Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Selasa, 07 November 2017

Pengertian Topologi Tree serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Topologi Tree serta Kelebihan dan Kekurangannya - Masih membahas tentang jaringan komputer, hari ini saya akan membagikan informasi kepada anda mengenai topologi jaringan komputer. Nah jika anda sudah membaca artikel saya yang berjudul pengertian topologi jaringan komputer dan jenisnya, maka anda tidak akan sulit untuk memahami jenis topologi yang satu ini.

Pengertian Topologi Tree serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Topologi Tree serta Kelebihan dan Kekurangannya
Tree

Topologi Tree atau sering disebut topologi pohon adalah topologi jaringan komputer yang secara hierarkis merupakan kombinasi antara topologi bus dan star. Jadi, untuk memahami topologi tree, maka kita perlu terlebih dahulu memahami topologi bus dan star.

Topologi bus adalah topologi yang melibatkan koneksi komputer serial secara linier dan satu kabel yang menangani lalu lintas data antar semua komputer di jaringan.

Jaringan bus dapat dikenali pada penggunaan kabel utama (kabel backbone) yang menghubungkan semua peralatan jaringan dan kedua ujungnya menggunakan T-Connector dengan terminator 50ohm di kedua ujungnya.

Sedangkan topologi star merupakan salah satu topologi yang paling sering digunakan dalam pembangunan jaringan LAN. Dengan satu pusat terhubung ke banyak komputer.

Topologi Tree dirancang berdasarkan kombinasi topologi bintang dan bus. Hal ini dapat dicapai dengan mengintegrasikan hub multi star bersama-sama pada satu bus. Bayangkan diagram tree topologi tree dengan banyak jaringan bintang dengan hub pusat.

Kemudian tarik garis yang hanya menghubungkan hub ke satu titik pada satu baris. Hub (Switch) biasanya terhubung dengan satu hub utama yang merupakan akar seluruh jaringan data di antara semua komputer.

Tree Topology memungkinkan beberapa hub ada pada jaringan yang bertindak sebagai root untuk terminal yang terhubung dengannya. Topologi Tree memiliki struktur jaringan bercabang dan dapat memberikan skalabilitas tinggi.

Hub utama adalah terminal yang paling aktif, mengendalikan seluruh jaringan, sedangkan subhubnya pasif. di Jaringan TV Kabel menggunakan topologi tree, dengan kabel umpan utama dibagi menjadi cabang kecil ke rumah.

Baca juga:
Pengertian Topologi Hybrid serta Kelebihan dan Kekurangannya
Pengertian Topologi BUS serta Kelebihan dan Kekurangannya
Pengertian Topologi Star serta Kelebihan dan Kekurangannya
Pengertian Topologi Ring serta Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Jaringan Tree

Setiap model desain topologi jaringan komputer memiliki kelebihan dan keterbatasan, belum lagi model topologi tree.

Kelebihan Topologi Jaringan Tree
Apakah topologi yang baik untuk jaringan komputer besar dibandingkan dengan jenis topologi komputer lainnya seperti bintang dan cincin yang tidak sesuai untuk keseluruhan skala jaringan. Topologi Tree membagi keseluruhan jaringan menjadi bagian yang mudah diatur.

Semua komputer di tree topologi memiliki akses langsung ke simpul tetangga di jaringan dan juga hub pusat. Pohon jaringan memungkinkan beberapa perangkat jaringan dihubungkan ke hub pusat.

Topologi tree memungkinkan untuk memiliki jaringan point to point.
Topologi tree menyediakan ruang yang cukup untuk perluasan jaringan di masa depan

Atasi keterbatasan topologi jaringan bintang, yang memiliki kekurangan pada titik koneksi hub dan keterbatasa lalu lintas yang disiarkan mempengaruhi topologi jaringan bus.

Kekurangan Topologi Jaringan Tree
Banyak kabel
Jika terjadi kesalahan di jaringan / komputer tingkat tinggi (tengah), maka jaringan tingkat rendah akan terganggu juga.

Tabrakan yang sering terjadi dan kinerjanya lambat

Ketergantungan seluruh jaringan pada hub pusat adalah titik kerentanan untuk topologi ini. Kegagalan hub pusat atau kegagalan utama data trunk kabel, dapat melumpuhkan seluruh jaringan.

Dengan peningkatan ukuran diluar batas, manajemen menjadi sulit.

Topologi Tree yang paling jelas adalah, dapat membentuk kelompok yang dibutuhkan setiap saat. Misalnya, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri dari terminal penjualan, dan juga kelompok lain yang dibentuk untuk terminal pembukuan.

Topologi Tree hadir dengan kelebihan dan kekurangannya. Sedangkan desain jaringan komputer sebaiknya memilih topologi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan sangat tergantung pada sifat pekerjaan dan prinsip manfaat dari jaringan komputer yang sedang dirancang. Tree Topology (Pohon) dipilih jika akar server pusat memiliki banyak terminal anak.

Nah itulah Pengertian Topologi Tree serta Kelebihan dan Kekurangannya yang bisa saya tulis pada artikel ini. Terimakasih sudah berkunjung.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Topologi Tree serta Kelebihan dan Kekurangannya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar