihat dari fungsinya, Switch memiliki fungsi seperti Hub. Namun perbedaan yang paling menonjol adalah dari besaran luas jaringan yang dapat dikerjakan dan besaran kecepatan transfer data.

Switch memiliki cakupan luas jaringan yang lebih besar dari Hub, selain itu Switch juga memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding dengan Hub. Switch telah dikembangkan untuk dapat melakukan fungsinya dengan kecepatan lebih dari 100 Mbps. Bahkan ada juga Switch yang memiliki kecepatan 1Gbps.

Sementara Hub sampai saat ini memiliki kecepatan transfer data hanya sampai 100 Mbps.

Baca juga: Pengertian Hub dan Fungsi serta Jenisnya

Pengertian Switch dan Fungsinya beserta Jenisnya
Pengertian Switch dan Fungsinya beserta Jenisnya

 

Kegunaan Switch

Switch jaringan bisa anda gunakan untuk menghubungkan komputer atau router pada satu area yang terbatas. Switch juga sebenarnya dapat bekerja pada lapisan taut data (data link). Cara kerja Switch hampir sama seperti Bridge. Namun, perbedaanya adalah Switch  memiliki sejumlah port yang dengan nya sehingga Switch sering dinamakan multi-port bridge.

Jenis Jenis Switch

Ada banyak jenis Switch yang bisa anda lihat dan beli di pasaran, baik Switch yang bekerja di Layer 2 lapisan OSI atau Layer 3 pada lapisan OSI. Dibawah ini adalah jenis-jenis Switch yang dapat anda temukan di pasaran.

- ATM Switch
ATM Switch atau Asynchronous Transfer Mode adalah mode transfer yang disusun dalam bentuk sel-sel. Maksud dari asinkronus adalah pengulangan sel yang mengandung informasi dari pengguna tidak perlu periodik.

- ISDN Switch
ISDN adalah Integrated Services Digital Network, ISDN adalah salah satu dari jenis Switch yang dikenal  dengan istilah Frame relay Switch over ISDN.  Biasanya Switch jenis ini terdapat pada Service Provider bekerja seperti halnya Switch, namun memiliki perbedaan yaitu interface yang digunakan berupa ISDN card atau ISDN router.

Apa itu Router? 
Baca juga: Pengertian Router dan Fungsinya

- DSLAM Switch
A Digital Subscriber Line Access Multiplexer (DSLAM, dibaca dee-lam) adalah jenis Switch yang memungkinkan telepon garis untuk membuat koneksi cepat ke Internet. Switch ini terletak di bursa telepon dari penyedia layanan yang menghubungkan beberapa pelanggan Digital Subscriber Lines (DSLs) dengan kecepatan tinggi backbone Internet line menggunakan teknik multiplexing.

- Ethernet Switch
Sebuah Switch Ethernet adalah perangkat interkoneksi jaringan lokal yang beroperasi pada lapisan data-link (lapisan 2) dari model referensi OSI. Saklar pada dasarnya mirip dengan jembatan, tetapi biasanya mendukung jumlah yang lebih besar dari segmen LAN terhubung dan memiliki kemampuan manajemen yang lebih kaya.

Switch LAN dapat menghubungkan empat, enam, sepuluh atau lebih jaringan bersama-sama. Switch store-and-forward, di sisi lain, menerima dan menganalisa keseluruhan paket sebelum meneruskannya ke tempat tujuannya.

Nah itu Pengertian Switch dan Fungsinya beserta Jenisnya yang bisa saya susun dalam postingan ini. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca sampai selesai.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Switch dan Fungsinya beserta Jenisnya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar