Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Rabu, 27 September 2017

Pengertian Sistem Komputer dan Fungsi serta Komponennya

Pengertian Sistem Komputer dan Fungsi serta Komponennya - Sistem komputer adalah kombinasi dari komponen komputer yang bekerja sama untuk melakukan tugas tertentu. Apabila komponen ini ada maka pada pengguna dapat melakukan aktifitas pada komputer tersebut, seperti memutar film, mendengarkan lagu, bermain game, mengetik, atau browsing internet.

Atau pengertian sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang tersusun dari software (perangkat lunak) dan hardware (perangkat keras) yang melakukan tugas atau fungsi tertentu seperti menginput data, memproses data, menyimpan data dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

Selain itu dapat pula diartikan bahwa pengertian sistem komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.

Komponen Sistem Komputer

Sistem komputer tidak akan terlepas dari tiga elemen berikut;
a. Brainware – Manusia yang mengorasikan komputer
b. Software (perangkat lunak)
c. Hardware (perangkat keras)

Pengertian Sistem Komputer dan Fungsi serta Komponennya
Sistem Komputer dan Fungsi serta Komponennya


Ke tiga komponen tersebut memiliki tugas yang berbeda dalam mengelolah sebuah informasi data.
Ke tiga komponen tersebut juga harus mampu bekerja secara bersamaan, artinya apabila salahsatu dari komponen tersebut tidak berfungsi, maka sistem komputer tidaka akan berjalan sebagaimana mestinya.

Kita ambil contoh;
Kita tahu bahwa komputer adalah benda mati, tanpa adanya brainware (manusia yang mengoprasikannya) maka komputer tersebut tidak akan bekerja. Saya harap anda mengerti dengan contoh di atas.

Fungsi Sistem Komputer

Sistem komputer memiliki tiga fungsi dasar, yaitu:
1. Menginput Data
Sistem komputer berfungsi untuk menginput semua jenis data yang telah dimasukkan oleh brainware (pengguna) melalui perangkat keras komputer seperti mouse, keyboard, microphone dan perangkat input lainnya.

2. Memproses Data
Sistem komputer berfungsi untuk memproses data. Data yang telah diinput oleh pengguna masih dalam bentuk mentah. Oleh karena itu, setelah data tersebut diinput sistem komputer akan melakukan sebuah proses yang mana mentransfer data mentah tersebut menjadi sebuah informasi yang dapat dibaca oleh memori komputer.

Proses data tersebut di jalankan pada Central Processing Unit yang juga berperan sebagai otak komputer.

3. Menghasilkan Data
Sistem komputer berfungsi untuk menghasilkan sebuah output yang merupakan hasil dari data yang telah diproses tadi. Hasil output tersebut mampu berupa informasi baik berupa gambar, suara ataupun video.

4. Menyimpan Data
Sistem komputer berfungsi untuk menyimpan data output yang merupakan hasil olahan dari process pada memori komputer

Komponen Utama Pada Sistem Komputer

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian awal bahwa sistem komputer terdiri dari beberapa komponen yang saling berinteraksi satu sama lain. Komponen-komponen tersebut terdiri atas tiga bagian yaitu:

1. Perangkat Keras Komputer
Perangkat keras komputer termasuk kedalam komponen penting dari sistem komputer, banyak sekali macam macam perangkat keras yang bisa anda gunakan sebagai sistem komputer dan memiliki fungsi yang berbeda.

Baca juga: 27 Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya serta Gambarnya

Perangkat keras pada sistem komputer terdiri dari beberapa unit komponen, yaitu:
a. Central Processing Unit (CPU)
Processor adalah otak dari sistem komputer, perangkat keras yang satu ini bertanggung jawab atas semua kegiatan yang terjadi di dalam komputer. Prosesor juga berfungsi sebagai pusat pengelolah data dan mengontrol segala aktifitas dari perangkat internal maupun yang eksternal yang terhubung pada komputer.

b. Input Unit atau perangkat masukan
Sebuah data harus di input terlebih dahulu sebelum di proses menjadi suatu informasi yang kita inginkan. oleh karena itu, di perlukan lah sebuah perangkat input yang menjadi pintu masuk untuk data yang dari dunia luar masuk ke dalam sistem komputer.

Bentuk-bentuk data yang telah di masukan akan dikonversi menjadi kode binary sehingga dapat dibaca oleh RAM.

Baca juga:
Pengertian RAM dan Fungsinya
Jenis Jenis RAM dan Gambarnya

Setiap perangkat input memiliki fungsi yang berbeda. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel yang berjudul “Macam Macam Perangkat Input dan Fungsinya”

c. Perangkat OutPut atau Perangkat Keluaran
Perangkat input memiliki fungsi yang berlawanan dengan perangkat input. Jika pada perangkat input data yang dari luar dimasukkan ke dalam sistem komputer, maka perangkat output adalah sebaliknya. Perangkat output akan menghasilkan sebuah informasi yang di peroleh dari hasil pemrosesan pada sistem komputer.

Baca juga: Macam Macam Perangkat OutPut dan Fungsinya

d. Media penyimpanan
Data atau instruksi yang telah di masukan pada sistem komputer melalui perangkat input akan di simpan pada media penyimpanan sebelum data tersebut dip roses. Begitu juga dengan hasil data yang telah di proses, data tersebut terlebih dahulu disimpan pada unit storage sebelum dipindahkan pada unit output.

2. Perangkat Lunak
Komponen selanjutnya dari sistem komputer adalah perangkat lunak. Perangkat lunak tidak memilki bentuk, sehingga anda tidak akan bisa melihat dan meraba nya. Namun perangkat lunak dapat memiliki bentuk secara digital yang disimpan pada memori komputer.

Terdapat berbagai macam jenis kategori software pada sistem komputer, yaitu:
a. Perangkat Lunak Sistem
Perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengatur serta mengontrol komponen perangkat keras. Salah satu contoh dari perangkat lunak sistem adalah sistem operasi, namun driver pada sebuah perangkat juga dapat digolongkan dalam kategori ini.

b. Perangkat Lunak Utility
Perangkat lunak utility adalah jenis perangkat lunak yang berfungsi untuk melindungi sistem komputer namun tidak berhadapan langsung dengan perangkat keras. Contoh perangkat lunak jenis ini adalah antivirus, firewall, disk defragmenter

c. Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menyelesaikan tugas tertentu yang di berikan oleh pengguna komputer.

Contoh perangkat lunak aplikasi antara lain adalah; web browser, software office dll.

3. Brainware
Brainware dapat diartikan sebagai orang yang menjalankan, mengoprasikan komputer.

Nah, demikian artikel tentang pengertian sistem komputer beserta fungsi dan komponennya. Jika anda ingin bertanya atau ingin menambahkan materi di atas, silahkan tulis pada kotak komentar yang sudah di sediakan. Salam

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Sistem Komputer dan Fungsi serta Komponennya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar