Pengertian Command Prompt (CMD) Beserta Fungsi-Fungsinya Lengkap

Pengertian Command Prompt (CMD ) - Command Prompt adalah suatu perintah dos berbentuk teks dalam system operasi windows. secara umum command prompt merupakan sebuah dos dimana pengguna komputer yang menggunakan system operasi windows dapat memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada command prompt. Secara garis besar CMD mempunyai banyak fungsi, seperti halnya windows, yakni pengguna komputer (user) dapat mengeksplorasi komputer menggunakan command prompt ini. Mengeksplorasi komputer menggunakan cmd dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu bisa dilakukan secara online, dan juga secara offline

fungsi comand prompt
pengertian dan fungsi cmd


Pengertian CMD Pada Windows


Mengeksplorasi komputer dengan secara online cukup rumit bila dibandingkan secara offline, yang mana pengguna komputer (user) wajib memiliki akses ke jaringan komputer atau kata lain masing-masing komputer harus terhubung ke jaringan. Dengan begitu maka pengguna komputer dapat mengeksplorasi komptuer dengan mudah.

Mengeksplorasi komputer adalah sebuah kegiatan menjelajahi komputer, maksudnya seperti apa? maksud menjelajahi komputer disini  pengguna komputer dapat melihat file ataupun data pada sebuah komputer.

Sedangkan mengeksplorasi komputer secara offline disini cukup mudah, akan tetapi pengguna komputer harus berhadapatn langsung dengan komputer tersebut, kekuranganya adalah, kita harus berhadapan langsung dengan komputer tersebut, sehingga cara ini tidak bisa kita lakukan bila kita berada diluar kota.


Fungsi Command Prompt (CMD)


Command Prompt biasa disebut CMD memiliki banyak fungsi, tujuanya adalah membantu pengguna komputer dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terdapat pada komputer yang digunakan. Berikut ini beberapa fungsi Command Prompt yang umum digunakan

  1. Command Prompt berfungsi untuk melihat ip addres pada sebuah jaringan
  2. Command Prompt berfungsi untuk membersihkan virus
  3. Command Prompt berfungsi untuk  menampilkan file yang tersembunyi / file hiden
  4. Command Prompt berfungsi untuk melakukan pengecekan kondisi perangkat kerasi komputer seperti hardisk
  5. Command Prompt berfungsi untuk mengatasi hardisk yang badsector
  6. Command Prompt berfungsi untuk melihat file/folder pada komputer
  7. Command Prompt berfungsi untuk mengetahui mac address komputer
fungsi dari command prompt sangat banyak sekali, tidak hanya 7 yang disebutkan diatas saja, akan tetapi masih banyak fungsi lainya dari  command prompt ini .

Itulah penjelasan tentang Command Prompt beserta fungsinya, jangan lupa ya baca juga artikel penting lainya pada blog ini, mudah-mudahan artikel ini dapat menambah wawasan kalian ya, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel