Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kamis, 21 September 2017

Pengertian Modem dan Fungsinya beserta Jenisnya

Pengertian Modem dan Fungsinya beserta Jenisnya – Dalam dunia komputer, kita sering mendengar perangkat komputer yang dinamakan modem. Atau mungkin anda sering menggunakannya ketika anda ingin mengkoneksikan komputer ke jaringan internet. Lalu apa yang di maksud dengan modem?

Nah pada artikel ini, kita akan sama-sama mempelajari tentang pengertian modem, fungsi modem dan jenis-jenis modem.

Pengertian Modem dan Fungsinya

Modem adalah singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator mengubah informasi dari mode digital menjadi mode analog pada akhir transmisi dan demodulator mengubah informasi dari mode analog ke dalam digital.

Proses pengkonversian sinyal analog menjadi sinyal digital sehingga bisa diolah oleh komputer penerima disebut sebagai digitalisasi.

Modem adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk transfer data dari satu jaringan komputer ke jaringan komputer lain melalui saluran telepon. Jaringan komputer bekerja dalam mode digital, sedangkan teknologi analog digunakan untuk membawa pijat melintasi saluran telepon.

Baca juga:
27 Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya beserta Gambarnya
Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet beserta Gambarnya

Pengertian modem yang paling mudah di pahami adalah perangkat keras yang memungkinkan komputer mengirim dan menerima informasi melalui saluran telepon dengan mengubah data digital menjadi sinyal analog yang digunakan pada saluran telepon.

Modem membantu komputer dalam mentransfer data dan informasi melalui saluran telepon. Hal ini dilakukan dengan mengubah data digital menjadi sinyal analog yang bisa ditransfer melalui saluran telepon. Di ujung penerima, modem kembali mengubah sinyal analog menjadi data digital.

Oleh karena, dapat kita pahami bahwa modem berfungsi sebagai modulator saat mengubah data digital menjadi sinyal analog dan bekerja sebagai demodulator saat mengubah sinyal analog menjadi data digital.

Fungsi Modem

a. Megubah sinyal digital ke sinyal analog
b. Mentransfer data dari jaringan komputer ke jaringan komputer yang lain
c. Melakukan pemeriksaan paket data dan komunikasi
d. Melakukan kompres data yang dikirimkan melalui sinyal

Istilah modem biasanya merujuk kepada modem broadband, meskipun pada kenyataanya jenis modem bukan hanya itu saja. Jenis jenis modem akan di jelaskan dibawah ini. Namun intinya, modem adalah perangkat keras komputer yang dapat digunakan untuk mengakses internet.

Jenis Jenis Modem

Jika berbicara tentang jenis modem, mungkin akan agak sulit membedakan antara jenis modem tersebut. Namun terlepas dari pada itu, saya mengkategorikan jenis modem menjadi empat jenis. Berikut adalah jenis jenis modem dan gambarnya.

1. Onboard Modem – Onboard Modem adalah modem yang dibangun di motherboard komputer. Modem ini tidak dapat dilepas, namun bisa dinonaktifkan melalui Setup Jumper atau CMOS.

2. Modem Internal – Modem internal adalah Modem yang terhubung ke slot PCI di dalam komputer desktop yang lebih baru atau slot ISA pada komputer yang lebih lama. Modem Internal yang ditunjukkan pada awal postingan ini adalah contoh Modem PCI.

Pengertian Modem dan Fungsinya beserta Jenisnya
Modem Internal


3. Modem Eksternal – Modem eksternal adalah Modem dalam kotak yang terhubung ke komputer secara eksternal, biasanya di hubungkan ke Port Serial atau port USB.

Pengertian Modem dan Fungsinya beserta Jenisnya
Modem Ekstenal

4. Modem Removable - Modem yang digunakan dengan slot PCMCIA laptop yang lebih tua dan dapat ditambahkan atau dihapus sesuai kebutuhan.

Jenis Modem lainnya
a. Modem GSM
Modem GSM adalah modem jenis khusus yang menerima kartu SIM, dan beroperasi melalui langganan ke operator seluler (ISP), seperti ponsel.

Pengertian Modem dan Fungsinya beserta Jenisnya
Modem GSM
Bila modem GSM terhubung ke komputer, ini memungkinkan komputer menggunakan modem GSM untuk berkomunikasi melalui jaringan seluler. Sementara modem GSM paling sering digunakan untuk menyediakan konektivitas mobile internet, banyak di antaranya juga bisa digunakan untuk mengirim dan menerima pesan SMS dan MMS.

Modem GSM bisa menjadi perangkat modem khusus dengan koneksi serial, USB atau Bluetooth, atau bisa juga ponsel yang menyediakan kemampuan modem GSM.

Istilah modem GSM digunakan sebagai istilah generik untuk merujuk pada modem yang mendukung satu atau lebih protokol dalam keluarga evolusioner GSM, termasuk teknologi 2.5G GPRS dan EDGE, serta 3G teknologi WCDMA, UMTS, HSDPA dan HSUPA.

b. Modem nirkabel
Modem nirkabel mentransmisikan sinyal data melalui udara dan bukan dengan menggunakan kabel. Modem jenis ini disebut modem frekuensi radio. Modem jenis ini dirancang untuk bekerja dengan teknologi seluler, dan jaringan area lokal nirkabel. Modem nirkabel menggunakan dua jenis transmisi untuk mentransfer datanya; transceiver radio dan inframerah (IR).

Keuntungannya adalah: tidak ada kabel yang harus dirawat, tidak membutuhkan kabel yang dipasang, tidak ada down time yang menunggu koneksi, dapat terhubung melalui hub untuk berkomunikasi dengan modem kabel, dan tidak ada biaya untuk membayar leased line.

Kekurangannya adalah: jangkauan transmisi pendek; umumnya 20 mil kecuali jika Anda menggunakan repeater, kecepatan transmisi data turun saat kisaran meningkat, dan kehilangan data.

c. Modem kabel
Ketika modem kabel pertama kali diperkenalkan, dirancang untuk daerah pedesaan dengan penerimaan yang buruk. Kini jaringan yang disempurnakan menawarkan lebih dari 500 situs video, hiburan musik, dan layanan interaktif (TV web).

Karena bandwidth yang sangat besar, modem kabel mampu menghasilkan data dalam jumlah yang lebih banyak dengan kecepatan yang jauh lebih cepat daripada perangkat Digital Network (ISDN) atau Integrated Services Digital Network.

Jaringan TV kabel ini dapat digunakan untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps downstream (kecepatan  dan 2,5Mbps upstream. Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu eternet.

d. Modem PCMCIA
Jenis modem lainnya adalah modem PCMCIA yang dibangun khusus untuk slot PCMCIA di laptop. Untuk laptop modem internal (PCMCIA) hampir merupakan keharusan agar anda tidak perlu mambaca modem eksternal.

Nah itulah dari saya mengenai Pengertian Modem dan Fungsinya beserta Jenisnya, semoga bermanfaat! Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini sampai selesai. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Modem dan Fungsinya beserta Jenisnya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar