Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Selasa, 03 Oktober 2017

Pengertian POP Mail dan Fungsinya

Pengertian POP Mail dan Fungsinya – Apa itu POP Mail? POP Mail adalah post office procokol yang merupakan surat standar yang memungkinkan Anda menerima email dari satu program email, dalam program email lain.

POP mail juga memungkinkan Anda mendownload pesan email kedalam komputer Anda sehingga Anda dapat membacanya dalam keadaan offline.

Atau Pengertian POP Mail adalah suatu layanan yang memungkinkan Anda dapat membaca Email dalam keadaa offline, Email yang masuk ke dalam mailbox pada server komputer dapat disimpan atau di download.

POP mail diterima melalui ISP atau Internet Service Provider (ISP) yang jadi langganan Anda. Selain dapat di gunakan di komputer, POP mail juga bisa digunakan di beberapa ponsel.

Pengertian POP Mail dan Fungsinya
POP Mail


Untuk mengecek email dengan layanan POP mail, Anda perlu terhubung ke internet dan membuka email dan mendownload nya. Setelah email tersebut di download, Anda dapat membaca satu persatu email tersebut dalam keadaan offline.

Sedangkan untuk mengirim atau membalas email, Anda harus terhubung ke internet agar pesan Anda dapat terkirim kepada email tujuan.

Dengan cara seperti ini, maka Anda tidak perlu berlama-lama terhubung dengan internet, dengan kata lain biaya akses internet akan lebih murah.

untuk melakukan hal tersebut, diperlukan suatu program yang dinamakan program client mail seperti Microsoft Outlook Express, Eudora Mail, Mutt dan lain-lain yang dapat mendownload email Anda dari server alamat Email serta untuk mengirim atau membalas Email.

Tentu saja, harus dilakukan pengaturan di program tersebut terlebih dahulu.

Selain POP Mail juga dikenal Web based Email dengan basis akses dalam bentuk halaman web (yang umum dipakai dan digunakan). Pada Web based Email, tidak ada cara lain untuk mengakses Email selain harus masuk situs web penyedia layanan Email tersebut. Dengan kata lain harus ada koneksi internet untuk membaca Email Anda satu persatu.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kelebihan POP Mail adalah:
Anda dapat membaca Email meskipun dalam kondisi offline (tidak terhubung dengan internet). Karena semua Email yang masuk didownload dari server alamat Email dan tersimpan pada komputer atau ponsel yang selanjtnya dapat dibaca walau tanpa koneksi internet.

Waktu yang diperlukan untuk terkoneksi dengan internet lebih cepat, karena waktu untuk koneksi internet hanya untuk mendownload Email tersebut, sedangkan untuk membacanya free/gratis (kan gak perlu nyambung internet).

Email yang masuk lebih mudah untuk diarsipkan, karena Email disimpan di komputer pengguna.

Memang, tidak semua komputer atau ponsel yang menggunakan POP Mail. Komputer yang dapat menggunakan POP Mail adalah komputer yang menggunakan email client seperti Outlook Express dan Eudora dan telah dilakukan pengaturan terlebih dahulu.

Nah, itulah Pengertian POP Mail dan Fungsinya yang bisa saya tulis pada artikel ini. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca sampai selesai.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian POP Mail dan Fungsinya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar