Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Selasa, 03 Oktober 2017

Perbadaan RAM dan Hard Disk

Perbedaan RAM dan Hard Disk – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa komputer memiliki memori untuk menyimpan data, yaitu RAM dan Hard Disk. 

Jika berbicara tentang perbedaan di antara RAM dan Hard Disk, maka keduanya ibarat dua arah yang berbeda (timur dan barat).

Maka dari itu, pada artikel ini kita akan sama-sama mempelajari perbedaan antara RAM dan Hard Disk.

Sebelum membahas lebih jauh, kita harus mengetahui terlebih dahulu kunci perbedaan di antara keduanya.

RAM adalah memori yang menyimpan data sementara, sedangkan Hard Disk menyimpan data secara permanen, artinya dat yang tersimpan di dalam hard disk tidak akan terhapus meskipun komputer dimatika.

RAM
Perbadaan RAM dan Hard Disk
RAM

Pengertian RAM - RAM adalah singkatan dari Random Access Memory (memori akses acak) yang digunakan untuk penyimpanan data komputer, (bukan data pribadi Anda).

RAM di gunakan untuk membaca dan menulis data. RAM menyimpan memori komputer secara sementara dan menyimpannya sampai komputer menyala dan akan menghapusnya setelah komputer Anda dimatikan. 

RAM memiliki dua jenis yaitu SRAM (RAM statis) dan DRAM (dynamic RAM). RAM juga tersedia dalam ukuran 256MB sampai 8GB. Dengan bertambahnya sistem ukuran RAM, maka komputer yang anda miliki jauh lebih cepat dari sebelumnya.

Hard Disk
Perbadaan RAM dan Hard Disk
Hard Disk

Pengertian Hard Disk - Hard Disk adalah drive yang berfungsi menyimpan data dalam jangka panjang (permanen) sampai anda menghapusnya. Semua data pribadi Anda seperti musik, gambar, video dan file disimpan pada hard disk.

Satuan kapasitas dasarnya adalah Gigabytes (GB) dan Terabyte (TB). Anda bisa mencopot dan menyimpan data baru sesuai permintaan Anda.

Jika anda membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan, Anda bisa menggunakan hard disk eksternal.

Anda bisa memilih dan membeli hard disk eksternal dari beberapa produsen terkenal seperti Seagate, Toshiba dan Western Digital.
Sedangkan hard disk eksternal sebagian besar diproduksi oleh ADATA, Freecom, LG, Samsung dan Toshiba.


Perbedaan Kunci
Semua data yang Anda simpan pada hard disk disimpan secara permanen selama penggunaan dan setelah komputer di matikan. Sementara RAM menyimpan memori hanya pada saat komputer menyala. Semua memori akan terhapus secara otomatis setelah komputer anda dimatikan.

Saat ini, RAM tersedia dengan kapasitas 256MB sampai 8GB (baru-baru ini diumumkan oleh Seagate). 
Sedangkan ukuran hard disk tersedia dari mulai 10GB sampai 8TB.

Jika Anda kekurangan ruang hard disk, Anda dapat menggunakan hard disk eksternal untuk penyimpanan data Anda. Sedangkan ram tidak.

Setiap kali anda melakukan beberapa tugas, memori pertama yang digunakan adalah RAM bukan hard disk. Hard disk adalah sarana sekunder untuk sirkulasi memori.

RAM bekerja lebih cepat dari pada harddisk. Tujuan dasar RAM adalah mempercepat kinerja sistem. Jika Anda memiliki RAM rendah, maka kecepatan sistem Anda akan rendah. 

Tujuan utama hard disk adalah menyimpan informasi. Jika Anda memiliki hard disk berkapasitas rendah, maka akan berdampak lebih kecil pada kecepatan sistem Anda.

Nah itulah perbedaan RAM dan Hard Disk yang bisa saya rangkum pada artikel ini, Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perbadaan RAM dan Hard Disk

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar