Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sabtu, 16 September 2017

Pengertian ROM dan Fungsinya beserta Jenisnya

Pengertian ROM dan Fungsinya beserta Jenisnya – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa setiap komputer memiliki perangkat penyimpanan atau memori. Salah satu media penyimpanan pada komputer adalah ROM.

ROM adalah singkatan dari Read Only Memory. ROM juga merupkan media penyimpanan yang digunakan oleh komputer dan beberapa perangkat elektronik lainnya. Seperti namanya (read only), data yang tersimpan di dalam ROM hanya bisa dibaca. Artinya anda tidak bisa menghapus atau memodifikasi data yang tersimpan di dalam ROM.

ROM juga di kenal sebagai firmware, Firmware merupakan kode dasar untuk memulai menjalankan komputer. Begitu komputer menyala dan beroperasi, CPU mengambil alih.

Pengertian ROM dan Fungsinya beserta Jenisnya
ROM
Firmware juga sering disebut sebagai BIOS atau Basic Input Output System. Pada kebanyakan komputer modern, memori ROM terletak pada chip BIOS, seperti yang anda lihat di bawah ini. Chip BIOS biasanya dihubungkan ke motherboard.

Saat Anda menekan tombol power, chip BIOS akan “terbangun” dan memeriksa berbagai komponen komputer Anda untuk memastikan semuanya ada dan berfungsi dengan baik. Inilah yang menjadi alasan kenapa ROM disebut firmware dan juga instruksi pada memori ROM berinteraksi langsung dengan berbagai komponen perangkat keras.

Baca juga: 27 Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya beserta Gambarnya

Chip ROM digunakan tidak hanya di komputer, tapi juga sebagian besar barang elektronik lainnya. Karena data sepenuhnya tergabung dalam pembuatan chip ROM, maka data yang tersimpan tidak dapat dihapus atau diganti.

Alhasil, ROM merupakan penyimpanan data yang permanen atau non-volatile. Dan data yang disimpan di dalam ROM tidak akan hilang meskipun komputer di matikan.

Berbeda dengan RAM yang merupakan media penyimpanan data sementara, data yang ada di dalam RAM akan hilang pada saat komputer di matikan.

Untuk lebih memahami tentang RAM. Silahkan baca: Pengertian RAM dan Fungsinya serta Jenisnya.

Jenis Jenis ROM
ROM memiliki beberapa jenis, jenis yang paling umum adalah PROM, EPROM dan EEPROM. Simak ulasan di bawah ini untuk memahami lebih jauh tentang jenis ROM.

1. PROM
PROM adalah singkatan dari programmable read-only memory. Chip memori jenis ini yang hanya bisa ditulis satu kali. Begitu sebuah program ditulis ke di dalam PROM, maka program tersebut akan tetap ada selamanya. Perbedaan yang paling menonjol antara PROM dan ROM adalah PROM diproduksi sebagai memori kosong, sedangkan ROM diprogram selama proses pembuatannya.

Untuk menulis data di dalam chip PROM, Anda memerlukan perangkat khusus yang disebut PROM programmer atau PROM burner. Proses pemrograman PROM terkadang disebut pembakaran PROM.

2. EPROM
EPROM di baca ee-prom Adalah singkatan dari erasable programmable read-only memory. EPROM adalah jenis memori khusus yang mempertahankan isinya sampai terpapar sinar ultraviolet. Lampu ultraviolet akan membersihkan data yang tersimpan di dalammya, sehingga jenis ROM yang satu ini akan sangat mungkin untuk di program ulang.

Untuk menulis dan menghapus EPROM, Anda memerlukan perangkat khusus yang disebut PROM programmer atau PROM burner.

3. EEPROM
EEPROM adalah singkatan dari electrically erasable programmable read-only memory. Jenis ROM yang satu ini bisa dihapus secara elektrik dengan memaparkan muatan listrik. Seperti jenis PROM lainnya, EEPROM tetap mempertahankan data meskipun komputer di matikan.

Nah, itulah Pengertian ROM dan Fungsinya. Semoga bermanfaat! Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai selesai. Sampai jumpa dalam artikel selanjutnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian ROM dan Fungsinya beserta Jenisnya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar