Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sabtu, 16 September 2017

5 Cara Ampuh Membebaskan Ruang Hard Disk

5 Cara Ampuh Membebaskan Ruang Hard Disk -  Hard Disk adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data pada komputer Anda. Semakin lama komputer anda digunakan, maka hard disk akan semakin penuh. Terlebih lagi jika anda menggunakan hard disk SSD yang memiliki kapasitas kecil.

Nah pada artikel ini saya akan membagikan Cara Ampuh Membebaskan Ruang pada Hard Disk. Sehingga hard disk yang anda miliki terbebas dari file sampah, dan program-program yang tidak penting.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini.
1. Membebaskan Ruang Hard Disk menggunakan Disk Clean Up
Windows menyertakan fitur disk clean up secara otomatis pada komputer anda. Fitur ini dapat anda manfaatkan untuk membebaskan ruang pada hard disk. Dan fitur ini juga mampu menghapus file sementara dan data penting lainnya.

Cara mengaksesnya;
a. Buka Windows Ekplorer
b. Klik kanan salah satu hard drive (partisi) dan pilih Properties.

5 Cara Ampuh Membebaskan Ruang Hard Disk
Klik Properties

c. Pilih jenis file yang ingin Anda hapus dan klik OK. File yang akan di hapus adalah file sementara, file log, file di recycle bin Anda, dan file penting lainnya.

d. Klik tombol Disk Clean Up. Tunggu beberapa saat sampai proses pembersihan berhasil di laksanakan.



2. Uninstall aplikasi yang tidak penting
Mencopot aplikasi akan membebaskan ruang, namun beberapa program menggunakan sedikit ruang.
Caranya adalah;

a. Buka Control panel
b. Klik pada Uninstall a Programs
5 Cara Ampuh Membebaskan Ruang Hard Disk
Klik Uninstall

Anda dapat mengklik kolom Ukuran untuk melihat seberapa banyak ruang yang diinstal setiap program pada komputer Anda.

Anda akan di suguhkan dengan jendela. Dimana pada jendela ini anda akan melihat beberapa program yang terinstal di komputer anda.

Perhatikan juga ukuran dan rincian nya, Namun terkadang beberapa program tidak melaporkan jumlah ukuran.

Jadi perhatikan dan pertimbangkan baik-baik aplikasi atau program yang ingin di hapus.

c. Setelah anda yakin, klik kanan pada program tersebut. Lalu klik Uninstall.

Salah satu software yang dapat membantu anda menghapus program atau aplikasi pada komputer sampai ke akar-akarnya adalah Revo Uninstaller.

Anda bisa mencarinya di Google.

3. Analisis Disk Space
Untuk mengetahui secara pasti program mana yang menggunakan ruang pada hard disk, Anda dapat menggunakan program analisis hard disk. Aplikasi ini dapat memindai hard disk Anda dan menampilkan tepat file serta folder mana yang paling banyak memakan ruang hard disk.

WinDirStat dapat memberi tahu Anda seberapa banyak ruang yang digunakan sebuah program, walaupun Program dan Fitur Panel Kontrol tidak. .

4. Bersihkan File Sementara
Cara yang paling ampuh untuk membebaskan ruang pada hard disk adalah dengan menggunakan Alat Pembersih Disk Windows, alat ini bisa anda manfaatkan. namun kekurangannya adalah alat ini tidak akan menghapus file sementara yang digunakan oleh program lain. seperti cache browser Firefox atau Chrome, yang bisa menggunakan gigabyte ruang hard disk.

Info penting!
Cache browser memang menggunakan ruang hard disk, tapi chache browser dapat menghemat waktu saat anda ingin mengakses situs web di waktu yang akan datang mendatang.

Untuk pembersihan file sementara dan sampah pada hard disk anda, saya sarankan anda menggunakan aplikasi CCleaner yang bisa Anda download di sini.

5 Cara Ampuh Membebaskan Ruang Hard Disk
CCleaner
Kehebatan aplikasi ini yaitu mampu membersihkan file sampah dari berbagai program pihak ketiga dan juga membersihkan file Windows yang tidak akan disembunyikan oleh Disk Cleanup.

5. Menghapus File Duplikat
Jika anda membuka windows ekplorer, saya yakin anda akan menemukan duplikat file yang disimpan di dalam folder yang sama atau dalam folder yang berbeda. Untuk mencari duplikat file. Anda bisa menggunakan aplikasi duplikat-file-finder yang bisa anda download disini.

Nah, sekian dari saya tentang cara membebaskan ruang hard disk. Semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Cara Ampuh Membebaskan Ruang Hard Disk

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar