Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Selasa, 03 Oktober 2017

Perbedaan RAM DDR1 DDR2 DDR3

Perbedaan RAM DDR1 DDR2 DDR3 - RAM atau memori akses acak merupakan bagian penting dari komputer karena berfungsi sebagai memori jangka pendek yaitu untuk menyimpan data secara sementara.

RAM berguna dalam kecepatan. Sebagai pengguna komputer, kita perlu memahami perbedaan antara berbagai jenis RAM tersebut. Karena jika tidak, masalah kompatibilitas akan timbul antara komputer dan RAM.

Maka dari itu, pada artikel ini saya akan membahas perbedaan dari jenis RAM tersebut.

Baca:
Pengertian RAM dan Fungsinya
Perbedaan RAM dan ROM

Kunci Perbedaan
DDR (DDR1), DDR2 dan DDR3 adalah jenis SDRAM yang berbeda yang digunakan pada komputer.

DDR2 memberikan kecepatan transfer lebih cepat dan bertenaga dibandingkan DDR1.

DDR3 adalah versi lanjutan dari teknologi yang sama. DDR3 menawarkan kecepatan yang lebih tinggi daripada teknologi memori sebelumnya.

Ketiga memori tersebut berbeda dalam berbagai konteks seperti spesifikasi teknis dan fisik.

DDR1
Perbedaan RAM DDR1 DDR2 DDR3
DDR1

DDR adalah singkatan dari Double Data Rate. RAM DDR memungkinkan dua transfer data per siklus clock. DDR juga dikenal sebagai proses double pumped, dual-pumped dan double transition.

DDR1 atau DDR DIM adalah generasi pertama RAM DDR. DDR1 memiliki 148 pin agar sesuai dengan motherboard. DDR1 menggunakan standar JEDEC untuk Double Date Rate dan juga tersedia sebagai terdaftar.

DDR atau DDR1 termasuk dalam kategori generasi pertama yang berkembang dari teknologi SDRAM. Perangkat tambahan prefetching, double transition clocking, bus data berbasis strobe, dan sinyal tegangan rendah Stub-Series Terminated Logic_2 (SSTL_2), dll dibuat dengan teknologi asli untuk menciptakan DDR1.

DDR2
Perbedaan RAM DDR1 DDR2 DDR3
DDR2

DDR2 adalah memori generasi kedua yang memiliki kecepatan minimal 400MHz. DDR2 mampu memberikan kecepatan data hingga 6,4 GB / s. DDR2 dikenal karena memberikan konsumsi yang lebih rendah dibandingkan dengan DDR1.

Karena jam yang lebih cepat, operasi dan sinyal 1,8-V, bersamaan dengan satu set perintah yang disederhanakan, DDR2 telah meningkatkan kinerja dari pendahulunya.

DDR3
Perbedaan RAM DDR1 DDR2 DDR3
DDR3

Jenis ketiga RAM DDR adalah DDR3. Tingkat kapasitas terendahnya adalah 800Mbps dan kecepatannya mencapai 1600Mbps. Kecepatan busnya cukup tinggi yaitu 2000MHz.

DDR3 mempunyai banyak kelebihan, seperti performa yang lebih baik dengan konsumsi daya yang lebih rendah. DDR3 bisa beroperasi hanya 1,5 V, sementara DDR2 beroperasi pada 1,8 V. Dan yang lebih menarinya DDR3 tidak mudah panas.

DDR1 vs DDR2 vs DDR3
Tak ayal, ketiga generasi ini adalah jenis RAM DDR. Namun, mereka berbeda secara luas dalam hal fitur.

Jumlah pin dan FSB untuk DDR1, DDR2 dan DDR3 masing-masing adalah 184, 240, 240 dan 333, 666, 1333. Selain itu, DDR1 bekerja untuk 2,5 volt, DDR2 untuk 1,8 volt dan DDR3 seharga 1,5 vol.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perbedaan RAM DDR1 DDR2 DDR3

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar