Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sabtu, 09 September 2017

Pengertian Buku Digital dan Jenis serta Manfaatnya

Pengertian Buku Digital dan Jenis serta Manfaatnya - Salahsatu buku yang paling diminati pada saat ini adalah buku digital atau Ebook. Karena buku digital memiliki nilah dan manfaat lebih dibandingkan dengan buku biasa pada umumnya.

Nah pada artikel ini, kita akan sama-sama mempelajari segala hal tentang buku digital. Adapun pembahasan pokok pada artikel ini meliputi;

a. Pengertian Buku Digital atau Ebook
b. Jenis Jenis Buku Digital (Format Buku Digital)
c. Manfaat Buku Digital
d. Kekurangan dan Kelebihan Buku Digital.

1. Pengertian Buku Digital atau Ebook

Pengertian Buku Digital dan Jenis serta Manfaatnya

 

Buku digital atau buku elekronik atau Ebook adalah versi digital dari buku. Jika buku biasa umumnya terdiri dari tumpukan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku digital juga berisi informasi digital yang juga dapat berbentuk teks ataupun gambar.

Sekarang, buku digital lagi sangat diminati karena ukurannya yang kecil apabila kita dibandingkan dengan buku biasa. Selain itu, buku digital juga memiliki fitur pencarian, sehingga kata-kata yang terdapat dalam buku digital tersebut dapat dengan mudah dan cepat dicari dan ditemukan.

Anda dapat menemukan buku digital di internet. Jika anda adalah seorang pelajar, anda bisa mencari dan mendonwload buku sekolah elekronik atau BSE secara GRATIS.

Setidaknya ada 7 format atau jenis yang tersedia untuk buku digital, diantaranya adalah teks polos, pdf, jpeg, doc lit dan html. Masing-masing dari format tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, dan juga bergantung dari alat yang digunakan untuk membaca buku digital tersebut.

Salah satu pelestarian literatur berbentuk buku yang banyak jumlahnya dan memerlukan biaya perawatan yang mahal adalah dengan melakukan perpindahan dari bentuk buku biasa kepada bentuk buku digital. Dalam hal ini akan banyak ruang dan juga upaya yang dihemat untuk merawat literatur-literatur tersebut.

Perusahaan asal Amerika, Amazon, adalah salah satu perusahaan yang mengembangkan Buku digital, Amazon membuat buku digital semakin terkenal karena dapat dibaca kapan saja di mana saja dengan Kindle, salah satu tablet luncuran mereka.

Buku digital dapat anda buka dengan berbagai aplikasi/perangkat lunak/software seperti Adobe Acrobat, Microsoft Word dan masih banyak lagi tergantung format yang dimiliki.

Baca juga:

2. Jenis Jenis Buku Digital

Seperti yang sudah di sebutkan di atas, buku digital memiliki beberapa format. Dibawah ini adalah ulasannya.

1. Teks polos
Teks polos adalah format yang tersedia untuk buku digital. Format ini terbilang paling sederhana yang dapat dilihat hampir dalam setiap perangkat lunak menggunakan komputer pribadi. Untuk beberapa devais mobil format dapat dibaca menggunakan perangkat lunak yang harus lebih dahulu diinstal.

2. PDF
Format pdf memiliki kelebihan yang pasti anda sukai. Bentuk PDF hampir mirip dengan bentuk buku sebenarnya, karena format PDF dapat menampilkan gambar dan tulisan yang jelas. tidak heran apabila PDF memiliki ukuran yang cukup besar. Namun, anda masih bisa memperkecil ukuran PDF dengan perangkat lunak khusus.

Selain itu, format PDF dilengkapi dengan fitur pencarian, daftar isi, memuat gambar, pranala luar dan juga multimedia.

3. JPEG
Sama seperti format gambar lainnya, format JPEG memiliki ukuran yang besar jika dibandingkan dengan format lainnya. oleh karena itu, format JPEG terkenal bukan untuk buku digital yang didominasi dengan banyak teks akan tetapi JPEG lebih cocoj untuk jenis buku komik atau manga yang didominasi oleh gambar.

4. LIT
Format LIT adalah format dari Microsoft Reader yang dapat membuat teks dalam buku digital disesuaikan dengan lebar layar atau monitor perangkat mobile yang digunakan untuk mebacanya. Format LIT memiliki kelebihan bentuk huruf yang nyaman untuk Anda baca.

5. Docx
Format Docx merupakan format dari Microsoft Word yang akan anda temukan di Internet. Format Doxt sangat banyak digunakan karena banyaknya pengguna Microsoft Word dan ukuran file yang cukup kecil, selain itu huruf yang lebih variatif membuat format ini sangat digemari.

6. HTML
Dalam format HTML, gambar dan teks dapat diakomodasi. Layout tulisan dan gambar dapat diatur, akan tetapi hasil dalam layar kadang tidak sesuai apabila dicetak.

7. Format Open Electronic Book Package atau OPF FlipBook
Format tersebut  atau OPF FlipBook adalah format buku digital yang berbasis pada XML yang dibuat oleh sistem buku digital. Buku digital dalam format OPF FlipBook dikenal sebagai perangkat lunak penyaji menampilkan buku dalam format 3D yang bisa dibuka-buka (flipping).

Terdapat suatu proyek yang sedang berjalan yang berupaya agar format OPF tersebut dapat dibaca menggunakan penjelajah Internet standar (seperti: Mozilla, Firefox, atau Microsoft Internet Explorer), tanpa perlu adanya perlengkapan (perangkat lunak, plugin) tambahan.

Saat ini untuk melihat buku digital dalam format OPF sehingga diperoleh rasa benar-benar membuka buku (flipping experience) diperlukan perangkat lunak penyaji pada sisi klien atau pengguna.

3. Manfaat Buku Digital

Buku Digital Lebih Praktis dan Mudah Dibawa
Jika Anda ingin membaca buku digital dimanapun Anda berada, Anda cukup menghidupkan tablet atau smartphone. Selama Anda memegang perangkat digital itu, Anda dapat membawa ratusan atau bahkan ribuan buku digital dengan mudah.

Buku Digital Ramah Lingkungan
Buku biasa menggunakan kertas yang di olah dari pohon. Semakin banyak perusahaan membuat buku, maka semakin banyak juga pohon yang harus di tebang. Sebaliknya, buku digital tidak memerlukan pohon karena bentuknya digital. buku digital dapat disalin sebanyak yang Anda suka. Sementara itu, pembuatan buku membutuhkan ratusan lembar kertas hanya untuk membuat satu salinan buku.

Buku digital Tahan Lama

buku digital adalah buku yang tahan lama atau bahkan bisa dikatakan abadi. buku digital tidak akan mudah rusak. Berbeda dengan buku biasa yang semakin lama akan makin menguning dan rusak. Bandingkan dengan buku biasa yang mudah sobek, rusak, hilang, pudar dan berjamur bila usia buku sudah lama.

Buku digital Lebih Simple
buku digital dinilai lebih simple untuk dibawa kemana saja anda inginkan. Artinya Anda tak butuh lagi tas besar untuk membawa beberapa buku tebal. Anda hanya butuh buku digital  untuk membawa atau menyimpan buku-buku Anda.

Buku digital Lebih Murah
Ebook tidak perlu proses penkertasan hingga penerbitan yang memakan banyak biaya. Oleh karena itu buku digital dapat menjadi lebih murah daripada buku biasa. Selain itu banyak sekali buku digital yang bisa anda download secara GRATIS.

Nah itulah Pengertian Buku Digital dan Jenis serta Manfaatnya semoga bermanfaat! Terimakasih sudah membaca artikel ini. Sampai ketemu dalam artikel selanjunya. 😁
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Buku Digital dan Jenis serta Manfaatnya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar