Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Jumat, 15 September 2017

Pengertian RAM (Random Access Memory) dan Fungsinya

Pengertian RAM dan Fungsinya – Di dalam komputer terdapat beberapa memori atau perangkat penyimpanan. Nah, salah satu dari memori dalam komputer adalah RAM atau dalam bahasa Indonesia di sebut Memori akses acak.

RAM atau Random Access Memory adalah jenis perangkat keras komputer untuk menyimpan data dan file pada komputer saat komputer tersebut sedang dalam keadaan hidup atau sedang di gunakan.


Baca juga: 27 Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya beserta Gambarnya

RAM memiliki akses lebih cepat terhadap file, dibandingkan dengan jenis penyimpanan data lainnya. RAM adalah jenis penyimpanan data sementara, karena semua file dan data di dalam RAM akan hilang saat kita mematikan komputer.

Berbeda dengan perangkat penyimpanan data permanen seperti hard drive, CD atau DVD, drive USB, dll yang menyimpan data secara permanen. Namun, akses data pada perangkat-perangakat tersebut jauh lebih lama di bandingkan dengan RAM.

Jadi, ini adalah fungsi RAM sehingga ketika komputer sedang bekerja, komputer tidak memerlukan akses terus menerus kepada harddisk saat proses data dan data pencarian. Nah, inilah alasan mengapa ketika kapasitas RAM lebih besar, performa komputer akan lebih cepat.

Seiring berkembangnya waktu dan perkembangan teknologi, RAM juga mengalami pertumbuhan dan peningkatan, baik peningkatan kapasitas maupun peningkatan kinerja. Semakin besar kapasitas RAM, semakin bagus juga performa komputer Anda.

RAM dengan ukuran kapasitas 1 GB dan 512 MB akan memiliki efek berbeda jika dipasang di komputer.
RAM 1GB akan memberikan performa lebih cepat bila dibandingkan dengan ukuran RAM 512 MB. Biasanya, gamer khususnya game komputer, akan merakit atau membeli komputer dengan spesifikasi super.

Mereka berani mengeluarkan uang besar untuk merakit komputer mereka. Komputer yang akan digunakan untuk bermain game besar dan berat akan membutuhkan memori yang besar pula. Begitu juga untuk tugas berat lainnya selain bermain game, kapasitas RAM yang besar selalu akan dibutuhkan.

RAM memiliki bentuk yang tipis, agak sedikit panjang dan hampir sama dengan bentuk penggaris pendek.

Pengertian RAM (Random Access Memory) dan Fungsinya - Pengertian RAM dan Fungsinya
RAM (Random Access Memory)
RAM pertama kali dikenal pada tahun 60-an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah sepopuler saat ini, karena harganya yang sangat mahal.


RAM memiliki beberapa jenis, Jenis RAM sudah saya tulis pada artikel sebelumnya. Jika anda belum membaca nya, silahkan baca pada artikel yang berjudul 👉"Jenis Jenis RAM beserta Gambarnya"👈

Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berbeda dengan penyimpanan data seperti ROM (read-only-memory), Perangkat RAM digunakan dalam sistem komputer sebagai memori utama. RAM dianggap volatile memory, artinya informasi yang tersimpan di dalam RAM akan hilang saat komputer di matikan.

Baca juga: Perbedaan RAM dan ROM

Jadi, RAM digunakan oleh central processing unit (CPU) saat komputer dalam keadaan ON untuk menyimpan informasi yang perlu digunakan dengan sangat cepat, namun RAM tidak menyimpan informasi apapun secara permanen.

👉 Tips
Nah, jika anda ingin membeli komputer atau laptop, namun anda masih was-was dengan ukuran RAM yang anda butuhkan, simaklah beberapa tips di bawah ini.

Sama seperti dengan CPU dan hard drive, kapasitas RAM yang Anda butuhkan untuk komputer Anda sepenuhnya bergantung kepada kebutuhan anda atau aktifitas yang akan anda lakukan dengan komputer Anda.

Misalnya, jika Anda membeli komputer hanya untuk bermain game berat seperti PES 2016, GTA V dll, Anda wajib membeli laptop dengan kapasitas RAM yang besar. Tidak hanya RAM, anda juga perlu mempertimbangkan jenis VGA dan beberapa perangkat yang dapat mendukung game tersebut.

Akan tetapi, jika anda membeli komputer atau laptop hanya untuk mengetik makalah, browsing internet dan bermain game yang ringan, maka anda tidak perlu membeli RAM dengan ukuran atau kapasitas yang besar.

Biasakan anda system requirement saat ingin menginstal game berat.

👉 Tips
Anda juga bisa menambah RAM menggunakan flash disk atau memori eksternal lainnya. Operasi ini di sebut dengan Virtual Memory. Artinya fitur yang menyisihkan ruang hard disk untuk digunakan sebagai RAM.

Namun, saat artikel ini saya tulis, saya belum mendapatkan informasi dampak dari operasi tersebut.

Nah, itulah Pengertian RAM dan Fungsinya yang bisa saya tulis pada artikel yang singkat ini.

Terimakasih sudah membaca. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya. SALAM PINTAR
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian RAM (Random Access Memory) dan Fungsinya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar