Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Jumat, 29 September 2017

Pengertian VGA Card (Video Graphics Array) dan Fungsinya

Pengertian VGA Card (Video Graphics Array) dan Fungsinya – VGA adalah kartu ekspansi yang memungkinkan komputer mengirim informasi grafis ke berbagai perangkat display video seperti monitor, TV, atau proyektor.

Atau VGA Card adalah salah satu dari macam macam perangkat keras komputer output (output device). Fungsi utama dari VGA adalah menerjemahkan atau mengubah sinya digital dari komputer menjadi tampilan grafis yang di tampilkan pada perangkat output seperti monitor komputer, tv dll.

Baca juga:
17 Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya
10 Macam Perangkat Output Komputer dan Fungsinya

Video Graphics Array sering di sebut dengan video card, video adapter, display card, graphics card, graphics board, display adapter atau graphics adapter. Istilah lain dari VGA mengacu pada kepada resolusi layar berukuran 640×480, tanpa memperdulikan pembuat perangkat keras VGA Cardnya.

Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan sampai saat ini  untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor komputer.

Bentuk dari VGA ini adalah persegi panjang dan di lengkapi dengan beberapa kontak di bagian bawahnya dan beberapa port di sampingnya. Port tersebut berfungsi untuk mengoneksikan VGA ke monitor atau perangkat display video lainnya (Projektor, TV dll).

Pengertian VGA Card dan Fungsinya
ASUS GeForce GT730 4GB


Namun, ada juga beberapa VGA Card yang hanya memiliki satu port saja untuk di hubungkan pada monitor standar atau proyektor.

Selain digunakan pada komputer, VGA Card juga digunakan pada Laptop, tablet, dan bahkan smartphone, meski bentuk dan ukurannya lebih kecil dan kebanyakan tidak bisa diganti.

VGA Card pada komputer pribadi terpasang di slot ekspansi pada motherboard.

Komputer generasi terbaru umumnyanya sudah memiliki on board grafis, jadi perangkat yang satu ini tidak terpasang pada komputer modern. umumnyanya on-board grafis di gunakan oleh komputer rumahan yang tidak tertarik dengan kemampuan grafis atau game.

Akan tetapi, bagi sebagian orang yang memiliki hobi tertentu seperti bermain game, desainer, youtuber perangkat yang satu ini sudah barang tentu tidak boleh di lewatkan.

Bahkan, untuk pecinta game dan desainer mereka wajib memiliki VGA Card yang berkualitas tinggi.

Jenis Jenis memori VGA
Berdasarkan klasifikasi memori yang dipergunakan oleh VGA, maka VGA Card dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya sebagai berikut;

1. DRAM (Dynamic RAM)
VGA Card yang menggunakan memori DRAM adalah berkecepatan 80 nanosecond atau 70 nanosecond, ada juga MD-RAM (Multiple Dynamic RAM) yang menggunakan DRAM berlapis. DRAM digunakan pada banyak VGA Card 8, 16, atau 32 bit. Penggunaan DRAM ditujukan untuk komputer tingkat entry level, yang tidak memerlukan kecepatan tinggi dan banyak warna.

2. EDO RAM
VGA Card yang menggunakan memori EDO RAM adalah berkecepatan 60 nanosecond sampai 35 nanosecond, EDO RAM banyak ditemukan pada VGA Card 64 bit. EDO RAM yang umumnya digunakan memiliki kecepatan 60 MHz 60/40nanosecond.

Contoh VGA Card yang menggunakan memori EDO adalah WinFast S280/S600 3D, Diamond Stealth 2000 3D, ATi Mach 64, dsb.

3. VRAM (Video RAM)
VGA Card yang menggunakan memori VRAM adalah berkecepatan 20ns atau 10 ns, memori VRAM lebih mahal dibandingkan DRAM karena VRAM lebih cepat daripada DRAM. Penggunaan VRAM pada VGA Card ditujukan untuk komputer kelas atas.

VRAM umumnya dipasang pada VGA yang dikonsentrasikan untuk desain grafis. Contoh VGA Card yang menggunakan VRAM adalah Diamond Fire GL, Diamond Stealth 3000 3D, Diamond Stealth 64, dsb.

4. SGRAM (Synchronous Graphic RAM)
VGA Card yang menggunakan memori SGRAM adalah berkecepatan kurang dari 10 ns, SGRAM pada VGA Card juga berdasarkan pada teknologi SDRAM pada memori utama komputer. SGRAM banyak digunakan pada VGA Card kelas tinggi yang mempunyai kemampuan 3D accelerator.

Contoh dari VGA Card yang menggunakan SGRAM adalah Matrox MGA Millenium, Matrox Mystique 3D, Diamond Stealth II S220, Diamond Viper, ASUS 3D Explorer, ATI Rage II 3D Pro, dsb.

5. RAMBUS
VGA Card dengan menggunakan memori RAMBUS jumlahnya masih sedikit (RAMBUS adalah memori yang digunakan pada mesin-mesin game, seperti: Nintendo dan Sega), sejauh ini hanya VGA Card produksi Creative Labs (MA-302, MA-332 Graphic Blaster 3D dan Graphic Blaster xXtreme) yang sudah mempergunakannya.

Nah, itulah Pengertian VGA Card dan Fungsinya yang bisa saya rangkum pada artikel ini. Terimakasih. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian VGA Card (Video Graphics Array) dan Fungsinya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar