Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Selasa, 26 September 2017

17 Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot 100% Work

17 Cara Mengatasi Laptop Lemot – Laptop lemot adalah hal yang paling membosankan, apalagi Anda di tuntut untuk terus melakukan aktivitas dengan menggunakan laptop. Jelas hal ini akan sangat mengganggu Anda.

Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan memberikan tips paling ampuh mengatasi laptop lemot. Namun, sebelum menginjak pada nomor 1, saya ingat kan jangan lupa like dan share artikel ini kepada teman Anda.

Pada artikel ini akan saya jelaskan secara GAMBLANG cara mengatasi laptop lemot secara keseluruhan, maksudnya cara ini bisa Anda lakukan ketika laptop Anda lemot pada saat booting, lemot pada saat internetan atau browsing, dan lemot ketika menjalankan beberapa aplikasi. Dan cara ini juga bisa anda praktekan pada windows XP, 7, 8 dan 10.

Catatan; Sebelum Anda mengikuti langkah-langkah ini. Silahkan Reboot dulu laptop Anda.

17 Cara Mengatasi Laptop Lemot


1. Nonaktifkan Program Latar Belakang
Salah satu penyebab laptop lemot adalah banyak nya program atau aplikasi yang berjalan di latar belakang. Oleh karena itu, Anda harus menghapusnya atau menonaktifkannya.

Aplikasi ini sering diluncurkan pada saat startup dan aplikasi tersebut akan tetap berjalan di latar belakang dan tersembunyi di balik ikon panah di sudut kanan bawah layar laptop Anda.

Cara menonaktifkan latar belakang adalah sebagai berikut;
Klik ikon panah tersebut, klik kanan aplikasi yang tidak Anda butuhkan dan tutup untuk membebaskan sumber daya.
Cara Mengatasi Laptop Lemot windows
Nonaktikan latar belakang


2. Nonaktifkan Program Startup
Untuk menghemat memori dan siklus CPU, saya anjurkan Anda untuk menonaktifkan beberapa program atau aplikasi yang diluncurkan pada saat StartUp.

Caranya adalah sebagai berikut;
Buka task manager dengan menekan tombol kombinasi Ctrl + Shift + Escape dan pilih Task Manager.
atau Klik kanan pada taskbar dan pilih "Task Manager" (windows 8),
atau dengan cara menekan Alt + Ctrl + Del, lalu pilih Task Manager.

Berikut adalah tampilan jendela Task Manager (Perhatikan baik-baik)

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windos 7
Menonaktifkan Program di StartUp

Sekarang, Klik pada tab Startup dan nonaktifkan aplikasi startup yang tidak Anda butuhkan. Windows akan membantu memberi tahu Anda aplikasi mana yang memperlambat proses startup paling banyak.

3. Hapus file temp
Sebagai laptop yang menjalankan banyak program dan file sementara disimpan pada hard drive. Menghapus file temp tersebut dapat membantu mengatasi laptop lemot.

Pertama, sebaiknya Anda gunakan utilitas Pembersihan Disk Windows untuk menghapus file sementara dan file lain yang tidak diperlukan lagi di laptop.

Anda bisa menggunakan utilitas CCleaner untuk menghapus file sementara.
Silahkan download CCleaner di sini.

Anda juga bisa menggunakan Disk Cleanup, namun sayang nya program tersebut tidak menghapus setiap file dalam direktori temp.

Oleh karena itu, saya sarankan Anda untuk menghapus file-file sementara secara manual.

Caranya adalah;
Buka Start Menu dan ketik %temp% pada kolom Pencarian.
Pada Windows XP dan versi sebelumnya, klik opsi Run di Start Menu dan masukkan %temp% di kolom Run.

Selanjutnya Tekan Enter dan folder Temp akan terbuka.

Sampai tahap ini Anda dapat menghapus semua file yang ditemukan di folder ini jika ada file yang sedang digunakan dan tidak dapat dihapus, file tersebut dapat dilewati.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windos 10
Hapus file temp

4. Kurangi Animasi
Windows menggunakan beberapa animasi, dan animasi tersebut bisa membuat laptop Anda menjadi lemot.
Untuk menonaktifkan animasi, ikuti langkah-langkah di bawah ini;

a. Tekan Windows Key + X dan pilih system. Atau klik kanan tombolpada Start Menu dan pilih "System."
b. Klik "Advanced" dan klik tombol "Settings".
c. Untuk menonaktifkan semua animasi, Anda bisa memilih "Adjust for best performance". Atau Anda bisa memilih "Custom" untuk menonaktifkan animasi yang tidak ingin Anda lihat.

Cara mudah Mengatasi Laptop lemot pada windows
Kurangi Animasi


5. Temukan program yang memakan banyak memoriAda beberapa program atau aplikasi yang menggunakan memori dalam jumlah besar, ini lah salah satu penyebab kenapa laptop Anda lemot.

Untuk mengetahui aplikasi mana yang menyebabkan laptop Anda lemot, Anda bisa mengecek nya pada Task Manager.

Setelah Task manager tampil, Klik tab "CPU," "Memory," dan "Disk" untuk mengurutkan daftar oleh aplikasi yang menggunakan sumber daya paling banyak.

Jika ada aplikasi yang menggunakan terlalu banyak sumber daya, Anda harus menutupnya dengan meng klik "End Task".

Cara Mudah mengatasi laptop lemot pada windows
Matikan Program yang memakan banyak memori

6. Bebaskan Ruang harddisk
Pastikan setidaknya Anda memiliki 200-500MB ruang hard drive bebas. Ruang yang tersedia ini memungkinkan laptop memiliki ruang untuk file swap agar bertambah, dan juga ruang untuk file sementara.

Jika hard drive Anda hampir penuh, maka saya jamin laptop Anda akan lemot. Cara yang paling ampuh untuk membebaskan ruang hard disk bisa Anda baca pada artikel “5 Cara membebaskan Ruang Hard Disk

7. Scan malware
Saat ini, spyware dan malware adalah penyebab besar dari masalah laptop, termasuk laptop lemot. Bahkan jika pemindai antivirus dipasang di laptop, sebaiknya Anda juga melakukan scan perangkat lunak yang merusak. Gunakan Malwarebytes versi gratis untuk memindai laptop Anda dari malware.

Download aplikasinya di sini.

8. Scan virus
Lagi lagi virus, virus adalah penyebab utama laptop lemot. Jika laptop Anda tidak mempunyai antivirus, Anda dapat menggunakan utilitas online Housecall Trend Micro untuk memindai dan menghapus virus di laptop Anda.

Kunjungi situsnya di sini.

9. Perbarui Windows
Pastikan Anda memiliki semua pembaruan Windows terbaru yang diinstal pada laptop .
Jika Anda sedang mengakses Internet, pastikan semua plugin browser sudah diperbarui. Namun Anda juga bisa menonaktifkan plugin browser untuk mengatasi laptop lemot.

10. Perbarui driver Anda
Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah dengan memperbarui driver untuk perangkat keras laptop Anda, terutama driver video. Jika Anda tidak memperbaruinya maka jangan heran apabila hal tersebut dapat menyebabkan berbagai macam masalah, termasuk laptop lemot!

Caranya bisa anda baca di "Cara Update Driver Windows 7 8 dan 10"

11. Uninstall Program yang Tidak Anda Gunakan
Salah satu penyebab laptop lemot adalah banyak nya program yang terinstal. Anda harus menghapus beberapa aplikasi yang tidak Anda butuhkan.

Hal ini dapat mengatasi laptop lemot, karena program tersebut mencakup proses latar belakang, entri autostart, layanan sistem, entri menu konteks, dan hal-hal lain yang dapat memperlambat laptop Anda.

Dan ini juga akan menghemat ruang pada hard drive Anda dan meningkatkan keamanan sistem.

Caranya adalah sebagai berikut;

Buka Control Panel, klik uninstall a program. Selanjutnya cari lalu uninstall program yang tidak Anda butuhkan.

Cara Mengatasi Laptop Lemot
Uninstal Program yang tidak di gunakan

12. Upgrade memori
Saya sangat menyarankan Anda memiliki memori minimal 1 GB (RAM) untuk sistem 32-bit dan 2 GB untuk sistem 64-bit.

Untuk mengetahui kapasitas hard disk dan RAM yang Anda miliki, silahkan baca artikel yang berjudul "Cara Melihat Kapasitas Hard Disk dan RAM"

13. Defragment Hard Disk Anda
Defragmenting pada hard disk sebenarnya tidak perlu dilakukan pada versi Windows modern. Terlebih Anda menggunakan hard drive SSD (Solid-state drive)

Namun, jika Anda memiliki hard drive mekanis dan Anda baru saja memasukkan banyak file ke dalam hard disk maka saya sarankan Anda mendefrag hard disk laptop Anda.

Untuk membersihkan file di hard drive Anda:
a. Pilih Start → Control Panel → System and Security.
Klik pada Administrative Tools
Klik Defragment and Optimize Drives
Kotak dialog Disk Defragmenter muncul.

b. Klik tombol Analyze Disk.
Langkah ini akan memeriksa apakah disk laptop amda memerlukan defragmenting.
Jika Drive dengan fragmentasi 10 %  atau lebih harus di defragmentasi.
Setelah analisis selesai, dan fragmentasi lebih dari 10%, maka anda harus men-defrag hardisk dengan klik tombol Defragment Disk.


14. Upgrade hard disk
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah meng-Upgrade dari hard disk ke Solid State Drive ( SSD ). Karena ini secara signifikan dapat meningkatkan kinerja laptop.

15. Dinginkan laptop Anda
Pastikan laptop dan prosesor Anda tidak terlalu panas. Panas yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan kinerja laptop yang signifikan karena sebagian besar prosesor secara otomatis mengurangi kecepatan prosesor untuk membantu mengkompensasi masalah yang berhubungan dengan panas.

Selain itu, debu dan kotoran juga bisa mempersempit aliran udara pada laptop Anda, alhasil ini akan menyebabkan laptop menjadi sangat panas.

Yang perlu Anda lakukan adalah, membersihkan laptop dari debu dan kotoran. Dan simpan laptop pada permukaan rata ketika sedang di gunakan.

16. Masalah perangkat keras
Jika laptop Anda masil lemot setelah mencoba semua cara di atas, mungkin ada masalah yang serius pada perangkat keras, seperti hard drive yang gagal atau buruk, CPU, RAM, motherboard, atau komponen lainnya.

Yang harus Anda lakukan adalah melakukan test diagnostik perangkat keras menggunakan aplikasi Ultimate Boot CD (UBCD). Utilitas ini menyediakan banyak tes diagnostik yang dapat Anda jalankan dan menentukan apakah laptop Anda memiliki perangkat keras yang buruk.

17. Instal Ulang Laptop Anda
Terakhir ! Jika tips di atas tidak dapat mengatasi laptop lemot, cara yang paling ampuh adalah meng-install ulang laptop Anda.

Cara menginstal ulang laptop akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Oke, itulah 17 cara mengatasi laptop lemot. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan dan malu untuk bertanya. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 17 Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot 100% Work

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar