Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sabtu, 16 September 2017

Pengertian Jaringan MAN dan Contohnya serta Manfaatnya

Pengertian Jaringan MAN dan Contohnya serta Manfaatnya - Semuanya dimulai dari kebutuhan untuk berbagi data dan infromasi.

Menujuk kepada sejarah jaringan komputer pada tahun 1950 an dengan menghubungkan beberapa komputer di universitas. Dengan berjalannya waktu dan berkembanganya teknologi, sehingga berkembangalah penyempurnaan jaringan komputer yang kita kenal sekarang sebagai jaringan PAN, LAN, MAN dan WAN.

Nah, pada artikel ini saya akan mencoba menulis tentang pengertian jaringan MAN, teknologi jaringan MAN, topologi jaringan MAN, manfaat jaringan MAN, dan kelebihan dan kekurangan jaringan MAN

1. Pengertian Jaringan MAN

Seperti jenis jaringan komputer lainnya, ada beberapa pengertian jaringan MAN.
Jaringan MAN menurut Harte (2003) adalah "kelompok jaringan LAN yang saling berhubungan di dalam batas geografis kota atau kota tertentu." Jaringan MAN adalah jaringan komputer yang lebih besar dari LAN dan lebih kecil dari pada WAN.

Pengertian Jaringan MAN dan Contohnya serta Manfaatnya
Jaringan MAN
Dalam hal kecepatan transmisi, jaringan MAN adalah infrastruktur jaringan yang memililiki kecepatan dan bandwidth tinggi dibandingkan dengan jaringan LAN dan WAN.

Seperti jenis jaringan komputer lainnya, satu-satunya tujuan terpenting dari jaringan MAN adalah memenuhi kebutuhan untuk berbagi sumber daya, baik perangkat keras dan perangkat lunak di antara pengguna.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer dan Macam macamnya

2. Teknologi Jaringan MAN

Karena jaringan MAN berada di antara LAN dan WAN, maka jaringan MAN bertindak sebagai jembatan di antara keduanya. Oleh karena itu teknologi yang digunakan oleh jaringan MAN adalah teknologi yang di adopsi dari jaringan LAN dan WAN.

Teknologi yang paling lama yang digunakan oleh jaringan MAN adalah SONET berbasis TDM, ATM, FDDI, DQDB, dan SMDS. Karena semua teknologi ini adalah berbasis non-IP yang berasal dari industri telekomunikasi.

Sehingga untuk merancang teknologi MAN membutuhkan biaya yang tidak murah, selain itu di butuhkan perawatan jaringan.

Untuk mengatasi masalah biaya, sekarang sudah hadir teknologi baru untuk menciptakan jaringan MAN. Di antara teknologi yang digunakan jaringan MAN sekarang adalah Gigabit Ethernet dan 10 Gigabit Ethernet berbasis teknologi DWDM.

Beberapa protokol yang banyak digunakan untuk MAN adalah RS-232, X.25, Frame Relay, Asynchronous Transfer Mode (ATM), ISDN (Integrated Services Digital Network), OC • 3 lines (1,55 Mbps), ADSL (Asymmetrical Digital Subscriber Line ) dll. Protokol ini sangat berbeda dengan yang digunakan untuk LAN.

3. Topologi Jaringan MAN
Di antara topologi jaringan komputer yang ada saat ini, topologi yang paling banyak digunakan untuk membuat atau merancang jaringan MAN adalah Topologi Mesh. Hal ini disebabkan oleh tolopogi mesh menyediakan ketersediaan layanan yang tinggi di untuk pembuatan jaringan MAN.

Pengertian Jaringan MAN dan Contohnya serta Manfaatnya
Topologi Mesh

Baca juga: Pengertian Topologi Jaringan Komputer dan Macam macamnya

4. Manfaat Jaringan MAN
Menurut Cisco, manfaat jaringan MAN adalah mampu memfasilitasi komunikasi antara pemerintah daerah, perusahaan swasta, organisasi, utilitas, institusi pendidikan, perpustakaan, dan warga negara dalam area fisik tertentu.

Disadari atau tidak, salah satu alasan kuat mengapa MAN berada dalam ekspansi saat ini adalah karena manfaatnya yang sangat besar.

5. Kelebihan dan Kekurangan Jaringan MAN

Kelebihan Jaringan MAN
- Transaksi yang dilakukan real-time (data yang ada di server pusat akan di update saat itu juga)
- Cakupan wilayah dari jaringan MAN lebih luas dibandingkan dengan sistem jaringan komputer lainnya, sehingga berkomunikasi dapat menjadi lebih efisien.
- Komunikasi dapat di lakukan antara satu universitas dengan lainnya dapat menggunakan chatting, email dan lainnya.
- Adanya Video Conference (ViCon)
- Keamanan dari jaringan MAN lebih baik dibandingkan jenis jaringan lainnya.

Berikut ini beberapa kekurangan yang dimiliki jaringan MAN:
- Biaya operasional dan perawatan jaringan MAN lebih mahal dibandingkan dengan jenis jaringan lainnya.
- Instalasi dari infrastruktur jaringan tidak mudah.
- Jika terjadi trouble pada jaringan seperti jaringan mengalami trouble shoot akan sulit dan rumit untuk mengatasinya.

Alhasil kesimpulan pengertian jaringan MAN adalah jaringan komputer yang dapat menghubung kan beberapa komputer yang mencakup seluruh kota menggunakan beberapa perangkat jaringan seperti HUB, repeater, dll.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Jaringan MAN dan Contohnya serta Manfaatnya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar