Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kamis, 14 September 2017

Pengertian LAN Card dan Fungsi beserta Jenisnya

Pengertia LAN Card dan Fungsi beserta Jenisnya - Jika anda mencari di internet tentang pengertian LAN Card, maka anda akan menemukan beberapa nama atau istilah untuk Lan Card.

Lan Card atau kartu jaringan memiliki beberapa nama, yaitu NIC atau network interface card , Network Card, dan Adaptor Jaringan.

Anda jangan bingung dengan nama-nama di atas, yang pasti pengertian LAN Card adalah perangkat keras komputer dalam bentuk kartu tambahan yang sesuai dengan slot ekspansi pada motherboard komputer.

Atau pengertian LAN Card adalah kartu ekspansi yang menghubungkan komputer ke jaringan; seperti jaringan rumah, atau internet menggunakan kabel Ethernet dengan konektor RJ-45.

Dan Lan Card juga merupakan salahsatu perangkat keras yang dibutuhkan untuk mengakses intenet.


Baca juga:
Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet beserta Gambarnya

Fungsi LAN Card

Pengertian LAN Card dan Fungsi beserta Jenisnya
LAN Card
 
Fungsi LAN Card adalah untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain dalam sebuah jaringan kecil atau jaringan LAN (local area network). Dengan adanya kartu jaringan, maka perangkat yang terhubung dapat saling bertukar data dan informasi, atau berbagi perangkat keras seperti Printer.

Jenis LAN Card
Jenis LAN Card yang dapat anda temukan di pasaran terbagi menjadi dua jenis. Yaitu LAN Card bersifat fisik dan LAN Card bersifat logis.

Contoh LAN Card yang bersifat fisik adalah Ethernet dan Token Ring, dan lainnya; sedangkan LAN Card yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter atau Network Adapter.

Setiap jenis LAN Card diberi nomor alamat yang disebut sebagai alamat MAC atau MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna. Namun, merubah MAC addres sangat tidak anjurkan.


Baca juga:
Pengertian MAC Address dan Fungsinya

1.    Lan Card fisik
LAN Card fisik umumnya berbentuk kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot ekspansi dalam motherboard , lan card yang dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express.

Selain berbentuk kartu yang di tancapkan,  ternyata Lan Card fisik juga dapat berupa kartu eksternal yang berupa kartu dengan bus USB, PCMCIA, bus serial, bus paralel atau Express Card.

Lan Card Fisik terbagi menjadi dua jenis, yaitu;
Lan Card dengan media jaringan yang spesifik. Lan Card jenis ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah LAN Card Ethernet berupa Twisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet, atau Thicknet, atau Wireless Ethernet.

Lan Card dengan arsitektur jaringan yang spesifik. Lan card jenis ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yang sesuai dengan arsitektur jaringan yang digunakan. Contohnya adalah Ethernet, Token Ring, serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface), yang kesemuanya itu menggunakan LAN Card yang berbeda-beda.

Kecepatan Lan Card
Semua LAN Card memiliki rating kecepatan yang berbeda, ada yang memiliki kecepatan 11 Mbps, 54 Mbps atau 100 Mbps, yang menunjukkan kinerja umum unit. Anda dapat menemukan informasi mengenai kecepat LAN Card yang anda miliki dengan cara mengklik kanan koneksi jaringan dari Network and Sharing Center> Ubah bagian pengaturan adaptor Panel Kontrol

Penting untuk anda ketahui bahwa kecepatan LAN Card belum tentu menentukan kecepatan koneksi internet. Hal ini disebabkan beberapa alasan seperti bandwidth yang tersedia dan kecepatan yang Anda bayar.

Misalnya, jika Anda hanya membayar kecepatan download 20 Mbps, dan anda menggunakan LAN Card dengan kecepatan 100 Mbps, maka itu tidak akan meningkatkan kecepatan Anda hingga 100 Mbps, atau bahkan melebihi 20 Mbps.

Begitu juga sebaliknya, apabila anda Anda membayar internet dengan kecepatan 20 Mbps namun LAN Card Anda hanya mendukung 11 Mbps, maka Anda akan mengalami kecepatan download yang lebih lambat karena LAN Card yang terpasang hanya dapat bekerja dengan kecepatan 11 Mbps.

Faktor lain yang dapat mempengaruhi kecepatan jaringan adalah bandwidth. Contohnya, Jika Anda membeli atau berlangganan internet dengan cepatan download 100 Mbps dan LAN Card anda memiliki kecepatan 100 Mbps, namun sayang Anda memiliki tiga komputer di jaringan tersebut yang sama-sama mendownload secara bersamaan, maka kita hitung saja, 100 Mbps akan dibagi menjadi tiga, jumlahnya kurang lebih 33. Berarti setiap komputer akan memiliki kecepatan sekitar 33 Mbps.

LAN Card logis
LAN Card logis adalah jenis LAN Card yang tidak ada secara fisik dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang di install di atas sistem operasi dan bekerja seolah-olah dirinya adalah sebuah LAN Card.

Contoh dari perangkat LAN Card logis adalah loopback adapter. Loopback dalam sistem operasi Windows, harus di indtall secara manual dan dalam sistem operasi UNIX sudah terinstal secara default, dengan nama interface lo dan Dial-up adapter.

Nah itulah artikel singkat mengenai Pengertian LAN Card dan Fungsi beserta Jenisnya, semoga bermanfaat! Sampai bertemu dalam artikel selanjutnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian LAN Card dan Fungsi beserta Jenisnya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar