Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 18 September 2017

Pengertian Jaringan LAN dan Fungsinya

Pengertian Jaringan LAN dan Fungsinya – Dalam dunia komputer kita mengenal istilah jaringan komputer, dilihat dari jenis jaringan komputer tersebut, terdapat jaringan LAN atau local area network.

Pada artikel yang singkat ini, saya akan mencoba menjelaskan pengertian jaringan LAN dan fungsinya. Karena penjelasan mengenai pengertian jaringan komputer sudah di bahas sebelumnya. Maka dari itu, saya sarankan anda untuk membaca terlebih dahulu pengertian jaringan komputer tersebut.

Jaringan LAN adalah jaringan ke sekelompok komputer yang berdekatan satu sama lain, seperti komputer yang berada di gedung perkantoran, sekolah, atau rumah.


Pengertian Jaringan LAN dan Fungsinya
Jaringan LAN


Berbeda dengan jaringan MAN yang mencakup beberapa kota, dan jaringan WAN yang mencakup berbagai Negara.

Baca juga: Pengertian Jaringan MAN dan Contoh serta Manfaatnya

Sama seperti jaringan lainnya. Jaringan LAN biasanya dibangun dengan tujuan untuk pembagian sumber daya dan layanan seperti file, printer, aplikasi, email, atau akses internet.

Istilah LAN juga bisa merujuk hanya ke perangkat keras dan perangkat lunak yang memungkinkan Anda menghubungkan semua perangkat secara bersamaan.

Beberapa jaringan lokal dapat berdiri sendiri dan terputus dari jaringan yang lain. Seperti jaringan rumah.

LAN juga dibedakan dari MAN dan WAN berdasarkan media transmisi dan opologi yang digunakan. Secara umum, jaringan LAN yang hanya akan menggunakan satu jenis media transmisi. Topologi yang paling umum digunakan adalah topologi bus, ring (cincin) dan star (bintang).


Apa itu topologi jaringan komputer? Simak penjelasan lengkapnya di Pengertian Topologi Jaringan Komputer dan Macam macamnya

Jaringan LAN dapat di buat dengan menggunakan dua perangkat atau bahkan ribuan perangkat.
Aplikasi LAN mencakup komunikasi antara komputer workstation dan host, workstation lain, dan server. Server memungkinkan pembagian sumber daya.

Sumber daya bisa berupa informasi, file data, e-mail, voice mail, perangkat lunak, perangkat keras (hard disk, printer, fax, dll) dan jaringan lainnya.


Baca juga: 27 Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya serta Gambarnya

Perangkat seperti server dan printer akan selalu terhubung secara permanen dengan jaringan LAN. Sementara perangkat seluler seperti komputer laptop dan ponsel dapat bergabung dan meninggalkan jaringan LAN pada waktu kapan saja.

Teknologi yang Digunakan untuk Membangun LAN
Jaringan LAN biasanya menggunakan teknologi Wifi atau Ethernet untuk menghubungkan perangkat sekaligus.

LAN Wi-Fi tradisional mengoperasikan satu atau beberapa wireless access point yang digunakan oleh perangkat dalam jangkauan sinyal. Jalur akses ini pada gilirannya mengatur lalu lintas jaringan yang mengalir ke dan dari perangkat lokal dan juga dapat menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan luar.

LAN Ethernet terdiri dari hub , switch , dan router yang dihubungkan oleh beberapa perangkat melalui kabel Ethernet.

Protokol Jaringan komputer LAN
Protokol Internet (IP) sejauh ini masih menjadi pilihan utama untuk jaringan LAN. Semua sistem operasi jaringan yang populer memiliki dukungan built-in untuk teknologi TCP / IP yang dibutuhkan.

Fungsi Jaringan LAN
Ada banyak keuntungan untuk jaringan LAN. Yang jelas, seperti yang disebutkan di atas, manfaat jaringan lan adalah mampu membagikan sumber daya seperti file, dan perangkat keras seperti printer.

Dengan ini sudah jelas bahwa pihak perusahaan tidak perlu membeli printer untuk semua karyawan. Mereka cukup menggunakan satu printer dan digunakan bersama-sama.

Nah iulah pengertian jaringan LAN dan fungsinya yang bisa saya tulis pada artikel ini. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca sampai selesai. Sampai jumpa dalam artikel selanjutnya 😀
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Jaringan LAN dan Fungsinya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar