Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Jumat, 29 September 2017

10 Macam Perangkat Output Komputer dan Fungsinya

10 Macam Perangkat Output Komputer dan Fungsinya - Perangkat output komputer, output device atau perangkat keluaran adalah peralatan elektronik yang terhubung dengan komputer dan digunakan untuk mentransfer data dari komputer baik dalam bentuk teks, gambar, suara, ataupun media lainnya.

Atau pengertian perangkat output komputer adalah bagian dari perangkat keras komputer yang memanfaatkan data dan perintah apa pun dari komputer untuk melakukan tugas tertentu.

Nah, setelah kita membahas 17 perangkat input dan fungsinya, maka pada artikel ini saya akan mencoba merangkum 10 macam perangkat output komputer dan fungsinya beserta gambarnya. Oleh karena itu, simak baik-baik artikel ini sampai selesai.


10 Macam Perangkat Output Komputer dan Fungsinya beserta Contohnya

1. Printer
10 Macam Perangkat Output Komputer dan Fungsinya
Printer Epson XP-330

Printer adalah perangkat keras komputer yang termasuk ke dalam perangkat output komputer (output device). Fungsi printer adalah mengambil data elektronik yang tersimpan dalam komputer atau perangkat lain dan menghasilkan salinan data tersebut.

Printer juga termasuk salah satu perangkat keras komputer yang paling sering di gunakan dan biasanya digunakan untuk mencetak teks dan foto.

Baca juga: 27 Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya serta Gambarnya

Contoh;
Apabila Anda membuat dokumen di komputer, Anda bisa mencetak document tersebut dengan beberapa salinan.

Printer memiliki beberapa tipe atau jenis, namun pada artikel ini saya tidak akan menjelaskan secara rinci dari jenis printer tersebut; Intinya yang harus Anda ketahui adalah printer yang paling umum digunakan dengan komputer adalah printer Inkjet dan Laser.

2. Proyektor
Perangkat Output Komputer dan Fungsinya
Proyektor

Proyektor adalah perangkat output komputer yang berfungsi mengambil gambar yang dihasilkan oleh komputer atau pemutar Blu-ray dan gambar tersebut ditampilkan pada layar, dinding, atau permukaan datar lainnya.

Biasanya, permukaan yang diproyeksikan berukuran besar, rata, dan berwarna putih.
Proyektor bisa Anda gunakan untuk menampilkan presentasi video pada layar besar sehingga semua orang yang ada ruangan bisa melihatnya.

Proyektor dapat menghasilkan gambar diam (slide) atau gambar bergerak (video).

3. Headphone
Output Device Komputer dan Fungsinya
Headphone

headphone atau earphone adalah perangkat output komputer yang bisa dihubungkan pada komputer speaker untuk mendengarkan audio secara pribadi tanpa mengganggu orang lain.

Gambar di bawah ini merupakan contoh headset USB dari Logitech yang juga menyertakan mikrofon ( perangkat input ).

4. Headset
Output Device
Headset

Headset adalah output device yang terhubung pada komputer atau telpon genggam. Dengan perangkat ini, Anda dapat berbicara dengan teman Anda tanpa harus memegang komputer dan telpon genggam.

Headset biasanya digunakan oleh pusat dukungan teknis dan pusat layanan pelanggan dan memungkinkan karyawan tersebut berbicara kepada pelanggan sambil mengetik informasi pada komputer.

5. Plotter
Perangkat Keluaran
Plotter

Plotter adalah perangkat output komputer yang fungsinya hampir sama dengan printer yaitu untuk mencetak grafik vektor. Plotter menggunakan pena, pensil, spidol, atau alat tulis lain untuk menggambar banyak garis ke atas kertas daripada serangkaian titik seperti printer tradisional. Meskipun begitu plotter banyak digunakan untuk desain berbantuan komputer.

6. Flat Panel Display
Output device
FPD

Flat Panel Display disingkat FPD adalah output device yang berupa tampilan layar tipis yang ditemukan pada semua jenis laptop. FPD merupakan stAndar baru untuk komputer desktop. Tidak seperti monitor CRT, FPD menggunakan teknologi liquid-crystal display atau LCD sehingga membuat monitot FPD menjadi lebih ringan dan tipis.

7. Sound Card
Perangkat Output dan Fungsinya
Sound Card

Kartu suara adalah kartu ekspansi atau IC yang berfungsi untuk menghasilkan suara dari komputer sehingga dapat didengar melalui speaker atau headphone. Meskipun komputer tidak selalu membutuhkan perangkat ini, namun kartu suara selalu disertakan pada setiap mesin dalam satu bentuk atau bentuk lainnya, baik dalam slot ekspansi atau terpasang pada motherboard ( onboard ).

8. Speaker
Perangkat Output Komputer
Speaker

Speaker komputer adalah perangkat keluaran yang terhubung pada komputer yang berfungsi menghasilkan suara. Sinyal yang digunakan untuk menghasilkan suara yang berasal dari speaker komputer dibuat oleh kartu suara komputer.

9. VGA
Video Graphic Array

VGA, adaptor display atau kartu grafis adalah papan IC atau internal yang dapat membuat gambar pada layar monitor. Tanpa VGA, Anda tidak akan dapat melihat dan membaca artikel ini.

10. Monitor
Macam Perangkat Output pada Komputer
Monitor CRT

Monitor adalah perangkat output komputer yang menampilkan gambar, teks dan video. Monitor terdiri dari sirkuit, catu daya, tombol untuk menyesuaikan pengaturan layar, dan casing yang menampung semua komponen tersebut.

Seperti kebanyakan TV pada umumnya, monitor komputer pertama terbuat dari CRT (Cathode Ray Tube) dan layar neon. Saat ini, semua monitor dibuat menggunakan teknologi FDP atau LCD.

Baca lebih lengkap: Pengertian monitor dan fungsinya beserta gambarnya

Nah itulah 10 Macam perangkat output komputer dan Fungsinya serta Gambarnya. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini sampai selesai. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya. :D
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Macam Perangkat Output Komputer dan Fungsinya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar